• Home
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Cek Vitamin D 25-OH Total

Cek Vitamin D 25-OH Total

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cek Vitamin D 25-OH Total

Apa Itu Cek Vitamin D 25-OH Total?

Vitamin D merupakan nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Tanpanya, tulang akan menjadi rapuh, rusak, dan tidak dapat memperbaiki diri secara normal. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan penyakit yang disebut rakhitis pada anak-anak dan osteomalasia pada anak-anak dan orang dewasa. 

Vitamin D juga membantu mengontrol penyerapan mineral kalsium, fosfat, dan (sebagian kecil) magnesium dari makanan saat melewati usus. Vitamin ini diduga juga dapat mencegah banyak penyakit lain, termasuk:

  • Gangguan pada sistem kekebalan tubuh.
  • Beberapa bentuk kanker.
  • Penyakit jantung.
  • Gangguan pembuluh darah.
  • Dan penyakit yang menunjukkan bahwa reseptor Vitamin D (VDR) dapat memengaruhi berbagai ekspresi gen lainnya. 

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang ditemukan secara alami hanya dalam beberapa makanan. Misalnya hati dan ikan berlemak seperti salmon. Namun, sumber utama vitamin ini adalah dari paparan sinar matahari. 

Tubuh mampu membentuk vitamin D melalui paparan sinar matahari. Inilah sebabnya vitamin D kadang-kadang sering disebut juga sebagai vitamin sinar matahari. Perlu diketahui, vitamin D yang diproduksi dalam tubuh manusia dan hewan sedikit berbeda dengan yang diproduksi pada tanaman. Vitamin D yang dibentuk pada hewan dikenal sebagai vitamin D3 atau cholecalciferol, sedangkan yang dibentuk pada tanaman dikenal sebagai vitamin D2 atau ergocalciferol

Baik vitamin D2 maupun vitamin D3 dikonversi di hati menjadi vitamin D 25-hidroksi. Ini adalah bentuk aktif utama vitamin D yang disimpan dalam tubuh. Ketika seorang dokter meminta pemeriksaan kadar vitamin D 25 OH pada darah seseorang, tes tersebut dapat dilakukan di laboratorium. 

Tes untuk 25-dihidroksi-vitamin D digunakan untuk memeriksa bahwa tubuh memiliki persediaan vitamin D. Kadang-kadang, dokter juga akan meminta laboratorium untuk mengukur bentuk aktif lain dari vitamin D yang dikenal sebagai vitamin D 1,25 dihidroksi, bila curiga pasien memiliki kondisi di mana tubuh memproduksi terlalu banyak bentuk vitamin ini seperti sarkoidosis atau limfoma.

Mengapa Melakukan Cek Vitamin D 25-OH Total?

Cek vitamin D 25-OH total dilakukan dengan tujuan untuk menyelidiki masalah yang berkaitan dengan metabolisme tulang, kadar mineral dalam darah, atau fungsi paratiroid.

Ini karena vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak dan diserap di usus seperti lemak. Cek vitamin D 25-OH total kadang-kadang juga digunakan pada orang dengan penyakit yang mengganggu penyerapan lemak, contohnya cystic fibrosis, malabsorpsi, dan penyakit Crohn, untuk memastikan mereka memiliki vitamin D yang cukup.

Cek vitamin D 25-OH total juga digunakan pada orang-orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D, untuk memastikan mereka memiliki kadar vitamin D normal. Dokter mungkin akan merekomendasikan seseorang melakukan cek vitamin D 25-OH total karena beberapa alasan. Pemeriksaan tersebut untuk mengetahui apakah seseorang memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit vitamin D yang menyebabkan kelemahan tulang atau kelainan lainnya. 

Orang yang berisiko tinggi memiliki kadar vitamin D rendah dan mungkin memerlukan cek vitamin D 25-OH meliputi:

  • Orang yang tidak banyak terpapar sinar matahari.
  • Orang tua.
  • Pengidap diabetes.
  • Bayi yang hanya disusui.
  • Orang yang pernah menjalani operasi bypass lambung.
  • Orang yang memiliki penyakit yang mempengaruhi usus dan menyulitkan tubuh untuk menyerap nutrisi, seperti penyakit Crohn.

Dokter mungkin juga merekomendasikan cek vitamin D 25-OH total untuk  melihat hasil terapi pengobatan yang telah dilakukan. 

Kapan Harus Melakukan Cek Vitamin D 25-OH Total?

Cek vitamin D 25-OH total sering dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan umum untuk orang-orang yang mungkin kekurangan vitamin D. Seperti orang yang sudah lanjut usia dan yang jarang mendapatkan banyak sinar matahari dari luar. Orang yang memiliki penyakit ginjal dan beberapa gangguan pencernaan juga dianjurkan untuk menjalani cek vitamin D 25-OH total. Begitu juga dengan orang-orang yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin D.

Cek vitamin D 25-OH total juga dapat diminta bila seseorang memiliki kadar hormon kalsium, fosfat, ataupun magnesium yang tidak normal dalam darah. Selain itu, cek tersebut juga bisa digunakan untuk mendiagnosis beberapa bentuk penyakit tulang. 

Bila kadar kalsium dalam darah rendah atau orang tersebut memiliki gejala kekurangan vitamin D, malformasi tulang pada anak-anak (rakitis) dan tulang rapuh atau patah tulang pada orang dewasa (osteomalasia), cek vitamin D 25-OH total diperlukan untuk mengidentifikasi kekurangan vitamin D.

Cek vitamin D 25-OH total juga dapat digunakan untuk membantu mendiagnosis atau memantau masalah dengan fungsi kelenjar paratiroid, karena hormon paratiroid (PTH) sangat penting untuk aktivasi vitamin D. 

Bagaimana Melakukannya?

Cek vitamin D 25-OH dilakukan dengan pengambilan sampel darah dengan memasukkan jarum ke dalam vena di lengan. Kemudian sampel akan diteliti di laboratorium. 

Di Mana Melakukannya?

Cek vitamin D 25-OH bisa dilakukan di rumah sakit dan laboratorium kesehatan. Untuk dapat melakukan cek vitamin D 25-OH, kamu harus mendapatkan pemeriksaan dan rekomendasi dokter terlebih dulu. Buat jadwal kunjungan dokter di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Lab Tests Online AU. Diakses pada 2022. Vitamin D 25 OH.
Healthline. Diakses pada 2022. 25-Hydroxy Vitamin D Test
Medline Plus. Diakses pada 2022. 25-hydroxy vitamin D test