Kanker Penis Berpengaruh pada Kesuburan, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kanker Penis Berpengaruh pada Kesuburan, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Beberapa perawatan kanker dapat memengaruhi kesuburan seorang laki-laki. Pengobatan radiasi ke area genital termasuk testis dapat mengurangi jumlah sperma dan kemampuan untuk berfungsi. Ini bisa menurunkan kemungkinan kehamilan. 

Beberapa jenis kemoterapi dapat merusak sperma dalam jangka pendek, sedangkan yang lain dapat menyebabkan kemandulan seumur hidup. Hal itu tergantung pada jenis dan dosis obat yang digunakan. Ingin tahu lebih lanjut mengenai kesuburan dan bagaimana ini dipengaruhi oleh kanker penis, baca lanjutannya di sini!

Lebih Dalam Tentang Kanker Penis

Kanker penis dimulai pada sel-sel kulit penis baru kemudian ke jaringan internal. Perubahan pada kulit penis adalah gejala paling umum dari kanker penis. Gejala bisa muncul pada area kulup atau di ujung penis atau juga bagian batang. Berikut ini beberapa gejala lainnya:

Baca juga: Bisakah Anak Kecil Terkena Kanker Penis?

  1. Perubahan ketebalan atau warna kulit pada penis.

  2. Terdapat benjolan di atasnya.

  3. Ruam atau gumpalan kecil di bagian atas penis yang terlihat seperti keropeng dan sukar untuk sembuh.

  4. Perubahan warna abnormal pada kulit penis.

  5. Bau busuk di bawah kulup.

  6. Luka pada penis yang mungkin berdarah.

  7. Pembengkakan di ujung penis.

  8. Benjolan di bawah kulit di daerah selangkangan.

Memang, tidak semua laki-laki dengan gejala ini tidak mengalami kanker penis. Bisa jadi ternyata hanya infeksi atau reaksi alergi. Meski begitu, penting untuk memeriksakan gejala yang tidak biasa pada area penis. 

Kalau kamu punya gejala mencurigakan di sekitar area penis atau selangkangan, tanyakan saja langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Perawatan Kanker Penis Memengaruhi Kesuburan?

Jika kanker masih dalam tahap awal, perawatan yang diperlukan bisa termasuk: 

  1. Krim obat untuk diaplikasikan ke kulit kelamin.

  2. Cryotherapy, prosedur yang menggunakan cairan yang sangat dingin atau alat untuk membekukan dan menghancurkan jaringan yang mengandung kanker.

  3. Bedah Mohs, di mana dokter mengangkat kulit yang terkena, satu lapis pada satu waktu, hingga mencapai jaringan normal dan sehat.

  4. Laser untuk memotong dan menghancurkan area yang mengandung kanker.

  5. Sunat, yaitu operasi untuk menghilangkan kulup. Kamu akan mendapatkan prosedur ini jika hanya memiliki kanker di kulit khatam.

Baca juga: Seks Tidak Sehat Bisa Sebabkan Kanker Mr P?

Jika kanker memiliki risiko tinggi untuk menyebar, pengobatan mungkin melibatkan prosedur:

  1. Pembedahan untuk mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar getah bening inguinalis jika kanker telah menyebar ke area tersebut

  2. Radiasi atau kemoterapi untuk membersihkan sel kanker tubuh

  3. Penektomi, yaitu operasi untuk mengangkat sebagian atau seluruh penis 

Tidak bisa dipungkiri, sebagian besar perawatan untuk kanker penis tahap awal tidak memengaruhi kemampuan untuk berhubungan seks ataupun kesuburan. Namun,  kemoterapi dan radiasi kemungkinan besar bisa memengaruhi. Bicaralah dengan dokter tentang kemungkinan efek samping ketika mengambil pengobatan tertentu.

Karenanya, pemeriksaan tepat dan diagnosis sedini mungkin dapat membantu meringankan gejala dan mengobati kanker lebih efektif. Tanda pertama kanker penis adalah paling sering terjadi perubahan pada kulit penis. 

Luka atau benjolan akibat kanker penis biasanya tidak sakit.  Pembengkakan dan benjolan di bawah kulit di daerah selangkangan juga bisa jadi tanda yang harus diwaspadai. Ini dikarenakan kanker penis, biasanya memengaruhi kelenjar getah bening di selangkangan. 

Ini bisa membuat kelenjar getah bening membengkak. Kelenjar getah bening adalah kumpulan sel sistem kekebalan tubuh. Jika bengkak, kelenjar getah bening mungkin terasa, seperti benjolan halus di bawah kulit. Namun, pembengkakan kelenjar getah bening tidak selalu berarti bahwa kanker telah menyebar di sana. Lebih umum, kelenjar getah bening membengkak sebagai respons terhadap infeksi. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. What is penile cancer?
American Cancer Society. Diakses pada 2019. Signs and Symptoms of Penile Cancer.
Cancer.org. Diakses pada 2019. Cancer can affect a man’s fertility.