• Home
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • CT Scan

CT Scan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
CT Scan

Apa Itu CT Scan?

CT scan adalah prosedur diagnosis yang menggunakan komputer dan mesin sinar-X yang berputar untuk membuat gambar penampang tubuh. Gambar-gambar ini memberikan informasi yang lebih rinci daripada gambar sinar-X biasa. Mereka dapat menunjukkan jaringan lunak, pembuluh darah, dan tulang di berbagai bagian tubuh.

Kenapa Melakukan CT Scan?

Dokter dan profesional kesehatan lainnya memiliki pelatihan bertahun-tahun di bidangnya, tetapi masih banyak hal yang tidak dapat mereka diagnosis hanya dengan melihat atau mendengarkan tubuh. Kondisi medis tertentu memerlukan pemeriksaan lebih dalam yang biasanya pada jaringan, pembuluh darah, dan tulang di dalam tubuh Anda.

Sinar-X dan ultrasonografi dapat memberikan beberapa informasi, tetapi ketika pandangan yang lebih rinci diperlukan, pemindaian tomografi terkomputasi (CT) biasanya merupakan langkah berikutnya.

CT scan dapat digunakan untuk memvisualisasikan beberapa bagian tubuh, seperti:

  • Kepala.
  • Bahu.
  • Tulang belakang.
  • Jantung.
  • Perut.
  • Lutut.
  • Dada.

Selama CT scan, kamu akan berbaring di mesin seperti terowongan sementara bagian dalam mesin berputar dan mengambil serangkaian sinar-X dari sudut yang berbeda. Gambar-gambar ini kemudian dikirim ke komputer, di mana mereka digabungkan untuk membuat gambar irisan atau penampang, dari tubuh. Mereka juga dapat digabungkan untuk menghasilkan gambar 3D dari area tubuh tertentu.

Dokter akan merekomendasikan untuk melakukan CT scan untuk tujuan berikut ini:

  • Mendiagnosis gangguan tulang, seperti tumor tulang dan fraktur.
  • Menentukan lokasi tumor, infeksi, atau gumpalan darah.
  • Sebagai bagian dari prosedur, seperti operasi, biopsi, dan terapi radiasi.
  • Mendeteksi dan memantau kondisi penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, nodul paru, dan massa hati.
  • Memantau efektivitas perawatan tertentu, seperti pengobatan kanker.
  • Mendeteksi cedera internal atau pendarahan internal.

Kapan Melakukan CT Scan?

CT scan perlu dilakukan pada orang-orang yang dicurigai mengalami pendarahan internal akibat mengalami kecelakaan atau cedera, seperti benturan. Untuk memastikan penyakit, dokter pun juga akan menganjurkan orang-orang yang mengalami gejala-gejala tumor atau penyakit jantung untuk melakukan prosedur ini.

Bagaimana Melakukan CT Scan?

Tergantung pada bagian tubuh mana yang akan di-scan. Namun biasanya, dokter atau perawat akan menyebutkan apa pun yang perlu kamu lakukan untuk mempersiapkan pemindaian ini. Kamu akan disarankan untuk menghindari makan apa pun selama beberapa jam sebelum melakukan CT Scan guna membantu memastikan pengambilan gambar yang jelas.

Kamu harus menghubungi dokter atau rumah sakit setelah menerima janji pemeriksaan jika kamu memiliki alergi atau masalah ginjal, atau sedang mengonsumsi obat untuk diabetes, karena pengaturan khusus perlu dibuat. Kamu juga harus memberi tahu rumah sakit jika sedang hamil. CT scan biasanya tidak dianjurkan untuk wanita hamil, kecuali dalam keadaan darurat karena ada kemungkinan kecil sinar-X dapat membahayakan bayi.

  • Sebelum Pemindaian

Sebaiknya kenakan pakaian yang longgar dan nyaman karena kamu bisa memakainya selama pemindaian. Cobalah untuk menghindari memakai perhiasan dan pakaian yang mengandung logam (seperti ritsleting), karena ini harus dilepas.

