13 June 2018

Kenali 7 Tanda dan Gejala Kanker Serviks

Tanda kanker serviks, gejala kanker serviks, kanker serviks

Halodoc, Jakarta - Kanker serviks adalah tumor ganas yang muncul pada leher rahim kaum Hawa. Penyakit ini biasanya diidap oleh wanita yang berada di usia produktif dan telah aktif secara seksual. Penyebab kanker ini adalah Human papillomavirus (HPV), yaitu virus yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Jenis HPV yang berbahaya adalah HPV 16 dan HPV 18.

Tanda dan Gejala Kanker Serviks

Pada tahap awal, penyakit ini tidak menimbulkan tanda dan gejala tertentu, sehingga banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah tertular HPV. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tanda dan gejala kanker serviks yang perlu diketahui:

  1. Pendarahan pada Miss V

Gejala umum dari kanker serviks adalah pendarahan pada Miss V, baik dalam jumlah banyak maupun hanya berupa flek. Pendarahan ini dapat terjadi setelah berhubungan seksual (contact bleeding), di luar periode menstruasi, atau setelah menopause.

  1. Flek atau Keputihan Berbau

Kanker serviks juga ditandai dengan munculnya flek ataupun keputihan yang berbau dan berwarna merah muda atau kecokelatan.

  1. Perubahan Siklus Menstruasi

Gejala lainnya adalah perubahan siklus menstruasi, yaitu menstruasi bertambah panjang (lebih dari 1 minggu dalam 3 bulan atau lebih) atau jumlah darah yang dikeluarkan bertambah banyak dibanding biasanya.

  1. Munculnya Rasa Nyeri

Nyeri dapat terjadi pada perut bagian bawah atau panggul, biasanya muncul setiap kali berhubungan seksual. Nyeri juga dapat muncul pada punggung dan pinggang yang menandakan adanya komplikasi berupa pembengkakan pada ginjal, serta nyeri pada tulang akibat sel-sel kanker yang sudah menyebar ke bagian tersebut.

  1. Perubahan Kebiasaan Buang Air Kecil

Ini termasuk perubahan frekuensi buang air kecil serta munculnya darah dalam urine (hematuria).

  1. Penurunan Berat Badan

Berat badan turun secara signifikan dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya, gejala ini juga disertai dengan menurunnya nafsu makan.

  1. Pembengkakan pada Salah Satu Kaki

Ini bisa terjadi saat tumor menekan pembuluh darah.

Pap Smear untuk Deteksi Dini Kanker Serviks

Pap smear dilakukan untuk mendeteksi sel-sel yang berpotensi menjadi kanker. Namun, tes ini bukanlah tes untuk kanker, melainkan untuk memeriksa kesehatan sel-sel pada leher rahim (serviks).

Bagi wanita yang pernah berhubungan seksual dan berusia 25-49 tahun, disarankan untuk rutin melakukan pap smear setiap tiga tahun sekali. Sedangkan bagi wanita yang berusia 50-64 tahun, disarankan untuk rutin melakukan pap smear setiap lima tahun sekali. Dengan begitu, sel kanker pada serviks dapat dideteksi lebih awal dan ditangani lebih baik.

Kalau kamu mengalami tanda dan gejala seperti di atas, segeralah berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!