24 December 2018

Kenali 4 Jenis & Ciri-Ciri dari Kanker Tiroid

Kenali 4 Jenis & Ciri-Ciri dari Kanker Tiroid

Halodoc, Jakarta – Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang berbentuk kupu-kupu yang terletak di depan leher. Fungsi dari kelenjar ini adalah mengeluarkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan lain-lain. Saat kanker tiroid terjadi, maka pertumbuhan sel di sana menjadi tidak normal dan sulit dikendalikan. Akhirnya seseorang mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Faktanya, kanker tiroid adalah kondisi yang jarang terjadi dan sering menyerang orang yang berusia antara 35-39 tahun dan usia 70 tahun ke atas. Selain itu, wanita memiliki risiko lebih besar terserang kanker tiroid tetapi hingga kini belum dipastikan penyebab kondisi ini. Ada kemungkinan bahwa munculnya kanker tiroid berkaitan dengan perubahan hormon pada sistem reproduksi wanita.

Jenis Kanker Tiroid

Pasien kanker tiroid dapat memiliki jenis kanker yang berbeda-beda. Perbedaan jenis kanker ini didasarkan pada seberapa mirip sel tersebut dengan sel tiroid yang normal dan tempat sel kanker menetap pada kelenjar tiroid.

Berikut ini terdapat beberapa jenis kanker tiroid yang wajib kamu ketahui:

  • Tipe Papiler

Tipe ini adalah yang paling sering dialami oleh kaum hawa hingga 80 persen dari kasus. Kanker tiroid jenis ini umumnya tumbuh perlahan pada sel-sel folikel di salah satu atau kedua lobus kelenjar tiroid. Jika dilihat dari kemiripan bentuk selnya, sel kanker tipe papiler mirip dengan sel tiroid yang normal. Akibatnya, pihak medis pasti mengalami kesulitan untuk mendeteksinya. Kamu wajib melakukan penanganan sedini mungkin untuk mengatasinya dan mencegah komplikasi atau gejala yang semakin parah.

  • Tipe Folikular atau Hurthle

Tipe ini ditemukan pada 10 hingga 15 persen kasus kanker tiroid. Mereka yang terkena penyakit ini pun umumnya adalah mereka yang kurang asupan yodium. Tak jauh berbeda dengan tipe papiler, tipe folikular atau hurtle ini mudah diatasi jika dideteksi sedini mungkin. Hati-hati, penyebaran kanker tiroid folikular cenderung lebih agresif dan cepat dibandingkan tipe papiler, bahkan kanker ini bisa menyebar ke paru-paru atau tulang.

  • Tipe Medular

Jenis kanker ini hanya terdapat 3 persen kasus saja. Kanker tiroid medular terjadi pada sel-sel C di kelenjar tiroid dan tumbuh lebih cepat jika dibandingkan dengan tipe papiler maupun folikular. Saking agresifnya, kanker tiroid jenis ini menyebar lebih cepat hingga ke kelenjar getah bening dan organ tubuh lainnya.

Sifat dari tipe medular ini cukup khas, mereka mampu mengeluarkan hormon kalsitonin dalam tubuh. Maka itu, keberadaan sel kanker ini dapat dideteksi sedini mungkin melalui tes darah dengan mengukur kadar kalsitonin dan antigen carcinoembryonic CEA).

  • Tipe Anaplastik

Tipe terakhir umumnya merupakan jenis kanker yang paling jarang ditemukan. Namun, meski langka, tipe ini merupakan paling berbahaya dan mudah menyebar dibandingkan jenis lainnya. Sel kanker anaplastik menyebar ke leher dan seluruh tubuh sehingga perlu diatasi sedini mungkin.

Punya masalah akan kelenjar tiroid? Tidak perlu panik, kamu bisa lo berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca Juga: