Vaginismus

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Vaginismus

Vaginismus adalah kondisi medis yang ditandai dengan pengencangan otot-otot di sekitar Miss V secara tidak sadar ketika ada upaya untuk mempenetrasikan atau menyusupkan sesuatu ke dalam Miss V.

 

Gejala Vaginismus

Gejala yang timbul tergantung pada tingkat keparahan yang cukup beragam, mulai dari rasa sakit saat penetrasi, rasa sakit bahkan saat memasang tampon hingga kesulitan bernapas dan kejang otot saat penetrasi akibat ketakutan.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Vaginismus

Penyebab vaginismus bersifat multifaktorial. Namun vaginismus paling sering disebabkan oleh psikoseksual, dan juga dapat disebabkan adanya trauma pelecehan atau mendapatkan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), pernah melihat teman yang mengalami pemerkosaan, serta aborsi.

Diagnosis Vaginismus

Selain dari anamnesis dan gejala, dokter juga kemungkinan mencari tahu riwayat medis pengidap serta tes psikologis. Tujuannya untuk mengetahui penyebab kontraksi Miss V tersebut.

 

Pencegahan Vaginismus

Untuk pencegahan khusus belum ditemukan, namun dianjurkan untuk sebaiknya dilakukan konseling pra-nikah.   

 

Penanganan Vaginismus

Terdapat beberapa metode pengobatan, namun umumnya melibatkan kedua pasangan, mulai dari konsultasi dengan psikiater dan spesialis ginekologi, kemudian relaksasi dan pemanasan sebelum berhubungan intim, hingga penggunaan Miss V dilator jika terjadi masalah anatomis

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika keluhan serupa, segeralah periksakan diri ke dokter. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.