• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kecap dan Jeruk Nipis, Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Kecap dan Jeruk Nipis, Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kecap dan Jeruk Nipis, Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

“Ketika hamil, ibu tidak dianjurkan mengonsumsi obat tanpa arahan dari dokter, termasuk obat batuk. Sebaiknya, ibu menggunakan obat alami untuk meredakan masalah kesehatan yang sedang dialami saat sedang hamil.”

Halodoc, Jakarta - Bukan tanpa alasan, mengonsumsi obat tanpa anjuran dari dokter tak hanya berbahaya untuk ibu, tetapi juga janin yang sedang berkembang dalam rahim. Tak heran jika ibu hamil bisa sangat kebingungan memilih obat saat sedang sakit.

Baca Juga: 4 Potensi Penyakit Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Sebelum hamil, ibu bisa dengan mudah mengonsumsi obat dekongestan ketika mengalami masuk angin, flu, atau batuk. Akan tetapi, ibu mungkin akan mempertanyakan apakah mengonsumsi obat tersebut aman selama kehamilan. Meski mampu membantu meringankan gejala batuk, tetapi tentu ibu tidak ingin obat tersebut justru berbahaya untuk janin dalam kandungan.

Namun, jangan khawatir. Sebenarnya, banyak sekali obat alami dengan bahan sederhana yang bisa ibu gunakan. Salah satunya adalah campuran jeruk nipis dan kecap yang kabarnya bisa membantu meringankan gejala batuk yang ibu alami saat sedang hamil. 

Kecap dan Jeruk Nipis untuk Meredakan Batuk 

Ibu perlu tahu bahwa terdapat kandungan minyak atsiri dan zat lain dalam jeruk nipis. Kandungan tersebut disinyalir mampu membantu melemaskan otot saluran pernapasan. Inilah mengapa jeruk nipis sering digunakan sebagai obat batuk alami karena mampu meringankan gatal pada tenggorokan, suara serak, dan gejala batuk lainnya. 

Akan tetapi, perlu diingat bahwa buah dengan rasa asam tersebut tidak bisa menghilangkan virus atau bakteri yang menjadi penyebab batuk dan hanya membantu meringankan gejalanya. Sama halnya dengan kecap yang tidak memiliki manfaat untuk meringankan gejala batuk. 

Menambahkan kecap dalam perasan jeruk nipis sebenarnya bertujuan untuk mengurangi rasa asam. Namun, sebelum ibu mencobanya, sebaiknya ibu tanyakan pada dokter terlebih dulu berapa takaran, frekuensi pemakaian, dan efektivitasnya apakah obat dalam mengatasi gejala batuk. 

Tidak sulit kok, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di ponsel segera. Melalui aplikasi Halodoc, ibu akan lebih mudah tanya jawab dengan dokter, membeli obat, dan membuat janji ke rumah sakit terdekat. 

Baca Juga: Tips Pilih Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Mencegah Batuk pada Ibu Hamil

Ketika hamil, ibu akan mengalami banyak perubahan, mulai dari fisik, hormonal, hingga mental. Termasuk pula penurunan sistem kekebalan tubuh. Lemahnya imunitas tubuh inilah yang membuat ibu hamil rentan terserang penyakit. 

Inilah artinya, mendapatkan vaksin flu sebelum hamil sangat perlu dilakukan guna mencegah penyakit di kemudian hari. Tak hanya vaksin, mencegah batuk juga bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Rutin mencuci tangan, terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet.
  • Cukup istirahat.
  • Mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian.
  • Menghindari kontak langsung dengan keluarga atau teman yang sedang sakit.
  • Berolahraga rutin.
  • Mengelola stres sebaik mungkin.

Baca Juga: Batuk Saat Menyusui? Atasi dengan 6 Obat Alami Ini

Tak hanya kecap dan jeruk nipis, ibu masih bisa mencoba banyak obat alami lainnya untuk membantu meredakan batuk. Namun, sebelum mencobanya, pastikan bahan yang digunakan benar-benar aman dikonsumsi, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Treat a Cold or Flu When You’re Pregnant.
American Pregnancy Association. Diakses pada 2021. Cough And Cold During Pregnancy.