Akantosis Nigrikans

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Akantosis Nigrikans

Akantosis nigrikans merupakan sebuah kondisi pada kulit yang ditandai adanya perubahan warna gelap pada daerah lipatan tubuh. Kulit yang terkena dapat menebal, dan biasanya mengenai daerah di sekitar ketiak, pangkal paha, atau leher.

 

Gejala Akantosis Nigrikans

Perubahan warna kulit merupakan satu-satunya gejala akantosis nigrikans. Pengidap akan mendapati penebalan, perubahan warna kulit menjadi gelap di daerah lipatan. Perubahan biasanya akan berjalan perlahan.

 

Penyebab Akantosis Nigrikans

Penyebab akantosis nigrikans sering dikaitkan dengan beberapa keadaan berikut:

 

  • Resistensi insulin. Kebanyakan orang yang mengidap akantosis nigricans juga mengalami keadaan resistensi insulin, yaitu ketika insulin yang diproduksi oleh tubuh tidak dapat bekerja atau dengan kata lain terjadi diabetes tipe 2.
  • Kelainan hormon. Akantosis nigrikans terjadi pada orang yang mengalami kista ovarium, penurunan fungsi kelenjar tiroid, dan masalah pada kelenjar adrenal.
  • Obat-obatan tertentu. Niacin dosis tinggi, pil KB, prednison dan obat kortikosteroid lainnya dapat menyebabkan akantosis nigrikans.
  • Kanker. Kadang akantosis nigrikan terjadi bersamaan dengan penyakit limfoma atau ketika adanya tumor atau kanker pada daerah perut, usus besar atau liver.

 

 

Faktor Risiko Akantosis Nigrikans

Beberapa faktor risiko dari akantosis nigrikans yaitu:

    • Obesitas, semakin tinggi berat badan seseorang, semakin meningkat risiko terjadinya akantosis nigrikans.
    • Ras, beberapa penelitian menunjukkan, akantosis nigrikans lebih sering terjadi pada ras penduduk asli amerika.
    • Riwayat keluarga, beberapa jenis akantosis nigrikans merupakan penyakit herediter.

 

Diagnosis Akantosis Nigrikans

Diagnosis akantosis nigrikans dapat ditegakkan dengan pemeriksaan kulit. Sebagian kecil bagian dari kulit diambil dan dilakukan pemeriksaan di laboratorium secara mikroskopis.

 

Pencegahan Akantosis Nigrikans

Pencegahan kondisi akantosis nigrikans bisa dilakukan dengan menjaga gaya hidup sehat. Mengurangi berat badan dan menjaga pola diet seimbang sangat berpengaruh terhadap perkembangan kondisi akantosis nigrikans.

 

Pengobatan Akantosis Nigrikans

Dalam banyak situasi, mengobati masalah yang mendasari dapat menyembuhkan dan menghilangkan keluhan perubahan warna. Hal ini termasuk di dalamnya:

    • Menurunkan berat badan, jika akantosis nigrikan terjadi karena obesitas.
    • Berhenti menggunakan obat-obatan tertentu atau suplemen. Terutama pada akantosis nigrikans yang muncul setelah konsumsi obat-obatan tertentu.
    • Pembedahan. Apabila akantosis nigrikans disebabkan oleh adanya kanker atau tumor, pembedahan untuk mengangkat tumor atau kanker dapat menghilangkan gejala dari akantosis nigrikans.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Diskusikan pada dokter apabila didapati penebalan dan penggelapan warna kulit yang berjalan mendadak. Dokter memastikan adakah penyebab lain yang mendasari yang membutuhkan penanganan. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili di sini.