• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kandungan Skincare untuk Mengatasi Jerawat Papula
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kandungan Skincare untuk Mengatasi Jerawat Papula

Kandungan Skincare untuk Mengatasi Jerawat Papula

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Oktober 2022

“Jerawat papula berwarna kemerahan dan meradang. Jenis jerawat ini bisa diatasi dengan beberapa jenis kandungan yang ada dalam skin care.”

Kandungan Skincare untuk Mengatasi Jerawat PapulaKandungan Skincare untuk Mengatasi Jerawat Papula

Halodoc, Jakarta – Jerawat papula berbentuk benjolan merah di kulit akibat meradang. Jenis jerawat ini berkembang ketika pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan minyak berlebih. Penyumbatan ini kemudian menyebabkan komedo lalu berkembang menjadi jerawat papula. 

Jika dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya, jerawat papula lebih sulit diobati. Namun, ada beberapa jenis kandungan pada skin care yang mampu mengobati jenis jerawat yang meradang ini.

Kandungan Skin Care untuk Mengobati Jerawat Papula

Jika kamu ingin membeli skin care untuk mengobati jerawat, sebaiknya pilih yang ada kandungan di bawah ini:

1. Asam salisilat 

 Sebagian besar produk jerawat mengandung asam salisilat. Pasalnya, kandungan ini mampu menembus pori-pori kulit dan mendorong keluarnya sel-sel kulit mati yang tersumbat. Selain membersihkan pori-pori, asam salisilat dapat mengurangi kelebihan minyak pada kulit.

Asam salisilat tersedia dalam berbagai bentuk gel, lotion, krim, salep, sabun dan toner. Gunakan produk ini sesuai pedoman yang tertera pada label kemasan produk. Adapun, sejumlah hal yang kudu kamu perhatikan saat menggunakan asam salisilat, yaitu:

  • Jangan menggunakannya jika kamu punya riwayat alergi terhadap asam salisilat maupun salah satu bahan dalam produk asam salisilat.
  • Hindari sabun atau pembersih yang bersifat abrasif, produk yang mengandung alkohol dan obat jerawat lain yang berisiko menyebabkan iritasi. 
  • Sebaiknya, jangan menggunakannya bersama dengan benzoil peroksida dan tretinoin.

2. Benzoil Peroksida

Propionibacteria acnes adalah salah satu jenis bakteri penyebab jerawat. Bakteri ini tidak dapat hidup di lingkungan yang kaya oksigen. Benzoil peroksida bekerja dengan memasukkan oksigen ke dalam pori-pori untuk membunuh propionibacteria acnes. Ketika jumlah bakteri berkurang, jerawat pada kulit pun berkurang

Benzoil peroksida juga mampu membersihkan pori-pori sehingga mencegahnya tersumbat. Namun, setelah jerawat menghilang, kamu masih perlu melanjutkan perawatan dengan zat ini supaya bakteri tidak kembali menyumbat pori-pori. 

Jika kamu ingin menggunakannya, gunakan produk yang mengandung 2,5 persen benzoil peroksida terlebih dahulu sebagai permulaan. Kamu bisa meningkatkan persentasenya secara perlahan. Namun, kandungan yang terlalu tinggi bisa memicu iritasi sehingga kamu kudu menggunakannya secara hati-hati. 

Salah satu efek samping yang paling sering terjadi adalah kekeringan dan pengelupasan kulit. Namun, efek ini bisa diminimalisir dengan menggunakan pelembap yang bebas minyak. Efek samping lain yang perlu diwaspadai yaitu pengelupasan yang berlebihan, kemerahan, rasa terbakar, gatal, bengkak dan ruam. 

3. Sulfur

Sulfur atau belerang juga bisa dijadikan solusi jitu mengatasi jerawat , komedo, atau kombinasi keduanya. Produk ini sering ditemukan dalam beragam produk perawatan kulit, seperti sabun, pembersih, losion, dan masker. 

Produk belerang umumnya juga dikombinasikan dengan resorsinol atau sodium sulfacetamide. Bahan-bahan tersebut punya sifat anti peradangan dan melembapkan sehingga ampuh untuk menangani jerawat papula.

Perawatan jerawat berbasis sulfur dapat digunakan sendiri atau bersama dengan perawatan jerawat lainnya. Mengkombinasikannya dapat membantu menghilangkan jerawat lebih cepat. Namun, waspadai risiko efek samping yang bisa terjadi.

Kandungan ini dapat memicu kulit kering, mengelupas, kemerahan dan gatal-gatal. Efek ini biasanya terasa saat pertama kali memulai perawatan dengan belerang. Jika kamu memiliki kulit sensitif, gunakan sulfur dengan dosis rendah terlebih dahulu dan tingkatkan secara perlahan.  Selain itu, sulfur cenderung menimbulkan bau yang khas, terutama jika produk belerang yang masih alami. 

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Verywell Health. Diakses pada 2022. Acne Papules Causes and Treatments.
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2022. HOW TO TREAT DIFFERENT TYPES OF ACNE.
Verywell Health. Diakses pada 2022. Salicylic Acid Acne Treatments.
Verywell Health. Diakses pada 2022. Benzoyl Peroxide for Acne Treatment.
Verywell Health. Diakses pada 2022. Treating Acne With Sulfur.