• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Kulit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Kulit

Kenali Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 November 2021
Kenali Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Kulit

“Buang semangka seringkali dikonsumsi sebagai pelepas dahaga. Hal tersebut karena kandungan air di dalamnya yang sangat banyak. Di sisi lain, manfaat buah semangka juga bisa untuk merawat kulit. Buah merah ini bahkan bisa digunakan sebagai masker alami untuk kecantikan.”

Halodoc, Jakarta – Di saat cuaca panas, konsumsi buah semangka rasanya dapat menyegarkan tubuh. Selain rasanya yang manis, buah yang satu ini juga banyak mengandung air. Selain itu, ada banyak manfaat buah semangka untuk kulit yang bisa dirasakan.

Nutrisi dalam semangka menjadikannya pilihan yang baik untuk memelihara kesehatan kulit. Semangka juga kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk dalam dan luar tubuh. Beberapa produk perawatan kulit bahkan menjadikan semangka sebagai bahan utama. 

Lantas, apa saja manfaat buah semangka untuk kesehatan kulit? 

  1. Menenangkan Kulit Terbakar dan Ruam

Jika kulit mengalami luka bakar ringan dan ruam, semangka bisa jadi solusinya. Semangka kaya akan antioksidan dan mineral yang mengurangi kemerahan pada kulit, meredakan peradangan, dan menghilangkan ruam. 

Jika kamu mengalami luka bakar ringan atau akibat sengatan matahari, maka potonglah semangka yang dingin, kemudian kompreskan pada area yang terkena. Lakukan ini secara teratur selama beberapa hari sebagai perawatan. 

  1. Mengencangkan Kulit

Semangka mengandung banyak antioksidan dan vitamin yang baik sebagai antipenuaan. Bahan-bahan yang terkandung dalam semangka akan membuka pori-pori dan mengecilkannya. Selain itu, jika kamu menjadikan semangka sebagai masker alami pada kulit, maka elastisitas kulit semakin meningkat. Dengan begitu kulit menjadi lebih kencang. 

  1. Eksfoliator Alami

Semangka mengandung banyak vitamin C yang dapat membersihkan wajah secara mendalam dan memberikan tampilan kulit yang segar. Butiran kecil pada semangka dapat masuk ke dalam kulit dan bertindak sebagai scrub yang lembut. 

Kamu bisa membuat scrub alami dari semangka dengan 2-3 potong semangka, 1 sendok makan yoghurt dan beberapa tetes lemon. Aplikasikan dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Meningkatkan Kelembaban Kulit

Manfaat buah semangka mampu mengembalikan kelembaban kulit yang hilang. Jika kulitmu kering dan kusam, maka semangka bisa jadi perawatan alami. Antioksidan dan kandungan air dari semangka akan meningkatkan kelembaban kulit. Dengan begitu kulit pun tampak lebih bercahaya.

Celupkan kapas ke dalam jus semangka dan oleskan pada wajah, biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air. Lakukan rutinitas ini setiap 5 hari sekali untuk mendapatkan kulit sehat, lembut, dan kencang. 

Itulah manfaat buah semangka untuk kulit yang menarik untuk diketahui. Selain menjadikan semangka sebagai masker alami, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsinya juga. Dengan begitu, kulit akan terawat dari luar dan dalam. 

Kamu juga bisa kok cek kebutuhan medis untuk menunjang perawatan kulit di aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Prevention. Diakses pada 2021. Why Watermelon is Exactly What Your Skin Needs
Be Beautiful. Diakses pada 2021. BEAUTY BENEFITS OF WATERMELON