13 November 2018

Ketahui 5 Obat Alami untuk Edema Paru

Ketahui 5 Obat Alami untuk Edema Paru

Halodoc, Jakarta - Edema paru adalah berkumpul atau menumpuknya cairan pada organ paru-paru. Cairan ini terkumpul pada bagian kantung udara, membuat kamu sulit bernapas. Gangguan kesehatan ini terjadi karena masalah jantung, tetapi ada hal lain yang menyebabkan seseorang terserang edema paru.

Penyakit ini rentan menyerang lansia dan jarang terjadi pada dewasa muda. Selain sulit bernapas, gejala lain yang muncul seperti kelelahan, gelisah, kulit menjadi pucat, keluar keringat berlebih, kaki dan perut membengkak, hingga kehilangan kesadaran. Pada kondisi akut, gejala lain yang perlu diwaspadai berupa rasa nyeri pada bagian dada, terjadinya palpitasi atau detak jantung tidak beraturan, hingga napas tersengal.

Selain karena masalah jantung, edema paru bisa terjadi karena cedera pada paru-paru, infeksi virus, nyaris tenggelam, penggunaan obat-obatan, emboli paru, perubahan tekanan udara secara drastis, dan sindrom gagal napas akut. Namun, penyakit ini bisa ditangani secara alami. Berikut ini 5 obat alami untuk menyembuhkan edema paru yang bisa dicoba:

  • Teh Diuretik

Pertama adalah mengonsumsi teh yang bersifat diuretik atau meningkatkan jumlah air seni, sehingga cairan berlebih bisa dikeluarkan secara alami dari tubuh melalui urine. Beberapa jenis teh ini seperti teh bunga kamomil, teh adas, teh daun dandelion, teh kadarmom, teh jelatang, teh peterseli, dan teh chicory.

Konsumsi teh ini sebanyak 3 hingga 4 kali sehari bisa membantu meringankan gejala edema paru yang dialami. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter jika ingin menggunakan teh alami sebagai obat edema agar tidak terjadi komplikasi serius, terlebih jika dibarengi dengan konsumsi obat resep.

  • Konsumsi Sumber Makanan Antioksidan

Sifat antioksidan membantu memperkuat pembuluh vena mampu melegakan edema paru. Konsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan membantu mengurangi gejala penyakit ini. Kamu bisa menambahkannya dengan mengonsumsi suplemen ekstrak biji anggur atau bilberi. Kebutuhan ekstrak biji anggur adalah sebesar 360 miligram, dan ekstrak bilberi sebanyak 80 miligram.

  • Akupuntur

Obat alami edema paru berikutnya adalah akupuntur. Metode asal Tiongkok ini dilakukan dengan menusukkan jarum ke bagian tubuh tertentu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, akupuntur membuat aliran darah di seluruh tubuh bisa menjadi lebih lancar.

  • Terapi Pijat

Pijatan lembut mampu merangsang aliran darah dan mengeluarkan cairan yang berasal dari jaringan tubuh tertentu agar kembali ke limfa dan darah. Jenis pijat yang bisa dilakukan adalah Lymphatic Drainage (MLD) atau Lymph Drainage Therapy (LDT) yang membantu kelancaran kinerja sistem limfa dan menguatkan kekebalan tubuh. Tanyakan pada dokter mengenai terapi pijat ini lebih lanjut.

  • Ubah Gaya Hidup

Kamu wajib mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Kurangi berat badan apabila kamu mengalami obesitas, batasi asupan garam untuk mencegah komplikasi hipertensi, berhenti merokok karena itu membuat edema paru semakin memburuk. Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Kamu juga bisa langsung bertanya pada dokter mengenai obat alami edema paru. Gunakan aplikasi Halodoc untuk lebih memudahkan kamu ketika bertanya pada dokter. Aplikasi Halodoc ini bisa kamu download di ponsel melalui App Store atau Play Store.

Baca juga: