Rambut Sehat, Ini Cara Menghilangkan Ketombe yang Ampuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Mei 2023

“Ada berbagai cara menghilangkan ketombe selain menggunakan sampo khusus anti ketombe. Contohnya dengan memanfaatkan bahan alami seperti tea tree oil atau baking soda.”

Rambut Sehat, Ini Cara Menghilangkan Ketombe yang AmpuhRambut Sehat, Ini Cara Menghilangkan Ketombe yang Ampuh

Halodoc, Jakarta – Sebagai warga yang tinggal di negara tropis, sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit kepala. Pasalnya di cuaca yang cenderung panas ini kulit kepala menjadi lebih mudah berminyak dan akhirnya menyebabkan ketombe. 

Meskipun bukan masalah serius, tetapi ketombe dapat membuat tidak nyaman dan kurang percaya diri. Untuk itu, yuk ketahui cara menghilangkan ketombe dengan efektif.

Berbagai Cara Menghilangkan Ketombe

Ketombe dapat dibedakan menjadi ketombe kering dan basah. Ketombe kering terbentuk dari serpihan kulit kepala yang mengelupas dan berwarna putih.

Sementara ketombe basah merupakan serpihan kulit kepala yang telah menyatu dengan minyak dan kotoran. Keduanya sama-sama membuat kulit kepala gatal. Untuk menghilangkannya yuk coba ikuti tips berikut!

1. Menggunakan sampo anti ketombe

Cara menghilangkan ketombe tentunya dengan menggunakan sampo anti ketombe. Untuk mengatasi ketombe ringan, coba dulu menggunakan sampo dengan formula lembut untuk mengurangi minyak dan penumpukan sel kulit mati.

Akan tetapi jika tidak membantu, kamu bisa mencoba sampo anti ketombe dengan kandungan berikut:

  • Zinc pyrithione.
  • Salicylic acid.
  • Selenium sulphide.
  • Ketoconazole.
  • Coal tar.

Dalam menggunakan sampo anti ketombe sebaiknya tanyakan dulu kepada dokter atau baca petunjuk penggunaan, untuk mengetahui dosis yang tepat. Beberapa orang dapat menggunakan sampo sekitar dua hingga tiga kali seminggu. 

Sementara itu untuk orang dengan tipe rambut kering disarankan melakukan keramas lebih jarang, dan menggunakan kondisioner setelahnya agar kelembapan rambut dan kulit kepala tetap terjaga.

Ingat, terkadang sampo anti ketombe akan kehilangan keefektifannya setelah penggunaan beberapa kali. Jika sampo anti ketombe sudah tidak efektif lagi, cobalah ganti dengan sampo jenis lain. Apabila ketombe sudah berkurang, kurangi frekuensi penggunaan sampo anti ketombe, supaya tidak mengalami ketergantungan.

Untuk mengetahui cara memilih sampo anti ketombe yang tepat, silahkan kunjungi laman berikut, “Begini Cara Memilih Sampo yang Tepat untuk Menghilangkan Ketombe.”

2. Tea tree oil

Cara menghilangkan ketombe juga bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti tea tree oil. Tea tree oil atau minyak pohon teh dapat melawan masalah kulit seperti jerawat dan psoriasis.

Tea tree oil memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi yang dapat membantu meringankan gejala ketombe. Selain itu bahan alami ini juga bagus untuk mengatasi jamur tertentu yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik.

Namun, hal yang perlu kamu perhatikan, tea tree oil dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Karena itu, untuk mencegah iritasi, kamu bisa mencampur tea tree oil dengan beberapa tetes minyak kelapa sebelum oleskan langsung ke kulit kepala.

3. Baking soda

Selain dua hal di atas, cara menghilangkan ketombe juga bisa memanfaatkan baking soda. Baking soda dapat menjadi exfoliant lembut, yang mampu mengangkat sel kulit mati serta mengurangi kerak dan gatal. 

Baking soda juga memiliki sifat anti jamur yang bermanfaat untuk pengobatan ketombe. Untuk hasil terbaik, oleskan soda kue pada rambut yang masih basah, dan pijat ke kulit kepala. Diamkan selama 1–2 menit, lalu bilas dan lanjutkan keramas seperti biasa.

Gaya Hidup Sehat yang dapat Membantu Menghilangkan Ketombe

Selain perawatan dari luar, untuk mengatasi ketombe secara maksimal kamu sebaiknya juga melakukan perawatan dari dalam. Nah, caranya dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti:

  • Mengelola stres

Pada dasarnya stres dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, termasuk memicu produksi ketombe di kulit kepala. 

  • Konsumsi makanan sehat

Makanan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit termasuk kulit kepala. Untuk mencegah ketombe kamu bisa menerapkan pola makan sehat yang mencakup nutrisi vitamin B, zinc, dan jenis lemak tertentu.

  • Keramas sesuai dengan jenis kulit kepala

Sama seperti wajah kulit kepala juga memiliki berbagai tipe. Apabila kamu memiliki kulit kepala yang berminyak kamu bisa melakukan keramas setiap hari untuk mencegah ketombe.

Sedangkan untuk kulit kepala yang cenderung kering, kamu bisa keramas setiap dua atau tiga kali seminggu. Atau, kamu bisa keramas ketika merasa perlu membersihkan kulit kepala.

  • Batasi penggunaan produk penata rambut

Produk penata rambut seperti krim, gel, atau minyak rambut, dapat menumpuk di kulit kepala, sehingga menyebabkan kulit kepala menjadi lebih berminyak dan rentan berketombe.

Itulah cara menghilangkan ketombe yang bisa kamu aplikasikan di rumah. Apabila ketombe tidak kunjung reda bahkan setelah melakukan berbagai perawatan, sebaiknya segera tanyakan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Supaya lebih mudah, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk download Halodoc sekarang.

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. 10 Home Remedies to Get Rid of Dandruff Naturally.
Mayoclinic. Diakses pada 2023. Dandruff.
NHS. Diakses pada 2023. Dandruff.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan