• Beranda
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Vaksin Rotavirus
  • Beranda
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Vaksin Rotavirus

Vaksin Rotavirus

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
vaksin-rotavirus-halodocvaksin-rotavirus-halodoc

Pengertian Vaksin Rotavirus

Vaksin rotavirus adalah salah satu jenis imunisasi tambahan untuk melindungi tubuh dari infeksi rotavirus. Virus ini menginfeksi usus dan menyebabkan diare pada bayi dan anak-anak.

Tujuan Vaksin Rotavirus

Tujuan utama pemberian vaksin ini adalah melindungi anak dari serangan diare akibat rotavirus. Penyakit tersebut bisa berbahaya karena diare berisiko tinggi menyebabkan dehidrasi. 

Manfaat Vaksin Rotavirus

Rotavirus merupakan virus yang menyerang saluran pencernaan dan menyebabkan penyakit gastroenteritis. Penyakit tersebut ditandai dengan diare dan muntah-muntah parah.

Rotavirus bisa bertahan hingga 10 hari sesudah gejala mereda. Selama sepuluh hari, virus akan dengan mudah menyebar pada anak-anak melalui tangan atau mulut. Jalur penularannya meliputi kontak fisik atau melalui makanan dan minuman yang diolah secara tidak higienis.

Kapan Harus Melakukan Vaksin Rotavirus?

Vaksin rotavirus umumnya diberikan pada usia 6-12 minggu. Ada dua jenis vaksin rotavirus, yaitu monovalen dan pentavalen. Berikut perbedaan keduanya:

1. Vaksin monovalen

Pemberiannya sebanyak 2 kali. Dosis pertama diberikan saat anak berusia 6–12 minggu. Dosis kedua diberikan dengan jarak minimal 4 minggu setelah vaksin sebelumnya atau paling lambat sebelum anak berusia 24 minggu.

2. Vaksin pentavalen

Bedanya dengan monovalen, vaksin pentavalen diberikan sebanyak 3 kali. Dosis pertama saat anak berusia 6–12 minggu, sedangkan dosis kedua dan ketiga diberikan dengan interval 4–10 minggu setelah vaksin sebelumnya. Dosis ketiga diberikan selambat-lambatnya di usia 32 minggu.

Prosedur Vaksin Rotavirus

Berbeda dengan vaksinasi lainnya, vaksin rotavirus diberikan melalui tetes mulut (oral), bukan dengan suntikan.

Tempat Melakukan Vaksin Rotavirus

Vaksin rotavirus bisa didapatkan di pusat pelayanan kesehatan, seperti posyandu, puskesmas, klinik atau rumah sakit. 

Hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc apabila punya pertanyaan lain seputar prosedur di atas.  Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
World Health Organization. Diakses pada 2022. Rotavirus.
American Academy of Pediatrics. Diakses pada 2022. Rotavirus Vaccine: What You Need to Know.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Vaccines and Preventable Diseases Rotavirus.