Kerusakan Ginjal Sebabkan Gagal Ginjal Akut, Kenapa?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kerusakan Ginjal Sebabkan Gagal Ginjal Akut, Kenapa?

Halodoc, Jakarta - Ginjal adalah salah satu organ yang mempunyai fungsi yang vital. Bagian tubuh yang terdiri dari dua buah tersebut dapat menyebabkan gangguan yang parah jika terjadi gangguan. Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada organ tersebut adalah gagal ginjal.

Jika gagal ginjal tersebut terjadi secara mendadak, maka hal tersebut disebut dengan gagal ginjal akut. Umumnya, hal ini disebabkan oleh dampak dari penyakit serius lainnya. Penanganan cepat harus dilakukan agar gangguannya tidak menjadi parah. Berikut pembahasan tentang gagal ginjal akut!

Baca juga: Pengidap Gagal Ginjal Akut Perlu Hemodialisis Seumur Hidup

Alasan Kerusakan Ginjal Dapat Sebabkan Gagal Ginjal Akut

Kerusakan ginjal yang terjadi dapat sebabkan gagal ginjal akut karena organ tersebut berhenti berfungsi secara mendadak. Hal tersebut menyebabkan tubuh tidak dapat menyaring produk limbah dari darah. Limbah yang bertumpuk akan menyebabkan terlalu banyak kandungan kimia yang tersebar.

Gagal ginjal akut umumnya terjadi secara cepat dengan kurun waktu kurang dari beberapa hari. Penyakit ini umumnya lebih cenderung menyerang seseorang yang sudah dirawat karena gangguan yang parah. Hal ini umumnya terjadi pada seseorang yang telah mengalami sakit kritis dan butuh perawatan intensif.

Gagal ginjal tipe ini dapat menyebabkan pengidapnya mengalami cedera permanen, yaitu ginjal tidak dapat berfungsi. Jika tidak segera ditangani dengan benar, maka dampak yang fatal dapat terjadi. Maka dari itu, agar kamu dapat melakukan penanganan dini, ada baiknya untuk mengetahui gejala yang timbul ketika terjadi.

Lalu, jika kamu mempunyai pertanyaan tentang gagal ginjal akut yang dapat disebabkan oleh kerusakan ginjal, dokter dari Halodoc siap membantu. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc ke smartphone yang kamu miliki!

Gejala dari Gagal Ginjal Akut

Gangguan yang dapat menyebabkan ginjal berhenti bekerja ini dapat berbahaya jika tidak segera ditangani. Untuk itu, kamu harus mengetahui gejalanya agar dapat segera ditangani. Berikut adalah beberapa gejala dari penyakit gagal ginjal akut, yaitu:

  • Menurunnya produksi urine yang keluar.

  • Terjadinya penumpukan cairan pada tubuh.

  • Mual dan muntah.

  • Kerap merasakan kelelahan dan dehidrasi.

  • Tekanan darah yang tinggi.

  • Terasa sakit perut dan nyeri punggung.

Walau begitu, ketika awal terjadi, mungkin gagal ginjal akut sulit didiagnosis karena tidak menunjukkan gejala apa pun. Hal tersebut hanya dapat diketahui secara pasti melalui uji laboratorium. Umumnya, gejala-gejala tersebut terjadi ketika penyakit tersebut telah memburuk dan dapat terjadi dengan cepat.

Baca juga: Lebih Berbahaya Gagal Ginjal Akut atau Gagal Ginjal Kronis?

Diagnosis Gagal Ginjal Akut

Jika gejala-gejala dari gangguan ini sudah terlihat, maka dokter umumnya akan merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan mendalam. Beberapa pemeriksaan atau tes dapat memastikan gangguan yang terjadi disebabkan oleh gagal ginjal akut. Berikut beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Pengukuran Jumlah Urin

Hal ini dilakukan untuk mengukur seberapa banyak hasil dari buang air kecil kamu dalam 24 jam. Cara tersebut dapat membantu dokter untuk menentukan penyebab gagal ginjal yang terjadi.

  • Tes Urin

Pemeriksaan ini dilakukan untuk menganalisis sampel urin atau urinalisis. Dengan tes urin, dokter dapat mendeteksi kelainan yang terjadi pada ginjal.

  • Tes Darah

Dengan pengambilan sampel darah, dokter dapat melihat tingkat urea dan kreatinin yang meningkat dengan cepat karena ginjal terganggu. Kedua zat tersebut digunakan untuk mengukur ginjal berfungsi dengan normal atau tidak.

Baca juga: Hati-Hati, Anak-Anak Juga Bisa Kena Gagal Ginjal Akut

Berikut adalah pembahasan tentang kerusakan ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal akut. Beberapa penyakit yang sudah terjadi memang dapat menyebabkan komplikasi pada organ lain. Maka dari itu, jika kamu mengalami penyakit tertentu, ada baiknya pastikan ke dokter untuk memeriksa ginjal di tubuh.

Referensi:
Kidney Fund. Diakses pada 2019. Acute kidney injury
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Acute kidney failure