Kecap dan Jeruk Nipis, Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kecap dan Jeruk Nipis, Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Saat hamil, ibu pastinya harus memilih-milih segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut. Pasalnya, apa pun yang akan dikonsumsi tidak hanya memengaruhi tubuh ibu sendiri, tetapi juga Si Kecil yang masih dalam kandungan. Hal ini yang membuat banyak ibu bingung dan kesulitan memilih obat saat jatuh sakit. 

Baca Juga: 4 Potensi Penyakit Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Sebelum hamil, ibu bisa mengonsumsi dekongestan ketika batuk, masuk angin atau terserang flu. Namun, setelah hamil ibu mungkin bertanya-tanya apakah obat-obatan tersebut aman. Meskipun obat-obatan dapat meringankan gejala batuk, ibu pasti tidak ingin obat yang dikonsumsi menyebabkan masalah untuk janin.

Ibu tidak perlu khawatir. Pasalnya, sudah banyak resep obat-obatan alami yang dapat dibuat menggunakan bahan-bahan sederhana saja. Campuran kecap dan jeruk nipis adalah obat alami untukmeringankan gejala batuk yang diidap ibu hamil. Berikut manfaat jeruk nipis dan kecap yang perlu ibu ketahui.

Manfaat Kecap dan Jeruk Nipis untuk Atasi Batuk

Jeruk nipis mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain untuk melemaskan otot-otot saluran pernapasan. Itulah mengapa jeruk nipis sering dijadikan obat batuk alami karena mampu mengatasi suara serak, gatal tenggorokan, menurunkan demam dan gejala batuk lainnya. Perlu diingat bahwa jeruk nipis tidak bisa mengusir virus atau bakteri penyebab batuk dan hanya meringankan gejalanya saja. Selain itu, kecap tidak memiliki khasiat untuk meringankan gejala batuk. 

Penambahan kecap bertujuan untuk mengurangi rasa masam dari air perasan jeruk nipis. Namun, sebelum ibu mencoba racikan ini, tanyakan kepada dokter terlebih dulu tentang takaran jeruk nipis, frekuensi pemakaian dan apakah obat alami ini aman dan manjur untuk mengatasi gejala batuk. Ibu bisa bertanya melalui aplikasi Halodoc  via Chat, dan Voice/Video Call kapan saja. Kalau ibu tidak ingin terserang batuk, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Tips Pilih Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Langkah untuk Mencegah Batuk Pada Ibu Hamil

Saat hamil, banyak perubahan yang akan dialami seorang wanita. Salah satu perubahan yang dialami seorang wanita adalah bahwa menurunnya sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat ibu hamil lebih rentan terhadap infeksi virus dan bakteri. 

Maka dari itu, mendapatkan vaksin flu sebelum berencana hamil perlu dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit di kemudian hari. Selain vaksin, ada beberapa hal lain yang harus dilakukan, seperti :

  • Rutin mencuci tangan, terutama setelah menggunakan toilet dan sebelum makan.

  • Mendapatkan waktu tidur yang cukup

  • Konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian.

  • Hindari kontak terlalu dekat dengan keluarga atau teman yang sakit.

  • Berolahraga secara teratur.

  • Mengurangi stres dengan belajar untuk mengelola stres dengan baik. 

Baca Juga: Batuk Saat Menyusui? Atasi dengan 6 Obat Alami Ini

Selain jeruk nipis dan kecap, masih banyak obat herbal lain yang bisa dicoba untuk mengurangi gejala batuk. Sebelum mencoba obat-obatan herbal, pastikan bahwa bahan-bahannya sudah benar-benar aman untuk dikonsumsi ibu, ya!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2019. How to Treat a Cold or Flu When You’re Pregnant.
American Pregnancy Association. Diakses pada 2019. Cough And Cold During Pregnancy.