Benjolan Lipoma Bikin Khawatir? Saatnya Konsultasi ke Dokter Ini

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Januari 2024

“Lipoma memang biasanya jinak dan tak berbahaya. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan kamu perlu segera menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan.”

Benjolan Lipoma Bikin Khawatir? Saatnya Konsultasi ke Dokter IniBenjolan Lipoma Bikin Khawatir? Saatnya Konsultasi ke Dokter Ini

DAFTAR ISI

  1. Kondisi yang Membuat Lipoma Perlu Segera Diperiksakan
  2. Rekomendasi Dokter yang Bisa Mengatasi Lipoma
    1. dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS
    2. dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B
    3. dr. AA Christedy Pramana Sp.B

Halodoc, Jakarta – Lipoma adalah jenis tumor jinak yang terbentuk dari sel-sel lemak. Tumor ini umumnya tidak bersifat ganas atau kanker.

Lipoma juga seringkali berbentuk sebagai benjolan lunak di bawah kulit yang dapat digerakkan saat disentuh. Kondisi ini pun biasanya tidak menyebabkan rasa sakit, namun, beberapa orang dapat merasa tidak nyaman karena ukurannya atau lokasinya.

Lipoma dapat muncul di berbagai bagian tubuh, tetapi biasanya ditemukan di punggung, leher, lengan, atau paha. Penyebab pasti terbentuknya lipoma tidak selalu jelas, tetapi faktor genetik dapat memainkan peran dalam beberapa kasus.

Kondisi yang Membuat Lipoma Perlu Segera Diperiksakan

Meskipun kondisi ini umumnya tidak berbahaya, dokter dapat merekomendasikan pengangkatan lipoma jika mereka menyebabkan ketidaknyamanan atau tumbuh secara signifikan.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa kondisi yang membuat pemeriksaan medis untuk lipoma dapat diperlukan:

  • Perubahan ukuran atau bentuk: Jika benjolan tumbuh secara signifikan atau mengalami perubahan ukuran, bentuk, atau warna, ini dapat menjadi tanda bahwa pemeriksaan lebih lanjut diperlukan.
  • Nyeri atau ketidaknyamanan: Meskipun biasanya tidak menyebabkan rasa sakit, jika kamu mengalami nyeri atau ketidaknyamanan yang terkait dengan lipoma, segera konsultasikan dengan dokter.
  • Pertumbuhan cepat: Jika benjolan tumbuh dengan cepat, dokter mungkin perlu mengevaluasi apakah ada sesuatu yang lebih serius.
  • Perubahan kulit di sekitar lipoma: Jika kulit di sekitar benjolan mengalami perubahan, seperti kemerahan atau peradangan, ini bisa menjadi tanda infeksi atau masalah lain.
  • Lipoma yang menghambat fungsi tubuh: Jika benjolan berada di lokasi yang mengganggu fungsi tubuh, misalnya, jika lipoma tekanan pada saraf atau struktur lain, pemeriksaan medis dapat diperlukan.
  • Alasan kosmetik: Beberapa orang mungkin memilih untuk mengangkat benjolan karena alasan kosmetik, terutama jika benjolan tersebut terletak di area yang terlihat dan mengganggu penampilan.

Jika kamu atau orang terdekat memiliki benjolan atau pertumbuhan yang mencurigakan di bawah kulit, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk penilaian lebih lanjut.

Sementara jika kamu ingin tahu lebih dalam mengenai lipoma, kamu bisa cek di sini: Mengenal Uci-Uci atau Lipoma, Benjolan Kecil di Pinggang.

Rekomendasi Dokter yang Bisa Mengatasi Lipoma

Ingat, hanya dokter yang dapat memberikan diagnosis yang tepat dan menentukan langkah-langkah pengobatan lipoma yang sesuai berdasarkan evaluasi medis.

Jika muncul benjolan atau pertumbuhan yang mencurigakan di bawah kulit, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk penilaian lebih lanjut.

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis bedah yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun.

Mereka juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Ini daftarnya:

1. dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS

Dokter H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS adalah spesialis bedah umum yang mendapatkan gelarnya dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2005 dan 2018.

Saat ini, dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS melakukan praktik di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, dan terdaftar dalam Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Ia memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 19 tahun, sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk berkonsultasi dengannya di Halodoc seputar pengobatan lipoma. 

Chat dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B

Rekomendasi dokter spesialis bedah umum yang bisa kamu hubungi untuk penanganan lipoma adalah dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B.

Dokter Rachdithia lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas UPN Veteran Jakarta pada 2012 dan Universitas Syiah Kuala 2022.

Saat ini, ia berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan termasuk anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Berbekal pengalaman selama 12 tahun, dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang prosedur bedah untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk lipoma.

Nah, Ini Tindakan Medis untuk Hilangkan Lipoma.

Chat dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. AA Christedy Pramana Sp.B

Kamu juga bisa menghubungi dr. AA Christedy Pramana Sp.B yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2013 dan 2022.

Dokter  AA Christedy Pramana Sp.B saat ini berpraktik di Jembrana, Bali, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 11 tahun, dr. AA Christedy Pramana Sp.B bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait seputar perawatan lipoma, termasuk bagaimana prosedur operasinya. 

Chat dr. AA Christedy Pramana Sp.B mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Jangan tunda untuk menghubungi dokter supaya lipoma yang kamu alami tidak semakin parah.

Kamu pun tidak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
NHS UK. Diakses pada 2024. Lipoma.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Lipoma.
Everyday Health. Diakses pada 2024. What Is a Lipoma?
Verywell Health. Diakses pada 2024. An Overview of Lipoma

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan