Lipoma

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Lipoma

Lipoma merupakan tumor jinak jaringan lunak, yang tumbuh perlahan, lobulated, dan dibungkus oleh kapsul fibrous yang tipis. Lipoma termasuk tumor jinak yang berasal dari jaringan mesenchymal.

 

Gejala Lipoma

Gejala yang ditimbulkan umumnya sangat minimal atau hampir tidak ada (asimptomatik). Lipoma bersifat lunak pada perabaan, dapat digerakkan, dan tidak nyeri. Pertumbuhannya lambat dan jarang menjadi ganas. Lipoma kebanyakan berukuran kecil,namun dapat tumbuh hingga mencapai lebih dari diameter 6 cm.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Lipoma

Penyebab lipoma belum diketahui dengan pasti, namun karena merupakan tumor jinak maka diduga kondisi ini disebabkan bahan karsinogenik, trauma, lingkungan, genetik, dan faktor imunologi.



Diagnosis Lipoma

Diagnosis biasanya ditegakkan berdasarkan pemeriksaan fisik, dan disertai pemeriksaan penunjang lainnya seperti MRI, CT scan, ultrasound, dan core needle biopsy untuk definitifnya.

 

Penanganan Lipoma

Pada dasarnya, lipoma tidak perlu dilakukan tindakan apapun, kecuali masa berkembang, menjadi nyeri dan mengganggu pergerakan. Biasanya seseorang menjalani operasi bedah untuk alasan kosmetik.

Tidak ada kontraindikasi untuk menghilangkan lipoma, kecuali pasien tidak dapat menjalankan operasi karena faktor lainnya atau lokasi anatomi membuat pengangkatan tidak layak (misalnya lipoma intraspinal).

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika terdapat benjolan yang semakin membesar dan nyeri, segeralah periksakan ke dokter. Untuk melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu di sini.