Inilah 5 Cara Atasi Perut Kembung

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
inilah 5 cara atasi perut kembung

Halodoc, Jakarta - Kondisi perut kembung memang menyebabkan rasa tidak nyaman. Biasanya kondisi ini terjadi usai makan, dan kamu bisa saja merasa perut menjadi penuh hingga waktu yang cukup lama. Beberapa kalangan menganggap kondisi ini bisa muncul pada para pengidap mag, sedang masuk angin, atau kekurangan enzim tertentu. 

 

Ketahui Beberapa Hal yang Sebabkan Perut Kembung

Sebetulnya penyebab dari kondisi perut kembung sulit dijelaskan. Studi dari Harvard Health Publishing mengungkapkan perut kembung bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu, di antaranya: 

  • Irritable Bowel Syndrome, kondisi yang ditandai kombinasi gejala (kembung, kram, sakit perut, diare, atau sembelit) yang berlangsung selama tiga bulan atau lebih.
  • Penyakit radang usus, peradangan pada lapisan saluran pencernaan, termasuk penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.
  • Penyakit Celiac, yakni penyakit autoimun ketika sistem kekebalan tubuh menyerang usus kecil. Penyakit ini bisa dipicu oleh protein yang disebut gluten yang ditemukan dalam gandum, gandum, dan gandum hitam.
  • Konstipasi, kondisi ketika seseorang hanya buang air besar kurang dari tiga kali selama satu minggu, feses yang keras atau kering, dan harus mengejan untuk menggerakkan usus.
  • Gastroparesis, pengosongan makanan yang lamban dari perut ke usus kecil.
  • Kanker. Kanker usus besar, ovarium, lambung, dan pankreas adalah salah satu kanker yang bisa menyilaukan sebagai gejalanya.

Baca juga: Mual Setelah Makan, Kenapa?

 

Langkah Mengatasi Perut Kembung

Pada beberapa kasus, perut kembung nyatanya bukan masalah kesehatan yang serius. Kamu bisa mengatasinya sendiri di rumah tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. Jika gejala tidak kunjung membaik, penting untuk memeriksakan diri ke rumah sakit. Segera buat janji lewat aplikasi Halodoc untuk melakukan penanganan yang tepat.

Sementara itu, apabila gejala masih ringan, kamu bisa melakukan cara atasi perut kembung, seperti: 

  • Minyak Peppermint. Kembung bisa disebabkan oleh perubahan fungsi otot-otot di saluran pencernaan. Oleh karena itu, penggunaan obat-obatan yang disebut antispasmodik dapat membantu mengurangi kejang otot dan telah terbukti bermanfaat. Melansir Healthline, minyak peppermint adalah zat alami yang diyakini berfungsi dengan cara yang sama dengan obat ini. 
  • Konsumsi Probiotik. Gas yang dihasilkan oleh bakteri di usus adalah penyebab utama kembung. Ada banyak jenis bakteri yang bertempat tinggal di sana, dan mereka dapat bervariasi antar individu. Tampaknya logis bahwa jumlah dan jenis bakteri mungkin ada hubungannya dengan produksi gas, dan ada beberapa penelitian yang mendukung hal ini. Beberapa studi klinis menunjukkan suplemen probiotik tertentu membantu mengurangi produksi gas dan kembung pada orang dengan masalah pencernaan. Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mengurangi gas, tetapi bukan gejala kembung. Kondisi ini tergantung pada individu, serta jenis strain probiotik yang digunakan.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Perut Kembung saat Puasa

  • Minum Air Jahe. Bumbu dapur yang satu ini juga dikenal berkhasiat untuk mengatasi mag dan kembung. Jahe bisa mengurangi kadar gas dalam perut serta memberikan rasa lega dan hangat diperut. Jahe bisa dikonsumsi dengan cara dikunyah langsung atau diparut kemudian diseduh dengan air hangat atau teh hangat. Kamu juga bisa menambahkan jahe dalam jus sayur-sayuran.
  • Kunyit. Khasiat kunyit untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, mulai dari sakit perut, mulas, sampai perut kembung sudah tidak diragukan lagi. Kunyit mampu menenangkan sistem pencernaan kamu dan mengeluarkan gas yang terjebak di dalam perutmu. Untuk mengatasi perut kembung, kamu bisa minum jamu sari kunyit atau mencampurkannya dalam makanan.
  • Lakukan Kardio Selama 5 Menit. Selain dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, kamu juga bisa mengatasi perut kembung dengan berolahraga lho. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga kardio selama lima menit. Kardio mampu meningkatkan pernapasan, detak jantung, serta merangsang otot dan saraf agar bekerja secara optimal. Kondisi ini merangsang usus untuk berkontraksi secara alamiah. Otot usus yang berkontraksi secara efisien memperlancar pengeluaran makanan di usus dan membantu mengeluarkan gas penyebab perut kembung.

Itulah yang bisa dilakukan sebagai pengobatan sedernana ketika alami perut kambung. Nah, beberapa pilihan olahraga kardio yang bisa dilakukan, antara lain jalan cepat, jogging, berenang, dan bersepeda.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. Abdominal Bloating.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2019. What’s Causing That Belly Bloat?
Healthline. Diakses pada 2019. Proven Ways to Reduce or Eliminate Bloating.