• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Benjolan yang Bisa Menandakan Kanker Payudara

Kenali Benjolan yang Bisa Menandakan Kanker Payudara

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kenali Benjolan yang Bisa Menandakan Kanker Payudara

Halodoc, Jakarta - Gejala kanker payudara bisa muncul tanpa disadari pengidapnya. Terlebih jika kanker masih dalam stadium awal. Salah satu gejala yang khas dari kanker payudara adalah munculnya benjolan. Namun, benjolan pada payudara tidak selalu berarti kanker.

Ada banyak kondisi medis yang juga ditandai dengan munculnya benjolan pada payudara, tetapi tidak bersifat kanker. Lantas, seperti apa benjolan yang menandakan kanker payudara? Simak lebih lanjut dalam ulasan ini!

Baca juga: Bukan Kanker, Ini 5 Benjolan pada Payudara

Ciri Benjolan yang Jadi Gejala Kanker Payudara

Banyak wanita yang mungkin hanya tahu bahwa kanker payudara ditandai dengan adanya benjolan atau tumor. Padahal, benjolan yang menjadi gejala kanker payudara memiliki ciri-ciri tertentu, yang berbeda dengan benjolan akibat penyakit lainnya.

Benjolan yang menjadi gejala kanker payudara dapat muncul di sekitar dada atas atau ketiak, karena jaringan payudara membentang luas hingga ke bawah lengan. Terkadang, benjolan tidak bisa terlihat langsung, tetapi dapat teraba saat disentuh. 

Lebih rincinya, berikut ini ciri-ciri benjolan yang jadi gejala kanker payudara:

  • Benjolan memiliki permukaan yang tidak rata.
  • Benjolan terasa lunak hingga agak keras, dengan batas yang tidak jelas.
  • Benjolan terasa melekat pada payudara dan tidak bisa bergeser-geser saat diraba.
  • Benjolan biasanya hanya berjumlah satu.
  • Benjolan tidak terasa sakit saat ditekan.

Cobalah untuk rutin memeriksa kondisi payudara setiap mandi, agar bisa mendeteksi jika ada masalah atua perubahan, secepat mungkin. Termasuk jika ada benjolan yang sebelumnya tidak ada, kamu dapat mengenalinya dengan mudah. 

Segera bicarakan dengan dokter di aplikasi Halodoc, atau periksakan diri ke rumah sakit, jika benjolan yang muncul tak kunjung hilang setelah berminggu-minggu. Jika mencurigai ada indikasi kanker payudara, dokter dapat menyarankan pemeriksaan yang diperlukan. 

Baca juga: Ini 6 Cara Efektif untuk Mencegah Kanker Payudara

Gejala Kanker Payudara Lainnya yang Perlu Diwaspadai

Meski gejala khas kanker payudara adalah munculnya benjolan, ada beberapa gejala lainnya yang perlu diwaspadai, yaitu:

1.Perubahan pada Kulit Payudara

Pada stadium awal maupun lanjut, kanker payudara dapat membuat tekstur kulit payudara berubah, karena sel kanker menyerang sel-sel kulit yang sehat dan menyebabkan peradangan. Akibatnya, kulit di area sekitar payudara jadi menebal, berlubang-lubang seperti kulit jeruk, atau jadi kemerahan. 

2.Puting Mengeluarkan Cairan Berwarna

Jika kanker payudara sudah memasuki stadium lanjut, gejala lain yang dapat terjadi adalah keluarnya cairan berwarna (bisa encer atau kental) coklat-kemerahan, atau seperti darah.

3.Membengkaknya Kelenjar Getah Bening

Sel kanker payudara dapat menyebar ke kelenjar getah bening, sehingga menimbulkan pembengkakan. Tak hanya pada ketiak, kelenjar getah bening di area tulang selangka juga dapat ikut membengkak. 

4.Ukuran Payudara Jadi Besar Sebelah

Meski ukuran payudara wanita umumnya tidak sama persis, kamu harus waspada jika perbedaan ukuran tersebut semakin kentara. Sebab, payudara yang besar sebelah bisa jadi gejala kanker payudara.

Hal ini terjadi karena adanya benjolan akibat sel kanker yang berkembang di payudara. Sisi payudara yang terdapat benjolan dapat membengkak, dan tampak lebih besar, dibanding payudara yang satunya. 

Baca juga: Kenali 6 Ciri Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai

5.Puting Melesak ke Dalam

Tak hanya keluar cairan, puting payudara juga dapat melesak atau seperti tertarik ke dalam. Hal ini terjadi karena sel kanker dapat menyerang dan mengubah sel-sel di belakang puting, sehingga membuat puting seperti tertarik ke dalam. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai ciri benjolan yang menandakan kanker payudara dan berbagai gejala lain yang perlu diwaspadai. Berbagai gejala tersebut juga bisa menjadi tanda penyakit lainnya, sehingga penting untuk memeriksakan diri ke dokter, agar diagnosis dapat diketahui. 

Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada 2021. Breast Cancer Signs and Symptoms.
Breast Cancer Now. Diakses pada 2021. Breast Cancer Symptoms and Signs. 
Cancer Research UK. Diakses pada 2021. Breast Cancer Symptoms. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Breast Cancer Symptoms, Stages & Treatment.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Breast Cancer.