• Home
  • /
  • Kesehatan Mental Karakter Kdrama the World of Married

Kesehatan Mental Karakter Kdrama the World of Married

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
kesehatan-mental-karakter-kdrama-the-world-of-married

Halodoc, Jakarta – Kisah drama perselingkuhan sepertinya memang punya daya tarik tersendiri bagi penikmat drama Korea di Indonesia. Khususnya drama Korea “The World of Married“ yang saat ini sedang tayang. Karena kepopulerannya, tidak sedikit penggemar drama yang merasa emosi setelah menonton drama ini. Namun, jika diperhatikan lagi, karakter-karakter utama di drama ini menunjukkan gejala kesehatan mental yang cenderung terganggu, lho. Yuk, cek ulasan berikut, ya!

  1. PTSD - Ji Sun Woo

PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder) adalah kondisi kesehatan jiwa yang dipicu oleh peristiwa traumatis yang dialami atau disaksikan langsung. Di balik sosoknya yang kuat dan mandiri, Ji Sun Woo memiliki trauma terpendam saat menyaksikan kecelakaan yang dialami ibunya. Ini terlihat di episode 6 ketika mantan suaminya, Lee Tae Oh, menyebut tentang kecelakaan yang dialami ibu Ji Sun Woo akibat kondisi psikologis ibunya.

  1. Gangguan Kepribadian Narsistik – Lee Tae Oh

Setelah bercerai dengan Ji Sun Woo, diam-diam Lee Tae Oh stalking mantan istrinya itu. Ia tidak menyukai jika ada orang yang mendekati Ji Sun Woo dan merasa bahwa Ji Sun Woo masih berharap untuk menjalin hubungan dengannya. Gangguan Kepribadian Narsistik ini adalah kondisi gangguan kepribadian ketika seseorang menganggap dirinya sangat penting dan harus dikagumi. Ia juga biasanya merasa bahwa dia memiliki pencapaian yang luar biasa dan lebih baik dari orang lain.

  1. Gangguan Kecemasan Umum – Yeo Da Kyung

Gangguan kecemasan umum merupakan kondisi psikologis ketika seseorang mengalami kecemasan yang berlebihan dan berlangsung secara terus-menerus terhadap banyak hal. Dalam hal ini, Yeo Da Kyung merasa “insecure” terhadap sikap Lee Tae Oh yang akhinya menjadi suaminya. Apalagi saat ia mengetahui suaminya stalking mantan istrinya. Meski di drama ini ia tidak menunjukkan tanda-tanda medis berat, kegelisahan yang dialami Yeo Da Kyung bisa berubah menjadi gangguan kecemasan sosial apabila terus berlanjut.

  1. Kleptomania – Lee Joon Young

Ini merupakan penyakit mental yang sulit dikendalikan oleh individu untuk memiliki barang-barang yang dilihatnya dengan cara mencuri. Pada Lee Joon Young, setelah perceraian kedua orangtuanya, ia mengalami gangguan ini. Sebelum perceraian, Lee Joon Young merupakan anak dari sebuah keluarga yang harmonis. Namun, ketika hubungan orangtuanya berakhir, ia merasa tertekan karena tidak lagi memiliki orangtua yang lengkap. Anak yang tidak mendapatkan kasih sayang yang cukup dari orangtuanya bisa tumbuh dengan penyakit mental tertentu, sehingga ia mengembangkan perilaku kleptomania sebagai bentuk pelampiasannya.

Baca juga: Anak yang Kesepian Cenderung jadi Kleptomania, Benarkah?

  1. Obsessive Love Disorder (OLD) – Park In Kyu

Jika menonton drama ini, kamu tentu akan langsung ingat dengan karakter Park In Kyu yang melakukan kekerasan pada kekasihnya, Min Hyun Soo. Lalu, apa itu OLD? Kondisi ini memiliki keterkaitan dengan Obsessive-Compulsive Disorder (OCD), yakni orang dengan perilaku kompulsif. Sedangkan pada OLD, kondisi ini lebih spesifik mengacu pada orang terobsesi dengan seseorang yang dipikir mencintai dirinya. Jika memiliki kondisi ini, pengidapnya merasa perlu untuk menjaga dan melindungi orang yang dicintainya secara obsesif hingga bersikap kompulsif. Jadi, melakukan kekerasan terhadap kekasihnya merupakan upaya yang dilakukan untuk melindunginya.

Baca juga: 4 Gangguan Mental yang Terjadi Tanpa Disadari

  1. Sindrom Stockholm

Umumnya korban kekerasan akan merasa depresi dan ketakutan, sehingga akan berusaha untuk lepas dari pelaku kekerasan. Namun, pada seseorang yang mengalami sindrom Stockholm, korban justru memiliki perasaan positif terhadap pelaku. Hal ini terjadi pada Min Hyun Soo yang merupakan kekasih dari Park In Kyu. Meski ia merupakan korban kekerasan, ia merasa sikap kekasihnya tersebut adalah hal yang wajar. Ia pun menerima ketika mendapat kekerasan fisik dengan alasan cinta.

Itulah jenis gangguan mental yang ada di dalam drama Korea "The World of Married". Kalau kamu masih punya pertanyaan lain seputar gangguan mental, gunakan aplikasi Halodoc saja. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bicara pada dokter kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Halodoc. Diakses pada 2020. PTSD.

Halodoc. Diakses pada 2020. OCD.

Halodoc. Diakses pada 2020. Kleptomania

Halodoc. Diakses pada 2020. Gangguan Kepribadian Narsistik.

Healthline. Diakses pada 2020. What is Stockholm Syndrome and Who Does it Affect?