06 April 2018

Intip Rahasia Panjang Umur di 5 Negara Dunia

Intip Rahasia Panjang Umur di 5 Negara Dunia

Halodoc, Jakarta – Menjalani hidup yang sehat dan panjang adalah impian bagi sebagian orang. Namun, tentu hal itu tidak bisa didapatkan begitu saja tanpa melakukan usaha apapun, terutama dalam menjaga kesehatan tubuh.

Nah, resep panjang umur dan hidup sehat ternyata sudah lama dikenal dan diterapkan oleh beberapa negara di dunia. Setidaknya, ada 5 negara yang masuk dalam kategori “Blue Zone”. Kelima negara itu mendapat predikat tersebut karena penduduknya rata-rata hidup dengan sehat dalam waktu yang cukup panjang. Bahkan, jika dibandingkan usia harapan hidup dunia yaitu 72 tahun, penduduk negara blue zone bisa hidup hingga usia 100 tahun.

Lima negara yang mendapat julukan sebagai negara dengan penduduk paling sehat dan panjang umur adalah Italia, Jepang, Kosta Rika, Amerika Serikat, dan Yunani. Penasaran apa yang menjadi rahasia panjang umur dari kelima negara tersebut? Yuk disimak!

  1. Jalan Kaki, Rahasia Panjang Umur dari Italia

Penduduk kota Sardinia, Italia, dikenal memiliki usia hidup yang cukup panjang. Ternyata rahasianya adalah karena mereka gemar berjalan kaki. Pria di kota ini setiap harinya berjalan setidaknya 5 mil atau sekitar 8 kilometer. Selain bermanfaat untuk tubuh, paparan sinar matahari yang didapat selagi berjalan kaki pun bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin D mereka.

Penduduk negara ini juga dikenal sangat menghargai waktu, ikatan keluarga, dan menghabiskan waktu dengan hal yang berkualitas. Selain itu, untuk urusan pola makan penduduk Italia juga dikenal selektif. Biar lebih sehat dan panjang umur, kamu bisa mencoba untuk menerapkan diet Mediterania yang sangat populer dan banyak dilakukan di sana.

(Baca juga: Begini Cara Diet Mediterania Bisa Turunkan Berat Badan)

  1. Rahasia Sehat Orang Jepang: Makan Ubi

Orang yang hidup di Pulau Okinawa, Jepang, juga cukup dikenal memiliki umur panjang. Bahkan, beberapa sumber menyebutkan bahwa penduduk Okinawa cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.

Ternyata, salah satu rahasia sehat yang sudah lama dijalankan masyarakat Okinawa adalah mengandalkan ubi sebagai sumber utama karbohidrat. Dengan kata lain, penduduk Okinawa tidak mengonsumsi beras atau nasi putih. Ubi pun telah terbukti dapat menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya peradangan. Makanan ini juga kaya akan potasium, vitamin C, karotenoid, dan serat.

  1. Anti Stres ala Costa RiCa

Warga kota Nicoya di Kosta Rika telah lama hidup dalam kesederhanan. Hal inilah yang kemudian diyakini menjadi rahasia panjang umur Kosta Rika. Umumnya, penduduk sekitar hanya memiliki beberapa barang saja, kesederhaan ini ternyata mampu menurunkan angka stres dan membuat seseorang lebih panjang umur.

Orang-orang di Kosta Rika juga sangat senang berkebun dan makan dari hasil panen sendiri. Tak dapat dipungkiri bahwa jenis makanan tersebut mengandung lebih banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Meski sedikit sulit untuk ditiru, kamu tetap bisa memetik pelajaran dari kebiasaan ini. Misalnya, dengan membeli sayur-sayuran dan bahan makanan dari pasar segar.

  1. Rahasia California, Amerika Serikat

Rahasia sehat dan panjang umur penduduk kota Loma Linda, California, terbilang cukup sederhana. Sebab, hampir sebagian besar warga di kota tersebut “membenci” rokok, alkohol, dan kafein. Nyatanya, kebiasaan sehat ini bahkan bisa menaikkan harapan hidup hingga tujuh tahun lebih lama.

  1. Disiplin seperti Penduduk Yunani

Kunci panjang umur dari kota Ikaria, Yunani, adalah pola hidup yang disiplin. Setidaknya, mereka sangat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk makan dan tidur. Hidup teratur seperti ini ternyata berperan dalam menurunkan angka depresi dan membuat seseorang lebih sehat. Masyarakat di sana juga gemar mengonsumsi ikan yang memiliki banyak kandungan nutrisi baik.

Itu tadi sejumlah rahasia sehat dan panjang umur dari 5 negara di dunia. Tertarik untuk mencobanya? Yang paling penting, tetap harus memerhatikan apakah pola yang dijalani cocok, sebab respon setiap orang umumnya berbeda. Kalau mengalami masalah kesehatan, segera minta saran dokter lewat aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!