Lansia Wajib Rutin ke Geriatri Agar Tetap Fit

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Lansia Wajib Rutin ke Geriatri Agar Tetap Fit

Halodoc, Jakarta – Semakin bertambahnya usia seseorang dapat berdampak pada kesehatan fisik seseorang, terlebih lagi jika sudah memasuki usia lanjut usia. Namun jangan khawatir, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk tetap memiliki tubuh yang sehat dan fit, salah satunya dengan rutin menjalani olahraga.

Baca juga: Tanda Saatnya Ajak Orangtua Mengunjungi Geriatri

Selain olahraga, tidak ada salahnya untuk rutin lakukan pemeriksaan kesehatan agar gangguan kesehatan dapat diatasi lebih dini. Kunjungi geriatri untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh saat memasuki usia lanjut. 

Mengenal Geriatri untuk Lansia

Geriatri adalah cabang ilmu kesehatan yang berfokus pada diagnosis, penanganan, serta pencegahan penyakit dan gangguan kesehatan yang dapat dialami seseorang yang sudah memasuki usia lanjut. Kategori lansia adalah mereka yang sudah memasuki usia 60 tahun. Seseorang yang memasuki usia ini lebih rentan alami berbagai gangguan kesehatan jika dibandingkan dengan kategori usia lainnya.

Seorang lansia dapat mengalami sindrom geriatri yang dapat memberikan dampak penurunan kualitas hidup, kecacatan fisik hingga dampak yang cukup parah, yaitu kematian. Untuk menghindari kondisi ini, para lansia dapat bertanya langsung pada dokter mengenai sindrom geriatri dan mencegah kondisi ini menjadi satu penyakit yang mengganggu kesehatan para lansia. 

Ada beragam kondisi dan gangguan penyakit yang dialami ketika seorang lansia alami sindrom geriatri, seperti gangguan penglihatan dan penurunan daya ingat. Tidak hanya itu, seorang lansia dapat mengalami kesulitan untuk menahan buang air kecil dan memiliki kesehatan tubuh yang melemah. Tidak hanya itu, usia lanjut membuat seseorang kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari seperti makan maupun mandi. Kondisi ini yang membutuhkan peranan dokter geriatri agar para lansia dapat menjalani hidupnya lebih berkualitas.

Baca juga: Kenali Tentang Sindrom Geriatri yang Mengincar Lansia

Ketahui Penyakit yang Umum Menyerang Lansia

Ada beberapa penyakit yang rentan dialami oleh para lansia. Jangan khawatir, dokter geriatri dapat membantu para lansia untuk menangani gangguan yang terjadi akibat beberapa penyakit, seperti:

1. Penyakit Jantung

Salah satu penyebab kematian tertinggi para lansia adalah penyakit jantung. Umumnya, penyakit ini rentan dialami oleh seseorang yang memiliki usia di atas 65 tahun. Selain usia, ada beberapa faktor yang meningkatkan seseorang alami kondisi penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol. Sebaiknya imbangi kondisi ini dengan kebiasaan rutin olahraga, mengonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup.

2. Artritis

Penyakit artritis atau peradangan sendi membuat para lansia alami kesulitan ketika akan menggerakan tubuh. Dokter geriatri menjadi cara yang bisa didatangi para lansia untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga: Ini yang Dimaksud dengan Kehamilan Geriatri

3. Demensia

Tidak jarang, seseorang yang memasuki usia di atas 60 tahun dapat mengalami gangguan saraf dan mental, salah satunya adalah demensia. Tim medis geriatri mampu membantu para lansia untuk mengatasi kondisi ini agar lansia dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

4. Osteoporosis

Penurunan massa tulang juga rentan dialami oleh para lansia. Selain melakukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi penyakit, tim medis geriatri menyarankan beberapa kebiasaan seperti rutin olahraga dan mengonsumsi makanan sehat untuk mengatasi masalah ini.

Dokter ahli geriatri membantu para lansia untuk mencegah berbagai penyakit yang dapat dialami oleh para lansia. Tidak bekerja sendiri, dokter geriatri dapat bekerja sama dengan tim medis lainnya, seperti ahli gizi, ahli farmasi, perawat, terapis dan psikiater.

Referensi:
Health In Aging. Diakses pada 2019. Geriatrics
Better Health While Aging. Diakses pada 2019. Geriatrics.