06 December 2018

Inilah 5 Cara Atasi Perut Kembung

inilah 5 cara atasi perut kembung

Halodoc, Jakarta – Kamu pernah mengalami perut kembung? Kondisi tersebut tentunya membuat kamu merasa enggak nyaman karena perut terasa penuh atau begah. Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan kondisi ini terjadi, mulai dari mag, masuk angin, sampai kekurangan enzim. Nah, kamu bisa mengatasi rasa tidak nyaman akibat perut kembung dengan cara-cara berikut.

Perut kembung terjadi ketika saluran pencernaan kamu terisi udara atau gas yang berlebih. Kondisi ini bisa terjadi karena kebiasaan yang mungkin tidak sengaja kamu lakukan, misalnya makan terlalu banyak atau terlalu cepat, merokok, minum dengan menggunakan sedotan, memakai gigi palsu yang longgar, ataupun mengunyah permen karet. Selain itu, perut kembung juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan, seperti maag, masuk angin, dan kekurangan enzim. Perut kembung biasanya menimbulkan gejala berupa rasa nyeri dan tidak nyaman pada perut serta perut terasa membesar.

Perut kembung bukan masalah kesehatan yang serius. Kamu bisa mengatasinya sendiri di rumah tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. Berikut cara sederhana mengatasi perut kembung:

1. Daun Mint

Daun kecil yang memiliki aroma yang sangat khas ini ternyata bermanfaat untuk mengeluarkan gas yang ada di dalam perut saat kamu mengalami perut kembung. Daun mint mengandung mentol yang dapat memberi efek antispasmodik pada saluran pencernaan kamu, bahkan dapat membantu menenangkan saraf. Selain itu, daun mint juga bisa mencegah kondisi kembung berkembang menjadi kram perut. Kamu bisa mengonsumsi daun mint dengan cara menambahkan daun kecil ini pada secangkir teh hangat.

2. Minum Air Jahe

Bumbu dapur yang satu ini juga dikenal berkhasiat untuk mengatasi mag dan kembung. Jahe bisa mengurangi kadar gas dalam perut serta memberikan rasa lega dan hangat diperut. Jahe bisa dikonsumsi dengan cara dikunyah langsung atau diparut kemudian diseduh dengan air hangat atau teh hangat. Kamu juga bisa menambahkan jahe dalam jus sayur-sayuran kamu.

3. Kunyit

Khasiat kunyit untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, mulai dari sakit perut, mulas, sampai perut kembung sudah tidak diragukan lagi. Kunyit mampu menenangkan sistem pencernaan kamu dan mengeluarkan gas yang terjebak di dalam perutmu. Untuk mengatasi perut kembung, kamu bisa minum jamu sari kunyit atau mencampurkannya dalam makanan.

4. Nanas

Saat perut kembung terjadi, atasi saja dengan mengonsumsi buah nanas. Kandungan enzim bromelain dalam buah nanas mampu mengurangi keluhan perut kembung.

5. Melakukan Kardio Selama 5 Menit

Selain dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, kamu juga bisa mengatasi perut kembung dengan berolahraga lho. Salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan adalah olahraga kardio selama lima menit. Hal ini karena kardio dapat meningkatkan pernapasan, detak jantung, serta merangsang otot dan saraf agar bekerja secara optimal. Kondisi ini akan merangsang usus untuk berkontraksi secara alamiah. Otot usus yang berkontraksi secara efisien akan memperlancar pengeluaran makanan di usus dan membantu mengeluarkan gas penyebab perut kembung.

Ada beberapa pilihan olahraga kardio yang bisa kamu lakukan, antara lain jalan cepat, joging, berenang, dan bersepeda.

Sebagian besar perut kembung bukan disebabkan oleh kondisi yang serius, sehingga biasanya kondisi ini bisa membaik dengan sendirinya. Namun, kamu perlu waspada bila perut kembung disertai oleh gejala lain, seperti nyeri perut yang tidak kunjung sembuh, BAB berdarah, serta demam tinggi dan muntah. Sebaiknya, kamu segera memeriksakan diri ke dokter bila mengalami perut kembung dengan gejala-gejala tersebut agar bisa diketahui penyebabnya dan diobati secepatnya.

Kamu juga bisa membicarakan masalah kesehatan yang kamu alami kepada dokter dengan  menggunakan aplikasi Halodoc. Caranya gampang, cukup hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter Halodoc siap membantumu kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: