Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produknya

8 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 September 2023

“Untuk menjaga kulit tetap sehat dan cerah, ada serangkaian basic skincare yang perlu kamu lakukan secara rutin. Mulai dari pembersih wajah seperti Cetaphil Gentle Skin Cleanser 250 ml, hingga sunscreen seperti La Roche Posay Anthelios UV Mune 400 Invisible Fluid 15 ml yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi ProduknyaTahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produknya

DAFTAR ISI

Rekomendasi Produk Skincare yang Berkualitas


Halodoc, Jakarta – Memiliki kulit wajah yang sehat, mulus dan bersinar sebenarnya tidak sulit. Tidak perlu melakukan perawatan yang rumit, kamu hanya perlu melakukan basic skincare secara rutin. 

Basic skincare untuk pemula melibatkan penggunaan produk yang paling dasar untuk menjaga kesehatan sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. Namun, kamu perlu melakukannya dengan urutan yang benar.

Untuk kamu yang ingin mencari skincare pemula, kamu bisa baca artikel Ini Kandungan dalam Basic Skincare Rutin yang Wajib Diketahui di sini.

Tahapan Basic Skincare untuk Kulit Sehat

Setidaknya basic skincare terdiri dari 3 langkah sederhana, yaitu membersihkan, merawat dan melembapkan. Nah, berikut rangkaian basic skincare untuk mendapatkan kulit yang sehat:

1. Pembersih wajah

Membersihkan wajah dengan sabun khusus pembersih wajah menjadi rangkaian pertama perawatan wajah. Fungsinya untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori, terutama setelah beraktivitas seharian.

Namun, hati-hati dalam pemilihan produk pembersih wajah. Pasalnya, tidak sedikit orang yang memilih produk pembersih terlalu keras, sehingga merusak penghalang pelindung alami kulit mereka.

Jadi, pilihlah formula terbaik yang bisa membersihkan kulit wajah kamu dengan lembut tanpa menghilangkan minyak alami. Pilihlah juga pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

2. Aplikasikan toner

Setelah membersihkan wajah, kamu bisa mengaplikasikan toner dengan cara menuangkannya di atas kapas dan mengusapnya pada kulit wajah yang sudah bersih dan kering.

Produk ini baik untuk membantu memastikan kulit kamu benar-benar bersih, plus memberikan tambahan bahan aktif. Dengan mengaplikasikan toner, kulit menjadi bersih dan terasa segar.

3. Serum setelah toner

Langkah basic skincare selanjutnya adalah serum. Dengan memilih produk yang sesuai dengan masalah kulit kamu, serum bisa merawat, melindungi, dan mengatasi kerutan hingga bintik hitam.

Namun, pastikan kamu membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada label kemasan. Sebab, beberapa serum paling baik digunakan di pagi hari, sementara yang lain di malam hari.

4. Oleskan eye cream

Krim mata berbeda dari krim wajah karena diformulasikan khusus untuk area mata yang lebih cepat mengalami penuaan. Itulah mengapa, penggunaan krim mata termasuk dalam basic skincare yang penting. 

Tahapan ini bisa mencegah munculnya garis-garis halus, kerutan, lingkaran hitam atau kantung mata.  Penggunaannya bisa diaplikasikan pada pagi hari dan ada juga yang di malam hari, setelah serum.

Untuk mengetahui efektivitas eye cream, kamu bisa baca artikel ini:
Seberapa Efektif Penggunaan Eye Cream untuk Atasi Mata Panda?

5. Pelembap wajah

Selanjutnya, basic skincare yang tak boleh kamu lewatkan adalah pelembap wajah. Produk ini bisa menjaga kulit kamu tetap lembut dan terhidrasi, serta membantu memperkuat pelindungnya. 

Bila kamu memiliki kulit berminyak atau berjerawat, pilihlah pelembap yang lebih ringan, seperti gel yang bisa menyerap dengan cepat. Namun, bila kulit kamu kering, cobalah formula yang lebih tebal, seperti krim.

Apapun jenis kulit kamu, pastikan kamu menggunakan pelembap di siang dan malam hari untuk menjaga kulit tetap sehat. Bagi pemilik kulit sensitif, kamu bisa temukan apa saja skincare yang sebaiknya kamu tidak gunakan di sini: “Ini Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif yang Perlu Dihindari”.

6. Gunakan sunscreen sebelum bepergian

Untuk rutinitas basic skincare di pagi hari, sunscreen adalah produk yang tidak boleh kamu lewatkan. Pasalnya, sinar matahari adalah penyebab nomor satu kulit mengalami penuaan sebelum waktunya.

Tidak hanya itu, sinar UV juga bisa membuat kulit kamu terbakar, dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Jadi, pastikan menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 sebelum beraktivitas di luar rumah.

7. Aplikasikan lip balm

Jangan fokus hanya pada kulit wajah, karena bibir juga perlu perawatan ekstra. Lip balm adalah produk perawatan bibir yang berfungsi untuk melembapkan dan melindungi bibir dari kekeringan dan pecah-pecah. 

Biasanya, lip balm mengandung bahan-bahan seperti minyak alami, lilin lebah, shea butter, vitamin, dan zat lain.

Tujuannya tak hanya menjaga kelembapan, tapi juga mencegah kerusakan akibat cuaca atau paparan lingkungan. 

Ingin mengetahui informasi mengenai lip balm? kamu bisa baca artikel: “Selain Mengatasi Bibir Kering, Ini 7 Manfaat Memakai Lip Balm

Lip balm tersedia dalam berbagai varian, termasuk yang berwarna dan yang tidak berwarna. Dengan begitu, produk dapat memberikan manfaat perawatan sambil memberikan warna bibir yang lebih sehat.

