• Home
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Hemangioma

Hemangioma

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
hemangioma adalah

Pengertian Hemangioma

Hemangioma atau disebut juga dengan tanda stroberi adalah tanda lahir yang muncul di kulit akibat adanya pembuluh darah lebih atau tidak normal yang berbentuk benjolan elastis dan berwarna merah cerah. 

Penyakit ini termasuk jenis tumor pembuluh darah. Hemangioma biasanya muncul di kulit kepala, punggung, dada, atau wajah. Namun, hemangioma juga dapat muncul di bagian tubuh manapun. Seiring waktu tanda lahir hemangioma bisa menyusut dan pudar hingga anak berusia 10 tahun.

Penyebab Hemangioma

Penyebab hemangioma, yaitu adanya pertumbuhan yang tidak normal dari pembuluh darah tambahan. Selain itu, ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang terkena penyakit itu, di antaranya kelahiran prematur, berjenis kelamin perempuan, dan faktor keturunan.

Faktor Risiko Hemangioma

Bayi yang terlahir dengan jenis kelamin perempuan, berkulit putih, dan lahir prematur lebih berisiko mengalami hemangioma. 

Gejala Hemangioma

Gejala awal hemangioma biasanya berupa tanda merah rata yang muncul di tubuh dan bisa tumbuh atau berkembang dengan cepat serta membuat kulit menjadi menonjol. Setelah itu, hemangioma akan memasuki fase tidak aktif dan hilang secara perlahan. Hemangioma bisa sudah ada pada saat lahir, tetapi bisa juga baru muncul setelah anak berusia beberapa bulan.

Diagnosis Hemangioma

Dokter biasanya dapat mendiagnosis hemangioma hanya dengan melihatnya dan tes biasanya tidak diperlukan.

Pengobatan Hemangioma

Mengobatinya dapat dengan cara memberikan obat atau operasi laser untuk menghentikan pertumbuhan hemangioma dan mengatasi rasa sakit yang mendadak muncul.

Komplikasi Hemangioma

Kadang-kadang, hemangioma dapat pecah dan berkembang menjadi luka. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit, pendarahan, jaringan parut atau infeksi. Hemangioma juga dapat mengganggu estetika yang tergantung pada posisinya dapat mengganggu pernapasan dan pendengaran anak.

Pencegahan Hemangioma

Diskusi dengan dokter ahli sejak dini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit hemangioma. 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika hemangioma mulai berdarah, serta menyebabkan rasa sakit dan tanda pembengkakan, segeralah berbicara dengan dokter lewat aplikasi Halodoc guna mendapat penanganan yang tepat. Belum punya aplikasinya? Yuk, download sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Hemangioma: Symptoms, Diagnosis, and Treatment
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Hemangioma

Diperbarui pada 28 April 2022.