Limfoma Hodgkin

Pengertian Limfoma Hodgkin

Limfoma Hodgkin atau Hodgkin’s disease adalah salah satu jenis kanker yang menyerang sistem limfatik, yang normalnya berfungsi untuk imun. Limfoma Hodgkin merupakan salah satu dari dua jenis tipe kanker sistem limfatik yang paling sering dijumpai.

 

Gejala Limfoma Hodgkin

Gejala umumnya tidak spesifik, seperti pembesaran kelenjar getah bening yang tidak nyeri, disertai demam, keringat malam, penurunan berat badan, lemas, nyeri abdomen, hepatosplenomegali, serta nyeri tulang akibat destruksi.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Limfoma Hodgkin

Penyebab dari penyakit ini belum diketahui dengan jelas. Namun beberapa faktor ini dianggap dapat menyebabkan penyakit ini yaitu faktor usia, riwayat seksual dan menginap (riwayat EBV, HIV, HHV-6), immunodefisiensi, dan riwayat serupa dalam keluarga.

 

Diagnosis Limfoma Hodgkin

Definitif diagnosis dapat ditegakkan berdasarkan hasil histopaologi KGB, dengan gambaran khas Reed Sternberg (2 buah nucleus yang merupakan bayangan satu sama lain / mirror-image nuclei).

 

Penanganan Limfoma Hodgkin

Terdapat 2 jenis terapi yaitu kemoterapi dan radioterapi, namun pemilihan terapi tetap harus berdasarkan staging dan faktor resiko pasien. Indikasi terapinya adalah masa mediastinal yang besar, ekstranodal, peningkatan laju endap darah (LED) dan gejala penyerta yang berhubungan lainnya.

 

Pencegahan Limfoma Hodgkin

Hindari faktor-faktor yang menjadi risiko penyakit ini dan lakukan pemeriksaan check-up rutin jika didapati keluhan yang serupa.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika mengalami kelenjar getah bening membesar yang disertai nyeri dan demam, sebaiknya segera menghubungi dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.