Hemofilia

Pengertian Hemofilia

Hemofilia merupakan gangguan sistem pembekuan darah yang menyebabkan tubuh kekurangan protein yang dibutuhkan dalam proses pembekuan darah jika terjadi perdarahan. Protein ini lazim disebut faktor pembekuan. Hemofilia adalah penyakit yang jarang terjadi dan Hemofilia juga merupakan penya keturunan. Hemofilia ditandai dengan pendarahan yang lebih lama dibandingkan orang lain.

Gejala Hemofilia

Hemofilia ditandai dengan gejala awal yang biasanya terjadi adalah perdarahan yang sulit berhenti.Bagi pengidap hemofilia sebaiknya mewaspadai terjadinya perdarahan intrakranial atau perdarahan di dalam tengkorak kepala. Biasanya hal ini terjadi apabila pengidap hemofilia mengalami cedera di kepala dan jarang terjadi secara spontan. Gejala perdarahan intrakranial yakni sakit kepala hebat, muntah, leher tegang, kelumpuhan di sebagian atau seluruh otot wajah, pengelihatan berbayang.

Penyebab Hemofilia

Pada hemofilia, terdapat mutasi gen yang menyebabkan tubuh tidak cukup memiliki faktor pembekuan tertentu. Untaian DNA atau sebutan lainnya adalah kromosom merupakan suatu rangkaian instruksi lengkap yang mengendalikan produksi berbagai faktor. Kromosom bukan hanya menentukan jenis kelamin pada bayi, namun juga mengatur kinerja sel-sel di dalam tubuh. Semua manusia memiliki sepasang kromosom seks di mana komposisi pada wanita adalah XX dan pada pria adalah XY. Hemofilia adalah penyakit yang diwariskan melalui mutasi pada kromosom X. Oleh sebab itu pria cenderung menjadi pengidap, sementara wanita cenderung menjadi pewaris atau pembawa mutasi gen tersebut.

Pengobatan Hemofilia

Mengobati penyakit hemofilia adalah dengan diberikan suntikan faktor pembekuan darah bagi sang pengidap yang akan dibagi berdasarkan pengidap hemofilia A dan hemofilia B.

Pencegahan Hemofilia

  • Menjagalah kebersihan gigi agar terhindar dari penyakit gigi dan gusi yang dapat menyebabkan perdarahan.
  • Hindari melakukan olahraga yang melibatkan kontak fisik, seperti sepakbola.
  • Jangan sembarangan mengonsumsi obat-obatan tanpa saran dokter.

Kapan Harus ke Dokter?

Segera hubungi dokter jika hemofilia membuat kamu mengalami hal-hal berikut ini:

  • Sakit kepala parah.
  • Muntah berulang kali.
  • Sakit leher.
  • Pandangan buram.
  • Perdarahan besar yang tidak bisa dihentikan setelah cedera.
  • Sendi bengkak yang terasa panas jika disentuh dan sangat sakit ketika ditekuk.