Sebelum melakukan pemindaian, kamu akan diberi pewarna khusus yang disebut kontras untuk membantu meningkatkan kualitas gambar. Ia dapat ditelan dalam bentuk minuman, dimasukkan ke dalam dubur (enema), atau disuntikkan ke dalam pembuluh darah. Beri tahu radiografer jika kamu merasa cemas atau sesak selama pemindaian.

Mereka dapat memberi kamu saran untuk membantu merasa tenang dan dapat mengatur agar kamu mendapatkan obat penenang (obat untuk membantu kamu rileks) jika perlu. Sebelum pemindaian dimulai, kamu diminta untuk melepas pakaian dan mengenakan gaun khusus. Kamu juga akan diminta untuk melepaskan logam apa pun, seperti perhiasan, karena logam mengganggu peralatan pemindaian.

  • Selama Pemindaian

Selama pemindaian, kamu  biasanya akan berbaring telentang di tempat tidur datar yang masuk ke CT Scan. Pemindai terdiri dari cincin yang berputar di sekitar bagian kecil tubuh saat kamu melewatinya. Tidak seperti pemindaian MRI, pemindai tidak mengelilingi seluruh tubuh sekaligus, jadi kamu tidak akan merasa sesak.

Radiografer akan mengoperasikan pemindai dari kamar sebelah. Saat pemindaian sedang berlangsung, kamu akan dapat mendengar dan berbicara dengan mereka melalui interkom. Saat setiap pemindaian dilakukan, kamu harus berbaring diam dan bernapas dengan normal. Ini memastikan bahwa gambar pemindaian tidak kabur. Kamu juga diminta untuk menarik napas, menghembuskan napas, atau menahan napas pada titik-titik tertentu. Pemindaian biasanya akan memakan waktu sekitar 10 hingga 20 menit.

  • Setelah Pemindaian

Kamu seharusnya tidak mengalami efek samping dari CT scan dan biasanya dapat segera pulang setelahnya. Kamu bisa makan dan minum, pergi bekerja dan mengemudi seperti biasa. Jika kontras digunakan, kamu disarankan untuk menunggu di rumah sakit hingga satu jam untuk memastikan tidak bereaksi. Kontras biasanya sama sekali tidak berbahaya dan akan keluar dari tubuh dalam urine.

Hasil pemindaian biasanya tidak segera tersedia. Komputer perlu memproses informasi dari pemindaian, yang kemudian akan dianalisis oleh ahli radiologi (spesialis dalam menafsirkan gambar tubuh). Setelah menganalisis gambar, ahli radiologi akan menulis laporan dan mengirimkannya ke dokter yang merujuk kamu untuk pemindaian sehingga mereka dapat mendiskusikan hasilnya dengan pasien. Ini biasanya memakan waktu beberapa hari atau minggu.

CT scan cepat, tidak menyakitkan dan umumnya aman. Namun, ada risiko kecil jika kamu memiliki reaksi alergi terhadap pewarna kontras yang digunakan dan saat kamu akan terkena radiasi sinar-X. Jumlah radiasi yang dihadapi selama CT scan bervariasi, tergantung pada seberapa banyak tubuh yang dipindai. Pemindai CT dirancang untuk memastikan kamu tidak terpapar tingkat tinggi yang tidak perlu.

Umumnya, jumlah radiasi yang dihadapi selama setiap pemindaian setara dengan antara beberapa bulan dan beberapa tahun paparan radiasi alami dari lingkungan. Diperkirakan paparan radiasi selama CT scan dapat sedikit meningkatkan peluang terkena kanker bertahun-tahun kemudian, meskipun risiko ini dianggap sangat kecil (kurang dari 1 dalam 2.000).

Dimana Melakukan CT Scan?

Kamu bisa melakukan CT Scan di berbagai rumah sakit yang menyediakan layanan ini. Kamu bisa buat janji dengan rumah sakit untuk melakukan berbagai pemeriksaan seperti misalnya CT Scan lewat Halodoc. Dengan begini, kamu jadi tidak perlu lagi repot antre. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. CT (Computed Tomography) Scan.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. CT Scan.
National Health Service UK.Diakses pada 2022. CT Scan.
Diperbarui pada 22 Februari 2022.