Memar Tanpa Sebab, Ketahui 5 Penyakit Penyebabnya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Juni 2023

“Memar bisa muncul ketika adanya pembuluh darah kapiler dekat permukaan kulit pecah. Meski biasanya diakibatkan cedera, memar tanpa sebab bisa muncul di kulit karena penyakit tertentu seperti kelainan darah atau kekurangan vitamin.”

Memar Tanpa Sebab, Ketahui 5 Penyakit PenyebabnyaMemar Tanpa Sebab, Ketahui 5 Penyakit Penyebabnya

Halodoc, Jakarta – Ketika kamu mengalami cedera atau tekanan pada bagian tubuh tertentu, ada risiko bahwa pembuluh darah kapiler yang berada dekat permukaan kulit bisa pecah. Jika hal ini terjadi, area kulit tersebut akan berubah warna menjadi biru keungu-unguan. Inilah yang banyak orang kenal sebagai memar.

Melihat memar setelah cedera bukan tergolong hal yang aneh. Namun, terkadang seseorang bisa menemukan memar tanpa sebab di tubuhnya. Meskipun hal ini umumnya bukan kondisi yang berbahaya dan akan sembuh dalam beberapa hari, kamu mungkin penasaran apa yang bisa menyebabkan kondisi ini. Nah, simak jawabannya berikut ini!

Apa Saja Hal yang Bisa Memicu Memar Tanpa Sebab?

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan memar muncul lebih cepat pada seseorang, antara lain genetik, umur, dan jenis kelamin. Semakin bertambahnya umur, pembuluh darah akan semakin rapuh dan mudah pecah.

Penelitian juga menemukan bahwa perempuan secara alami lebih rentan mengalami memar. Namun, selain faktor-faktor ini ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan memar tanpa sebab, yaitu:

1. Penyakit kelainan darah

Penyakit kelainan darah seperti hemofilia dan penyakit Von Willebrand bisa memengaruhi kemampuan tubuh membekukan darah secara efektif. Keduanya adalah penyakit genetik yang seseorang miliki sejak lahir.

Ketika darah mengalami kesulitan untuk membeku, pendarahan pada pengidap akan berlangsung lebih lama dan lebih banyak dari kadar normal. Kemudian ketika pendarahan ini terperangkap di bawah permukaan kulit, memar akan muncul tanpa pengidapnya sadari.

2. Kekurangan vitamin dan mineral

Kekurangan nutrisi tertentu yang tubuh butuhkan untuk berfungsi dengan baik dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah munculnya memar tanpa sebab. 

Ada beberapa vitamin dan mineral khusus yang bisa menyebabkan kondisi ini, seperti: 

  • Vitamin C karena berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka.
  • Zat besi karena penting untuk menjaga fungsi sel darah agar bisa menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.
  • Vitamin K karena bisa mendorong pembekuan darah lebih cepat.

3. Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika tubuh tidak bisa memproduksi atau menggunakan insulin dengan baik. Meskipun penyakit ini tidak secara langsung menyebabkan memar, ia bisa memperlambat waktu penyembuhan luka sehingga memar bisa berada di tubuh lebih lama.

Jika kamu mengalami memar yang tiba-tiba muncul lalu tidak kunjung hilang, cari tahu apakah kamu mengalami Gejala Umum Lainnya yang Pengidap Diabetes Alami.

4. Penggunaan obat-obatan tertentu

Pengobatan yang seseorang konsumsi juga bisa memiliki dampak tertentu pada tubuh hingga memicu memar. Contohnya adalah obat anti-inflamasi non-steroid (NSAIDs) seperti ibuprofen atau naproxen.

Selain itu, obat dengan sifat penipis darah seperti aspirin dan warfarin juga bisa menyebabkan memar karena obat tersebut bekerja dengan cara mencegah pendarahan atau penggumpalan darah pasca luka.

5. Penyakit organ hati dan ginjal

Salah satu fungsi organ hati adalah memproduksi jenis protein tertentu yang bisa membantu pembekuan darah. Jika kamu mengalami penyakit hati tertentu seperti hepatitis, dampaknya fungsi organ akan berkurang. Karena itu, kamu akan cenderung mudah memar secara tiba-tiba.

Sementara itu, ginjal berfungsi untuk membantu platelet darah melakukan tugasnya, yaitu mencegah pendarahan. Jika fungsi ginjal menurun dan platelet darah tidak bekerja dengan baik, pengidapnya akan mudah memar. Masalah pada kedua organ ini memerlukan penanganan dokter yang lebih serius.

Apa yang Harus Dilakukan jika Memar?

Jika muncul memar di tubuhmu tanpa sebab yang jelas, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan diagnosis. Untuk menghilangkannya, kamu bisa melakukan perawatan ringan di rumah.

Mayoritas memar akan hilang dengan sendirinya. Agar penyembuhannya semakin cepat, kamu bisa mengaplikasikan kompres dingin ke area memar agar peredaran darah pada area tersebut melambat.

Selain itu, kamu juga bisa memastikan bagian tubuh yang terkena memar berada di posisi lebih tinggi dari jantung sehingga tidak terjadi penumpukan darah.

Itulah kondisi kesehatan penyebab memar tanpa sebab. Kalau kamu mengalami masalah ini dan membutuhkan penanganan lanjutan, jangan ragu untuk segera melakukan konsultasi dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Kini, kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Buoy. Top 9 Causes of Unexplained Bruising.
Healthline. Diakses pada 2023. What Causes Random Bruising?
Verywell Health. Diakses pada 2023. What Causes Unexplained Bruising on the Legs or Elsewhere on the Body?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan