Leukemia Limfoblastik Akut

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Leukemia Limfoblastik Akut

Leukemia limfoblastik akut merupakan kanker sel limfoid yang belum dewasa. Penyakit ini lebih sering terjadi pada anak-anak dan merupakan leukemia yang paling umum diidap oleh anak-anak.

 

Gejala Leukemia Limfoblastik Akut

Gejala yang umum biasanya demam terus menerus, penurunan berat badan atau berat badan tidak dapat naik, tidak nafsu makan, pembesaran kelenjar getah bening, pucat karena rendahnya jumlah sel darah (misalnya anemia, infeksi karena jumlah sel darah putih yang rendah, perdarahan abnormal karena jumlah trombosit yang rendah).

 

Penyebab dan Faktor Risiko Leukemia Limfoblastik Akut

Penyebabnya belum diketahui dengan pasti, namun beberapa faktor risiko yang telah diteliti berupa paparan radiasi, elektromagnetik, maupun terpicu oleh aktivitas virus.



Diagnosis Leukemia Limfoblastik Akut

Selain dari anamnesis dan gejala klinis, diagnosis definitive LAA ditegakkan melalui pemeriksaan aspirasi sumsum tulang untuk mengidentifikasi sel-sel hematopoietic di sumsum tulang.

 

Pencegahan Leukemia Limfoblastik Akut

Hingga saat ini belum terdapat pencegahan atau vaksinasi yang spesifik, namun dapat diminimalisir dengan menghindari paparan radiasi terutama pada anak.

 

Penanganan Leukemia Limfoblastik Akut

Pengobatan andalan terhadap leukemia adalah kombinasi kemoterapi. Kemoterapi, atau kemoterapi sitotoksik adalah penggunaan obat untuk membunuh sel kanker. Selain itu targeted terapi dan radiasi hingga stem cell juga dianjurkan sesuai indikasi.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Ketika didapati gejala di atas, segeralah periksakan ke dokter anak terdekat. Untuk melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.