• Home
  • /
  • Kenali Sindrom Geriatri yang Rentan Menyerang Lansia

Kenali Sindrom Geriatri yang Rentan Menyerang Lansia

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Sindrom Geriatri, kondisi kesehatan lansia

Halodoc, Jakarta - Berbagai masalah kesehatan yang dialami di hari tua merupakan akumulasi dari pola hidup tidak sehat yang bertahun-tahun kamu jalani saat masa muda. Keluhan-keluhan kesehatan yang muncul di masa tua dikenal dengan nama sindrom geriatri. Kenali lebih jauh tentang sindrom geriatri berikut!

Baca juga: Kenali tentang Sindrom Geriatri yang Mengincar Lansia

Kenali Sindrom Geriatri yang Rentan Menyerang Lansia

Sindrom geriatri merupakan serangkaian kondisi medis yang dialami oleh lansia. Sejumlah kondisi ini akan berdampak pada penurunan kualitas hidup, bahkan risiko hilangnya nyawa seseorang. Sindrom geriatri muncul karena beberapa faktor pemicu, di antaranya:

  1. Berusia lanjut.

  2. Mengidap gangguan fungsi kognitif.

  3. Mengidap gangguan mobilitas.

  4. Mengidap gangguan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Berbagai masalah tersebut dapat terjadi seiring dengan bertambahnya usia karena proses penuaan sel-sel organ atau sistem kekebalan tubuh yang kian melemah. Meskipun dapat terjadi seiring bertambahnya usia, tapi berbagai kondisi tersebut dapat dikendalikan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin, sehingga kualitas hidup lansia akan meningkat.

Bagi seseorang yang berusia di atas 55 tahun, pemeriksaan keseluruhan sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali dalam setahun. Dalam hal ini, kamu dapat bertanya langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc tentang prosedur apa saja yang akan kamu jalani, serta hal-hal yang harus kamu lakukan sebelum dan sesudah prosedur dilakukan.

Tak hanya menjalani pemeriksaan keseluruhan rutin, upaya dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dapat kamu lakukan dengan beberapa langkah. Di antaranya adalah mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, berolahraga secara rutin, banyak minum air putih, tidur dengan cukup, serta mengonsumsi vitamin atau suplemen yang menunjang kesehatanmu.

Baca juga: Lansia Wajib Rutin ke Geriatri Agar Tetap Fit

Berbagai Masalah Kesehatan yang Muncul di Usia Senja

Pada awal kemunculannya, sindrom geriatri akan ditandai dengan sejumlah masalah kesehatan, seperti gangguan fungsi kognitif, mengidap gangguan mobilitas, serta mengidap gangguan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Berikut beberapa kategori yang termasuk dalam sindrom geriatri:

  • Berkurangnya kemampuan gerak, karena sedikitnya aktivitas yang dilakukan. Hal ini membuat fungsi fisik tubuh menjadi menurun.

  • Terganggunya keseimbangan yang disebabkan oleh gangguan penglihatan atau sensor motorik. Hal ini bisa saja membuat lansia mengalami patah tulang, cemas, atau bahkan depresi.

  • Ketidakmampuan kandung urin dalam menahan buang air kecil, sehingga mereka akan sering mengompol.

  • Mengalami penurunan daya ingat, penurunan fungsi kognitif, perubahan perilaku, dan fungsi otak lainnya. Hal ini terjadi karena proses penuaan alami yang akan sangat berpengaruh pada aktivitas hariannya.

  • Mengalami kebingungan akut yang ditandai dengan gelisah, ketakutan, berbicara melantur, serta sulit untuk fokus. Kondisi ini disebut dengan delirium yang disebabkan oleh gangguan metabolisme pada otak.

  • Menarik diri dari lingkungan sekitar karena merasa depresi, sendiri, atau berkurangnya kemampuan fisik.

Baca juga: Ini Jenis Penyakit yang Masuk di Departemen Geriatri

Tak hanya faktor genetik dan proses penuaan alami saja yang dapat memengaruhi sindrom geriatri, tapi faktor lingkungan dan status ekonomi juga memengaruhi masalah kesehatan pada lansia. Faktor lingkungan dan status sosial sendiri akan berpengaruh pada penerapan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, lingkungan yang bersih, tidak merokok, serta rutin berolahraga.

Sindrom geriatri akan menyebabkan lansia mengalami penurunan kemampuan fisik maupun mental. Perhatikan orang-orang di sekitarmu, segera diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut agar mereka memiliki sisa umur yang berkualitas dan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

Referensi:
World Health Organisation (WHO). Diakses pada 2019. Ageing and Health.
Healthinaging.org. Diakses pada 2019. A Guide to Geriatric Syndromes: Common and Often Related Medical Conditions in Older Adults.