Mata Malas

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Mata Malas

Mata malas atau disebut juga amblyopia adalah keadaan saat penglihatan tidak mencapai target optimal yang seharusnya (sesuai dengan usia dan intelegensinya) meskipun sudah dilakukan koreksi. Hal ini dapat bersifat bilateral maupun unilateral.

 

Gejala Mata Malas

Ketahui gejala dari mata malas yang harus diwaspadai, yaitu antara lain:

  1. Penurunan tajam penglihatan pada salah satu mata.
  2. Adanya fenomena crowding.
  3. Hilangnya sensitivitas kontras.
  4. Mata anisokor.
  5. Mata dapat mengalami fiksasi eksentrik.
  6. Penglihatan terhadap warna normal atau tidak terganggu.
  7. Penurunan daya akomodasi.
  8. EEG normal (atau dimaksudkan dengan tidak terdapat kelainan organik).

 

Penyebab dan Faktor Risiko Mata Malas

Mata malas dapat terjadi dengan atau tanpa disertai kelainan organik. Biasanya mata malas disebabkan oleh kurangnya rangsangan yang berfungsi untuk meningkatkan perkembangan penglihatan seseorang.

Faktor lain yang memicu adalah gangguan mata seperti katarak, astigmat, strabismus, atau suatu kelainan refraksi unilateral atau bilateral yang kronis dan tidak dikoreksi. Umur yang rentan adalah bayi hingga usia 6 bulan awal, ambliopia umumnya sudah tidak terjadi pada usia lebih dari 5 tahun.

 

Diagnosis Mata Malas

Diagnosis amblyopia dapat diketahui dari anamnesa keluhan, pemeriksaan fisik, dan beberapa pemeriksaan penunjang seperti uji crowding phenomena (menggunakan Snellen chart), uji density filter netral (uji penglihatan dengan menggunakan intensitas sinar yang direndahkan), uji worth’s four dot (untuk melihat fusi dan penglihatan stereosisi).

 

Penanganan Mata Malas

Terapi yang dapat diberikan pada pengidap mata malas berupa :

  1. Pengobatan antisupresi aktif dengan menyingkirkan faktor ambliopiagenik.
  2. Oklusi mata yang sehat.
  3. Penelasi dekat, Mata ambliopida dibiasakan melihat dekat dengan memberikan tambahan lensa +2,5D, sebaliknya mata normal diberikan atropin.
  4. Penelasi jauh, mata ambliopia dibiasakan untuk melihat jauh.
  5. Latihan ortoptik bila terjadi strabismus.

 

Pencegahan Mata Malas

Pencegahan terhadap mata malas adalah pada anak usia di bawah 5 tahun, perlu dilakukan pemeriksaan tajam penglihatan terutama bila memperlihatkan tanda-tanda juling (strabismus).

 

Kapan Harus ke Dokter?

Ketika kamu mengalami gejala mata malas dan mulai mengganggu penglihatan, segera temui dokter mata untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Penanganan yang tepat dapat meminimalisir akibat sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu di sini.