• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 3 Fungsi Enzim pada Lambung

Kenali 3 Fungsi Enzim pada Lambung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kenali 3 Fungsi Enzim pada Lambung

“Tubuh yang sehat akan menghasilkan cukup enzim yang dibutuhkan tubuh. Ada beberapa fungsi enzim pada lambung berdasarkan jenisnya. Secara garis besar, fungsi enzim sangat penting untuk membangun otot, menghancurkan racun, dan memecah partikel makanan selama pencernaan.”

Halodoc, Jakarta – Enzim adalah sejenis protein yang ditemukan di dalam sel tubuh. Enzim membuat reaksi kimia dalam tubuh, yang mempercepat laju reaksi kimia demi berlangsungnya kehidupan. Di dalam tubuh manusia, fungsi enzim sangat penting. Termasuk membangun otot, menghancurkan racun, dan memecah partikel makanan selama pencernaan. 

Perlu diketahui, enzim diproduksi secara alami di dalam tubuh. Misalnya, enzim diperlukan untuk fungsi sistem pencernaan yang tepat. Enzim pencernaan sebagian besar diproduksi di pankreas, lambung, dan usus kecil. Bahkan kelenjar ludah juga menghasilkan enzim pencernaan untuk memecah molekul makanan saat kamu mengunyah makanan. 

Baca juga: Kenali 4 Fungsi Lambung untuk Tubuh Manusia

Fungsi enzim pada Lambung Berdasarkan Jenisnya

Fungsi enzim ditentukan berdasarkan jenisnya. Kondisi panas, penyakit, atau kondisi kimia yang keras bisa merusak enzim dan mengubah bentuknya. Ketika hal ini terjadi, enzim tidak bekerja lagi. Hal ini memengaruhi proses tubuh yang dibantu oleh enzim.

  1. Amilase, dibuat di pankreas dan dikirim ke usus kecil. Ia terus memecah molekul pati menjadi gula, yang akhirnya dicerna menjadi glukosa oleh enzim lain. Kemudian, diserap ke dalam sirkulasi darah tubuh melalui dinding usus kecil.
  2. Protease, diproduksi di lambung, pankreas, dan usus halus. Sebagian besar reaksi kimia terjadi di lambung dan usus kecil. Di lambung, pepsin adalah enzim pencernaan utama yang menyerang protein. Beberapa enzim pankreas lain bekerja ketika molekul protein mencapai usus kecil.
  3. Lipase, diproduksi di pankreas dan usus kecil. Jenis lipse juga ditemukan dalam ASI untuk membantu bayi lebih mudah mencerna molekul lemak saat menyusui. Lipid memainkan banyak peran, termasuk menyimpan energi jangka panjang dan mendukung kesehatan sel. 

Enzim penting untuk pencernaan yang sehat dan tubuh yang sehat. Mereka bekerja dengan bahan kimia lainnya dalam tubuh, seperti asam lambung dan empedu, untuk membantu memecah makanan menjadi molekul untuk berbagai fungsi tubuh.

Misalnya, karbohidrat dibutuhkan untuk energi, protein diperlukan untuk membangun dan memperbaiki otot. Namun, mereka harus diubah menjadi bentuk yang bisa diserap dan digunakan oleh tubuh. 

Baca juga: Fakta Unik Seputar Sistem Pencernaan Manusia

Kapan Suplemen Enzim Dibutuhkan?

Masalah pada pankreas, seperti pankreatitis, cystic fibrosis, atau kanker pankreas, bisa mengurangi jumlah enzim penting yang diproduksi tubuh. Akibatnya, seseorang mungkin tidak mendapatkan cukup enzim untuk mencerna makanan secara menyeluruh dan mendapatkan semua nilai gizi dari apa yang dikonsumsi. 

Jika seseorang memiliki kondisi ini atau kondisi lain di mana kadar enzim berada di bawah kisaran normal atau sehat, segera bicarakan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc tentang pilihan pengobatan yang tepat.

Enzim juga tersedia dalam bentuk pil sebagai suplemen. Jika dokter menyarankan kamu untuk mengonsumsi suplemen enzim, kamu bisa beli suplemen melalui aplikasi Halodoc. Kamu cukup membelinya lewat aplikasi dan pesanan akan langsung diantar ke rumah.

Seseorang kemungkinan memerlukan suplemen enzim jika terpapar berbagai bahan kimia atau pestisida, atau jika makanan yang selalu dimasak pada suhu tinggi. Memanaskan makanan bisa menghancurkan enzim yang terjadi secara alami di dalamnya. 

Baca juga: Asam Lambung Kambuh saat Puasa, Atasi dengan 4 Cara Ini

Beberapa orang mungkin juga mengalami iritasi lambung atau efek samping gastrointestinal yang tidak menyenangkan lainnya dengan suplemen enzim. Pastikan selalu membicarakannya dengan dokter tentang potensi risiko atau komplikasi akibat asupan enzim.

Jika tubuhmu sehat dan pola makan yang dijalani selalu baik, maka yang terbaik adalah enzim alami. Kamu bisa mendapatkan enzim alami dari dalam buah-buahan, sayuran dan makanan lainnya. 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. Why Are Enzymes Important?

Very Well Health. Diakses pada 2021. Types and Functions of Digestive Enzymes