Kasih Sayang Anak bisa Buat Orangtua Panjang Umur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kasih Sayang Anak bisa Buat Orangtua Panjang Umur

Halodoc, Jakarta – Orangtua, terutama yang tinggal di kota besar, rentan mengalami kesepian. Apalagi memasuki usia senja, umumnya orangtua tidak lagi memiliki banyak kegiatan dan hanya tersisa sedikit orang di sekitarnya untuk berbagi cerita. Namun tahukah kamu, ada satu “obat” sederhana untuk menghindari hal tersebut, yaitu kasih sayang dan perhatian anak. 

Selain menghindari kesepian menyerang orangtua, kasih sayang yang dicurahkan oleh anak nyatanya bisa membantu orangtua panjang umur dan hidup lebih bahagia. Meluangkan waktu di tengah kesibukan bekerja untuk sekadar bercengkrama dengan orangtua adalah hal yang kecil yang sangat berarti. Hal itu pun sudah terbukti melalui sebuah penelitian. Lantas, bagaimana cara menunjukkan kasih sayang saat terpaksa tinggal jauh terpisah dari orangtua? 

Baca juga: Peduli Kesehatan Ibu, Ini Hal yang Harus Dilakukan Anak

Tips Mengungkapkan Kasih Sayang ke Orangtua 

Sebuah penelitian dari University of California, San Francisco, menemukan bahwa kesepian yang dialami orangtua bisa memberi dampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, kondisi ini disebut bisa meningkatkan risiko kematian dini pada orangtua. Maka dari itu, sangat penting bagi anak untuk selalu menunjukkan rasa kasih dan sayangnya kepada kedua orangtua, terutama saat mereka sudah memasuki usia lanjut. 

Penelitian tersebut melibatkan sebanyak 1.600 orang tua yang rata-rata berusia 71 tahun dan mengalami kesepian. Dari penelitian itu, ditemukan bahwa ada sekitar 43 persen orang yang berusia di atas 60 tahun merasa kesepian dan terasing dari pergaulan. Hal itu ternyata juga berkaitan dengan peningkatan risiko kematian akibat merasa sepi. Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa rasa kesepian yang dialami orangtua bisa menjadi pemicu depresi, gangguan kognitif, hingga masalah kesehatan secara keseluruhan, misalnya penyakit kardiovaskular

Baca juga: Ini 7 Alasan Lansia Kerap Mengalami Gangguan Jiwa

Kesepian serta perasaan tidak memiliki teman bisa memengaruhi kondisi emosi orangtua, kemudian memicu terjadinya stres. Kabar buruknya, stres karena kesepian umumnya tidak sama seperti stres biasa dan bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama. Dampaknya ke tubuh pun lebih besar dan bisa meningkatkan risiko penyakit. Nyatanya, serangan-serangan penyakit dan kondisi seperti ini yang membuat orang tua tidak memiliki umur yang panjang. 

Sebagai anak, tidak ada salahnya untuk selalu meluangkan waktu sekadar bercengkrama dan mendengarkan cerita orangtua. Kalau kamu terpaksa hidup terpisah dan jauh dari orangtua, pastikanlah untuk selalu menelpon ke rumah setidaknya satu kali sehari. Meski terdengar sepele, rajin menelpon dan menanyakan kabar orangtua bisa membuat mereka menjadi lebih sehat, bahagia, dan tidak merasa kesepian. Hal itu bisa membantu orangtua hidup lebih lama dan terhindar dari penyakit. 

Orangtua adalah sosok yang selalu ada dan menemani anak dalam jangka waktu lama, hingga bertahun-tahun. Hal itu membuat mereka terbiasa memiliki teman bercerita, sehingga rasa sepi rentan terjadi saat ia ditinggal sendiri karena kesibukan anak-anak. Kalau kamu terpaksa tinggal jauh dari orangtua, usahakanlah untuk tetap selalu menunjukkan rasa kasih sayang. Kamu bisa melakukannya dengan selalu menelpon, mengirim pesan, ingat hari-hari spesial bagi orangtua, berikan hadiah, dan atur waktu untuk melakukan kunjungan rutin ke rumah untuk bertemu orangtua. 

Baca juga: 8 Negara dengan Penduduk yang Berusia Panjang

Kamu juga bisa menunjukkan rasa kasih sayang dengan selalu menjaga kesehatan orangtua, meski tidak berada di dekatnya. Pakai aplikasi Halodoc untuk membeli vitamin, obat, atau produk kesehatan lain dan kirimkan ke rumah orangtua. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Independent (Diakses pada 2019). Your Parents Live Longer The More Time You Spend With Them, Study Finds
Verywell (Diakses pada 2019). How to Strengthen Family Bonds
Your Tango (2019). The More Time You Spend With Your Mom, The Longer She'll Live