Rekomendasi Produk Skincare yang Berkualitas

Berikut ini rekomendasi produk untuk basic skincare kamu:

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser 250 ml

Cetaphil Gentle Skin Cleanser 250 ml

Basic skincare pertama, yaitu Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Pembersih wajah ini dapat menjadi pengganti sabun untuk badan bagi pemilik kulit kering, normal, kombinasi, dan berjerawat. 

Produk ini mengandung propylene glycol yang bisa membantu menjaga kulit tetap lembap. Produk tidak hanya membersihkan kotoran dan sisa makeup dari kulit wajah, tapi juga bisa mengatasi kulit berminyak.

Rentang harga: Rp138.400 – Rp217.600

Dapatkan Cetaphil Gentle Skin Cleanser 250 ml di Toko Kesehatan Halodoc

2. Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 150 ml

skincare Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 150 ml

Bagi kamu yang mencari toner, Cosrx Aha/BHa Clarifying Treatment Toner bisa menjadi pilihan tepat. Kandungan AHA/BHA pada produk ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit jadi lebih halus.

Sementara itu, kandungan air mineral dan vitamin untuk menyegarkan kulit kering dan kusam. Hasilnya, kulit menjadi segar dan lembut.

Rentang harga: Rp143.100 – Rp259.100

Dapatkan Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 150 ml di Toko Kesehatan Halodoc

3. La Roche Posay Cicaplast B5 Ultra Repair Serum 30 ml

La Roche Posay Cicaplast B5 Ultra Repair Serum 30 ml

La Roche Posay Cicaplast B5 Ultra Repair merupakan serum yang memiliki kandungan 10% vitamin B5 yang bisa membantu dalam memperbaiki lapisan pelindung kulit yang rapuh dan membantu regenerasi kulit.

Serum ini memiliki tekstur yang ringan dan cepat meresap, serta sudah teruji aman untuk alergi

Rentang harga: Rp 585.600 per botol

Dapatkan La Roche Posay Cicaplast B5 Ultra Repair Serum 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc

4. La Roche Posay Anthelios UV Mune 400 Invisible Fluid 15 ml

Satu lagi urutan skincare yang tidak boleh kamu lupakan adalah sunscreen! Nah salah satu produk yang bisa kamu andalkan untuk melindungi kulitmu dari sinar matahari adalah  La Roche Posay Anthelios UV Mune 400 Invisible Fluid 15 ml. 

Sunscreen ini dapat memberikan proteksi dari sinar ultra long UVA sampai 400m. Teksturnya ringan, meresap dengan cepat, dan tidak meninggalkan residu. Kamu juga bisa menggunakannya sebelum berenang karena  La Roche Posay Anthelios UV Mune 400 Invisible Fluid 15ml ini tahan air dan keringat. 

Untuk pemakaiannya, kamu kocok produk terlebih dahulu, lalu aplikasikan 10-15 menit sebelum terpapar sinar matahari.  

Untuk perlindungan maksimal, kamu bisa memakai sunscreen ini setiap 2 jam sekali. 

Rentang harga: Rp220.000 – Rp227.500 per tube. 

Dapatkan La Roche Posay Anthelios UV Mune 400 Invisible Fluid 15 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Labore Sensitive Skin Care Biomeprotect Physical Sunscreen 30 ml

Labore Sensitive Skin Care Biomeprotect Physical Sunscreen 30 ml

Terakhir, urutan basic skincare yaitu penggunaan tabir surya atau sunscreen. Kamu bisa memakai produk dari Labore ini. Memiliki SPF 45 PA+++, produk ini mengandung 100 persen mineral filter (Zinc Oxide dan Titanium Oxide) yang cocok untuk kulit sensitif tropis ketimbang jenis sunscreen pada umumnya. 

Selain itu, Microbiome Technology TM dan Broad Spectrum Protection dalam produk ini efektif menangkal sinar UVA UVB, blue light, dan radikal bebas dari polusi hingga 98 persen. 

Rentang harga: Rp136.800 – Rp171.000

Dapatkan Labore Sensitive Skin Care Biomeprotect Physical Sunscreen 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc

Pemakaian produk skincare yang tidak tepat bisa memicu iritasi dan kemerahan pada pemilik kulit sensitif.

Untuk mencegahnya, kamu bisa gunakan rekomendasi produk di sini: “Cegah Iritasi dan Kemerahan, Ini 7 Produk Skincare untuk Kulit Sensitif

Manfaat Melakukan Basic Skincare untuk Kulit Wajah

Basic skincare bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah. Namun, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda.

Karena itu, penting untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Jika kamu melakukan basic skincare secara rutin, hal ini dapat membantu mengatasi berbagai gangguan, seperti:

  • Mengatasi masalah pada kulit wajah, seperti jerawat, komedo, atau flek hitam.
  • Meningkatkan kesehatan kulit.
  • Makeup jadi menempel lebih sempurna.
  • Mencegah munculnya tanda penuaan dini.
  • Membuat kulit menjadi lebih glowing.
  • Mencegah munculnya breakout di kulit wajah.
  • Menghidrasi kulit dari dalam.

Yuk, mulailah rutin melakukan basic skincare sesuai urutan di atas. Kamu juga bisa temukan produk skincare lainnya yang lebih lengkap di Toko Kesehatan Halodoc. Produk kesehatan 100% asli dan tepercaya!

toko kesehatan halodoc
Referensi: 
Good Housekeeping. Diakses pada 2023. The Best Daily Skincare Routine, According to Dermatologists.
Healthline. Diakses pada 2023. What Order Should I Follow for My Skin Care Routine?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan