09 April 2018

6 Tips Merawat Rambut Keriting

6 Tips Merawat Rambut Keriting

Halodoc, Jakarta – Punya rambut keriting memang unik, karena terlihat berbeda dari kebanyakan wanita Indonesia yang rata-rata memiliki rambut lurus. Namun, pemilik rambut keriting biasanya memiliki masalah dalam merawat dan menata rambutnya. Merawat rambut keriting memang tidak sesederhana merawat rambut lurus karena jenis rambut keriting mudah mengembang seperti rambut singa. Perlu kesabaran dan ketelatenan yang ekstra untuk bisa mendapatkan rambut rapi. Berikut adalah 6 tips yang bisa kamu coba agar rambut keriting alami kamu selalu terlihat cantik dan rapi.

  1. Pakai Sampo Khusus

Sheri Harbinger, VP Education of DevaCurl, produsen produk perawatan rambut ikal menyarankan agar pemilik rambut keriting tidak menggunakan sampo biasa untuk keramas. Sampo biasa mengandung sulfat, bahan detergen penghasil busa yang membuat rambut jadi kering. Padahal rambut keriting umumnya cenderung kering dan rapuh. Jadi, gunakanlah sampo bebas sulfat (sulphate free) dan kondisioner saat keramas (Baca juga: 3 Tips Pilih Sampo Sesuai Jenis Rambut). Setelah keramas, jangan mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosoknya dengan handuk. Tapi, cukup tekan-tekankan rambut yang basah secara lembut dengan menggunakan handuk, agar tekstur keriting tidak berantakan.

  1. Jangan Sering-sering Keramas

Meski demikian, kamu yang punya rambut keriting sebaiknya jangan sering-sering keramas. Cucilah rambut minimal 1-2 kali dalam seminggu agar rambut keritingmu tidak semakin kering. Kalau sulit, cobalah keramas tapi hanya dengan menggosokkan sampo bebas sulfat ke kulit kepala saja. Saat dibilas, sampo akan turun ke batang dan ujung rambut, dan itu sudah cukup untuk membersihkan rambut. Jangan lupa, gunakan kondisioner setelah mencuci rambut.

  1. Usahakan Jangan Disisir

Kalau rambut keriting disisir, maka tekstur rambut akan hancur dan rambut bisa mengembang dan susah ditata. Jadi, usahakan jangan menyisir rambut keriting. Agar tidak kusut, kamu bisa “menyisir” rambut dengan jari-jari tangan atau dengan menggunakan sisir bergigi jarang saat rambut masih basah. Setelah keramas, gunakan kondisioner, dan saat rambut lembap oleh kondisioner, sisirlah rambut perlahan-lahan. Bilas rambut dan keringkan secara alami tanpa menggunakan hairdryer.

  1. Hindari Penggunaan Hairdryer

Hembusan angin panas dari hairdryer bisa membuat rambut keritingmu jadi mengembang berantakan. Tapi kalau kamu sedang buru-buru, dan ingin menggunakan hairdryer agar rambutmu bisa kering dengan cepat, gunakan diffuser berbentuk corong yang dipasang di mulut hairdryer. Corong ini membantu agar angin yang keluar dari hairdryer tidak terlalu kencang, sehingga rambut keritingmu bisa tetap rapi.

  1. Hindari Produk Penata Rambut yang Mengandung Silikon

Kebanyakan produk tata rambut menggunakan bahan silikon yang bermanfaat untuk membuat rambut tampak lebih berkilau. Namun, sebenarnya penggunaan bahan ini tidak dianjurkan, karena menurut Sheri, bahan silikon akan menutup lapisan luar rambut sehingga kelembaban tidak mampu menembus sampai ke korteks rambut. Akibatnya, rambut keritingmu bisa semakin lebih kering. Jadi, ketika memilih produk tata rambut, perhatikan kandungan bahan yang ada dalam produk tersebut. Kalau produk itu mengandung bahan yang akhiran katanya terdapat kara cone (seperti silicone, dimethicone), conol (seperti dimethiconol), siloxane (seperti cyclopentasiloxane), itu berarti produk tersebut mengandung silikon.

  1. Jaga Rambut Saat Tidur

Sebel karena setiap habis bangun tidur, rambut keriting kamu berubah menjadi berantakan, mengembang dan bentuknya acak-acakan? Bisa jadi itu karena saat tidur rambut bergesekan dengan sarung bantal. Agar rambut tetap indah ketika bangun tidur di pagi hari, gunakan sarung bantal dari kain yang licin seperti satin ataupun sutra. Begitu juga kalau kamu mengenakan topi. Lapisi bagian dalam topi dengan kain yang licin, agar saat topi dibuka, rambut keriting tidak menjadi berantakan.

Itulah beberapa tips agar rambut keritingmu tetap sehat dan indah. Kalau kamu punya masalah dengan rambut dan bingung bagaimana cara mengatasinya, bicarakan saja dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membeli berbagai macam produk kesehatan dan suplemen yang kamu butuhkan di Halodoc. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.