22 June 2018

Tips Menghilangkan Noda Hitam Pada Wajah

menghilangkan noda hitam, cara menghilangkan noda hitam, noda hitam

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian besar wanita, kehadiran noda hitam akan membuat penampilan mereka menjadi tidak sempurna dan kurang menarik. Parahnya, noda hitam tersebut dapat membuat wanita tampak lebih tua dari usia mereka yang sebenarnya. Dengan bantuan perias wajah, maka noda tersebut akan dapat disamarkan dengan mudah. Namun, ini tidak membuat masalah tersebut menjadi selesai.

Baca juga: 6 Hal Yang Bikin Kulit Kusam dan Enggak Glowing

Penyebab Noda Hitam

Noda hitam sendiri terjadi karena melanin yang dihasilkan tubuh hanya berkumpul di salah satu area saja. Selain itu, faktor penyebab munculnya noda hitam antara lain:

  • Tubuhmu merupakan tipe yang memproduksi melanin secara berlebihan.
  • Kamu terpapar cahaya matahari terlalu lama tanpa menggunakan perlindungan, semisal topi atau tabir surya.
  • Bekas jerawat yang sudah kempes.
  • Sensitif terhadap obat yang mengandung estrogen, sulfonamida, dan tetrasiklin.
  • Kondisi penyakit tertentu yang membuat wajah memiliki noda. Penyakit tersebut antara lain adison, hemokromatosis, atau tumor pituitari.

Cara Menghilangkan Noda Hitam dengan Bahan Alami

Meski di luaran sana banyak dijual krim pencerah yang akan mengatasi masalah wajah bernoda tersebut, tapi seringkali produk tersebut akan menimbulkan efek samping. Efek samping yang biasanya terjadi adalah kulit menjadi iritasi. Ketimbang menggunakan cara tersebut, ada baiknya kamu menggunakan bahan alami untuk menghilangkan noda hitam. Cara menghilangkan noda hitam tersebut, antara lain:

  1. Air Lemon

Buah lemon kaya akan kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan alami dan akan menghilangkan kotoran yang menempel pada wajah. Kamu cukup membasahi kapas dengan air perasan lemon dan gosokkan perlahan pada area wajah yang memiliki noda hitam.

Dengan melakukan hal ini setiap hari pun kulit wajahmu akan tampak lebih cerah. Namun untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu dapat melarutkan air perasan lemon dengan air bersih dan mengoleskannya terlebih dahulu pada telapak tangan untuk melihat reaksinya. Jika kulitmu malah terasa gatal dan kemerahan, sebaiknya gunakan cara lain.

  1. Buttermilk

Sama seperti jus lemon, buttermilk juga bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Bahan alami ini akan membantu memudarkan noda dan flek hitam, tapi tidak menimbulkan sensasi terbakar pada kulit. Kandungan asam laktat di dalamnya akan mengurangi pigmentasi kulit dan mencerahkan kulitmu secara bertahap.

Cara penggunaannya yakni cukup ambil 4 sendok teh buttermilk dan beri 2 sendok teh jus tomat segar. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata, lalu oleskan pada area wajah yang bermasalah. Diamkan selama 15 menit dan cuci bersih wajahmu.

  1. Lidah Buaya

Sebuah penelitian pada 2010 yang diterbitkan oleh Journal of Chemical and Pharmaceutical Research menemukan banyak manfaat dari gel lidah buaya untuk kesehatan kulit. Penelitian tersebut menemukan bahwa gel ini dapat membantu menghilangkan flek hitam dan noda pada kulit, serta juga mampu membuat kulit menjadi lebih bersih.

Kamu dapat mengambil gel lidah buaya segar dari daun lidah buaya, kemudian oleskan pada flek hitam dan bintik hitam diwajah. Pijatlah perlahan-lahan di area wajah dengan ujung jari selama beberapa menit. Biarkan kondisi tersebut selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas wajahmu. Kamu dapat mengulangi perawatan ini sebanyak satu atau dua kali sehari selama beberapa minggu agar hasilnya maksimal.

Baca juga: 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Nah, tadi adalah cara menghilangkan noda pada wajah. Kalau kamu membutuhkan vitamin atau suplemen untuk kulit, kini enggak perlu repot lagi karena produk yang kamu butuhkan bisa dibeli di Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!