20 November 2018

Kenali Pemicu Munculnya Flek Hitam pada Wajah

Kenali Pemicu Munculnya Flek Hitam pada Wajah

Halodoc, Jakarta – Banyak wanita mendambakan kulit sehat dan bebas jerawat. Namun, paparan polusi dan sinar UV matahari sering kali mengganggu kesehatan kulit. Mulai dari membuat kulit tampak lebih hitam dan kusam, hingga munculnya jerawat dan flek hitam.

Flek hitam adalah bintik datar berwarna cokelat yang terbentuk akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Flek hitam biasanya muncul di area wajah, serta bagian tubuh lain seperti lengan, dada atau leher. Dibanding jerawat, flek hitam lebih sulit dihilangkan. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali pemicu flek hitam pada wajah untuk mencegah kemunculannya.

Flek Hitam pada Wajah Disebabkan oleh Banyak Faktor

Selain paparan sinar UV matahari, berikut pemicu kemunculan flek hitam yang perlu diwaspadai:

1. Faktor Genetik

Pigmentasi kulit bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Studi menunjukkan faktor genetik meningkatkan potensi kemunculan flek hitam hingga 70 persen. Studi menunjukkan orang berkulit putih dan berambut pirang atau merah lebih rentan memiliki flek hitam pada wajah.

2. Polusi

Polusi bisa merangsang produksi melanin berlebih. Alasannya karena saat terpapar polusi terus-menerus, sel-sel kulit memproduksi antioksidan dan melepas melanin secara berlebihan untuk melawan kerusakan kulit akibat paparan polusi.

3. Produk Kecantikan yang Kurang Tepat

Kamu perlu jeli saat membeli dan menggunakan produk kecantikan karena tidak semua produk akan cocok dengan jenis kulitmu. Beberapa produk bahkan bisa menyebabkan iritasi kulit dan munculnya flek hitam karena kandungan produk menimbulkan fotosensitivitas. Ini adalah kondisi saat produk kosmetik yang dipakai menjadi lebih sensitif terhadap sinar UV matahari, sehingga meningkatkan risiko kemunculan flek hitam.

4. Faktor  Hormonal

Hormon estrogen, progesteron, dan melanin stimulating hormone (MSH) bisa memicu kemunculan flek hitam. Kondisi ini biasanya terjadi pada ibu hamil, terutama pada trimester ketiga kehamilan.

5. Konsumsi Obat dan Pil KB

Konsumsi obat-obatan dan pil KB bisa memicu kemunculan flek hitam. Alasannya karena obat dan pil  KB bisa memengaruhi hormon yang bertanggung jawab atas hiperpigmentasi atau flek hitam pada kulit.

Cara Mengatasi Flek Hitam pada Wajah

Flek hitam yang muncul akibat faktor genetik tidak bisa diubah. Namun, flek hitam yang disebabkan oleh polusi dan paparan sinar UV matahari bisa dicegah dengan cara:

  • Menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30, terutama bagi yang berkulit putih. Gunakan tabir surya setiap dua jam sekali agar perlindungannya maksimal.

  • Gunakan pelindung seperti topi, pakaian lengan panjang dan penutup lainnya saat berada di luar ruangan, terutama pada pukul 10 pagi - 4 sore karena paparan sinar UV masih tinggi.

  • Rutin membersihkan kulit wajah, terutama setelah bepergian dan sebelum tidur. Tujuannya untuk mencegah timbulnya jerawat dan flek hitam akibat menumpuknya kotoran dan debu pada wajah.

Itulah pemicu kemunculan flek hitam pada wajah yang perlu diketahui. Kalau kamu punya keluhan pada kulit (seperti jerawat atau flek hitam), tanya dokter Halodoc untuk mendapat rekomendasi penanganan yang tepat. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca Juga: