Hati-Hati, Anak-Anak Juga Bisa Kena Gagal Ginjal Akut

enyakit ginjal, gagal ginjal

Halodoc, Jakarta - Gagal ginjal akut bisa terjadi akibat komplikasi dari penyakit serius lainnya. Kondisi ini umumnya dialami oleh orang tua atau pengidap suatu gangguan medis. Gagal ginjal akut bisa saja terjadi secara cepat, hanya dalam beberapa jam. Nah, jika ini terjadi, gagal ginjal akut akan membahayakan nyawa pengidapnya. Apakah gagal ginjal akut bisa dialami oleh anak-anak? Ulasan selengkapnya ada di bawah ini.

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

Gagal Ginjal Akut, Penyakit Apa Itu?

Gagal ginjal akut merupakan kondisi ketika ginjal tidak dapat membuang limbah metabolisme dari dalam tubuh. Gagal ginjal akut juga akan terjadi ketika ginjal tidak bisa menyeimbangkan air serta elektrolit. Ginjal akan membuang limbah metabolisme dari dalam tubuh dengan memproduksi urin. Nah, pada pengidap gagal ginjal akut, limbah metabolisme akan terus menumpuk karena tidak dapat diolah dengan optimal oleh tubuh.

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Gagal Ginjal Akut

Gejala yang banyak ditemui pada pengidap gagal ginjal akut, yaitu bengkak pada saluran kemih. Gejala lain dapat berupa munculnya suatu zat dalam air kencing, seperti hematuria atau sel darah merah, leukosituria atau sel darah putih, dan proteinuria atau protein yang terdapat di dalam urine.

Selain beberapa gejala di atas, mual dan muntah, pucat, hilangnya nafsu makan anak, lemah dan lesu, sesak napas, sakit perut, masalah pada mulut, dan buang air kecil meningkat juga bisa jadi tanda kalau Si Kecil tengah mengidap gagal ginjal akut.

Baca juga: Sering Minum Soda Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Akut?

Anak-anak Mengidap Gagal Ginjal Akut, Apakah Bisa?

Penyakit ginjal akut pada anak biasanya disebabkan oleh kelainan bawaan, seperti kelainan atau kekurangan pembentukan jaringan ginjal, disertai adanya sumbatan atau tanpa sumbatan. Selain itu, gagal ginjal akut pada anak juga bisa disebabkan oleh penyakit ginjal polikistik, yaitu penyakit keturunan ketika sekelompok kista muncul di dalam ginjal atau glomerulonefritis kronis (peradangan yang terjadi pada glomerulus). Glomerulus sendiri merupakan struktur ginjal yang terdiri dari pembuluh darah kecil.

Riwayat keluarga dengan penyakit ginjal polikistik atau glomerulonefritis kronis, anak lahir prematur dengan berat badan yang rendah, kelainan bawaan ginjal, dan infeksi saluran kemih merupakan beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya gagal ginjal akut pada anak. Penyakit ini umumnya menetap selama lebih dari 3 bulan. Namun, jika gagal ginjal akut dialami seumur hidup, Si Kecil terpaksa harus menjalani terapi terus-menerus selama masa hidupnya.

Begini Pengobatan pada Pengidap Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut yang masih tergolong ringan bisa disembuhkan melalui rawat jalan. Biasanya, dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi banyak air putih, memeriksa dan mengontrol kadar elektrolit dalam tubuh, dan mengobati apa yang menjadi penyebab gagal ginjal akut.

Namun, pada anak pengidap gagal ginjal akut yang berat, anak akan membutuhkan cuci darah yang dilakukan sementara sampai fungsi ginjal kembali pulih. Namun, cuci darah akan diperlukan secara terus-menerus jika kerusakan yang terjadi pada ginjal bersifat permanen.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Inilah Penyebab Gagal Ginjal

Jika ada yang ingin ibu tanyakan seputar gagal ginjal akut pada Si Kecil, Halodoc bisa jadi solusinya. Dengan aplikasi ini, ibu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun via Chat atau Voice/Video Call. Jika ada yang tidak beres dengan kesehatan Si Kecil, dokter akan langsung meresepkan obat untuk Si Kecil. Tanpa perlu keluar rumah atau antri obat di apotik, pesanan ibu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store!