Kanker Kandung Kemih

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Pengertian Kanker Kandung Kemih

Kanker kandung kemih adalah pertumbuhan sel di dalam lapisan kandung kemih menjadi abnormal.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Kandung Kemih

Penyebab utama kanker kandung kemih adalah mutase genetic dan beberapa faktor risiko seperti merokok, diabetes, sering kontak dengan bahan kimia, riwayat kanker dalam keluarga. 

 

Gejala Kanker Kandung Kemih

Gejala awal sulit untuk dinilai, namun umumnya menimbulkan gejala seperti bekuan darah dalam urine yang membuat sakit saat berkemih atau menyebabkan orang tidak bisa buang air kecil. Jika tumor mengikis leher kandung kemih, pasien mengalami frekuensi kencing dan mengalami kesulitan kencing atau merasakan buang air kecil tersumbat.

 

Diagnosis Kanker Kandung Kemih

Diagnosis kanker kandung kemih dapat ditegakkan melalui pemeriksaan biopsi dan MRI untuk mengetahui dengan jelas. 

 

Pengobatan Kanker Kandung Kemih

Pengobatan kanker kandung kemih umumnya dengan tindakan operasi dan kemoterapi serta radioterapi. 

 

Pencegahan Kanker Kandung Kemih

Upaya yang dilakukan untuk mencegah adalah dengan berhenti merokok dan hindari rokok bekas. Mengkonsumsi makanan segar bukan makanan atau makanan olahan dengan bahan pengawet. Minum lebih banyak air. 

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika kamu mengalami gejala seperti nyeri saat berkemih, sulit buang kecil, dan terdapat bekuan darah dalam urine, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk diagnosis yang tepat. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.