Ketahui 8 Langkah Mencegah Rambut Tumbuh ke Dalam

Rambut Tumbuh ke Dalam, rambut ikal

Halodoc, Jakarta - Rambut yang tumbuh ke dalam merupakan kondisi umum akibat pelepasan rambut. Rambut tumbuh ke dalam lebih umum dijumpai pada pria yang sering mencukur rambut pada wajah. Jika kamu enggak mau hal ini terjadi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini guna mencegah rambut tumbuh ke dalam!

Baca juga: 3 Cara Perawatan Rambut Tumbuh ke Dalam

Rambut Tumbuh Ke Dalam, Apa Maksudnya?

Rambut tumbuh ke dalam merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan rambut yang tidak tumbuh ke luar lapisan kulit. Hal ini biasanya terjadi setelah mencukur atau mencabut bulu pada kulit. Rambut tumbuh ke dalam ini juga kerap dialami oleh orang yang memiliki jenis rambut keriting atau ikal.

Tidak hanya pada laki-laki, perempuan juga bisa mengalami rambut tumbuh ke dalam. Rambut tumbuh ke dalam bisa saja membaik tanpa melakukan perawatan khusus. Namun, hal tersebut bisa saja menimbulkan gatal, mengganggu penampilan, serta dapat memicu peradangan di area sekitarnya.

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Rambut Tumbuh ke Dalam

Rambut tumbuh ke dalam paling sering dialami oleh pria di area wajah, seperti pada dagu, pipi, dan leher. Pria yang rutin mencukur kepala juga bisa saja mengalami hal ini. Sedangkan pada wanita, rambut tumbuh ke dalam biasanya terjadi pada ketiak, selangkangan, dan kaki. Kondisi ini dapat ditandai dengan luka kecil yang menyerupai bintik yang berisi nanah, rasa gatal dan nyeri, serta kulit menggelap pada area tumbuhnya rambut.

Baca juga: Ketahui Kondisi yang Sebabkan Rambut Tumbuh ke Dalam

Ini Penyebab Terjadinya Rambut Tumbuh Ke Dalam

Rambut tumbuh ke dalam dipengaruhi oleh struktur tumbuhnya arah rambut, seperti folikel yang melengkung yang mengakibatkan bentuk rambut ikal. Mencukur juga bisa jadi penyebab terjadinya kondisi ini, karena ujung-ujung rambut akan menjadi tajam, terutama ketika rambut dicukur dalam keadaan kering dan tidak basah.

Beberapa hal yang bisa jadi faktor pemicu terjadinya kondisi ini, antara lain:

  • Memiliki tekstur rambut yang ikal.

  • Melakukan peregangan kulit saat mencukur. Hal ini akan menarik rambut yang terpotong ke arah dalam kulit.

  • Melakukan pencabutan rambut dengan pinset. Hal ini akan menyebabkan tertinggalnya fragmen rambut di bawah lapisan kulit.

Begini Langkah Pencegahan Rambut Tumbuh Ke Dalam

Guna mencegah rambut tumbuh ke dalam, kamu bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Lakukan tes pada kulit sebelum melakukan waxing. Bahan yang digunakan untuk waxing bisa saja mengiritasi kulit.

  2. Gunakan pisau cukur yang tajam, karena penggunaan alat cukur yang tumpul dapat menyebabkan rambut tersisa dan tumbuh ke dalam.

  3. Gunakan krim atau gel sebelum mencukur agar rambut menjadi lembut dan mudah dicukur.

  4. Bersihkan area yang ingin dicukur dengan air hangat dan sabun muka.

  5. Jangan meregangkan kulit saat sedang dicukur.

  6. Cukur rambut searah dengan tumbuhnya rambut.

  7. Bilas alat pencukur setiap satu gerakan mencukur.

  8. Jangan lupa untuk bersihkan kulit setelah dicukur dengan losion atau sabun.

Baca juga: Bahayakah Rambut yang Tumbuh ke Dalam?

Nah, jika kamu menemukan kendala dalam menjalani langkah-langkah di atas, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!