Alami Perut Kembung, Konsumsi 8 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Alami Perut Kembung, Konsumsi 8 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Perut kembung adalah kondisi ketika seseorang merasakan begah akibat penumpukan gas di dalam perut. Kondisi ini disertai gejala lain, seperti sendawa, kentut, dan perut yang tampak membesar. Maka itu, tak heran jika pengidap perut kembung menjadi tidak nyaman saat beraktivitas.

Baca Juga: Inilah 5 Mitos Perut Kembung yang Perlu Diluruskan

Kamu dianjurkan untuk segera berbicara dengan dokter jika perut kembung yang dialami disertai dengan demam tinggi, diare, nyeri perut, feses bercampur darah, nyeri dada, dan berat badan menurun. Perut kembung yang disertai gejala tersebut bisa menjadi tanda adanya penyakit yang lebih serius. Di antaranya adalahpenyakit Crohn, divertikulitis, kanker lambung, kanker usus besar, kanker hati, kanker pankreas, kanker rahim, kanker ovarium, dan penyakit radang panggul.

Makanan untuk Atasi Perut Kembung

Beberapa makanan, khususnya yang mengandung gas bisa memicu perut kembung. Namun, ada makanan yang bisa mengatasi perut kembung. Apa saja?

1. Timun

Timun termasuk jenis sayuran yang kaya kandungan quercetin, salah satu zat aktif bersifat antioksidan yang berfungsi mengempiskan perut begah dan membengkak. Di dalam timun, terdapat juga silika, asam kafeat, dan vitamin C yang mencegah retensi cairan di dalam tubuh.

2. Seledri

Seledri mampu mengendalikan gas berlebih di dalam saluran cerna, termasuk membersihkan tubuh dari berbagai racun dan zat berbahaya. Seledri bisa mencegah penumpukan makanan dan cairan di dalam tubuh yang bikin perut begah.

3. Pisang

Buah yang kaya kalium ini bisa membantu melawan efek samping kelebihan konsumsi makanan asin. Pasalnya, kalium menetralkan kadar sodium dalam tubuh dan mencegah retensi cairan. Pisang juga mengandung serat larut yang bisa melancarkan saluran cerna, sehingga makanan di perut lebih cepat terurai.

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Perut Kembung

4. Semangka

Selain kalium, semangka bersifat diuretik yang memicu ginjal untuk membuang urine. Hal ini dapat membantu kempiskan perut begah akibat kelebihan gas atau cairan.

5. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang membantu mengurai protein di dalam saluran cerna. Selain itu, pepaya juga kaya serat dan zat antiperadangan untuk mempercepat proses melegakan perut begah.

6. Kunyit dan Jahe

Kunyit mampu menenangkan sistem pencernaan. Caranya dengan mengusir gas yang menumpuk di dalam tubuh. Begitu juga dengan jahe, karena mengandung protease bernama zingibain yang ampuh melawan gas berlebih di dalam perut.

7. Bawang Putih

Bumbu dapur ini mampu merangsang sistem pencernaan dan membantu proses pembuangan cairan berlebih di dalam tubuh.

8. Yoghurt

Yoghurt kaya probiotik alias bakteri baik yang membantu meredakan perut kembung.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Atasi Perut Kembung

Itulah makanan yang bisa kamu konsumsi saat mengalami perut kembung. Kalau kamu punya keluhan perut kembung, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter ahli. Pasalnya, perut kembung yang disertai gejala fisik lain bisa menandakan adanya penyakit yang lebih serius. Tanpa harus antre, sekarang kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan di sini. Kamu juga bisa tanya jawab dengan dokter dengan download aplikasi Halodoc.