• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Berbagai Gerakan untuk Mengecilkan Perut Buncit

Ketahui Berbagai Gerakan untuk Mengecilkan Perut Buncit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui Berbagai Gerakan untuk Mengecilkan Perut Buncit

“Selain dengan mengatur pola makan menjadi lebih sehat, mengecilkan perut buncit juga bisa dilakukan dengan beberapa gerakan olahraga. Gerakan-gerakan ini secara umum akan menguras energi sehingga memungkinkan lemak perut pun terkikis. Kamu bisa merasakan efeknya setelah beberapa lama latihan rutin.”

Halodoc, Jakarta – Saat seseorang ingin menurunkan berat badan, salah satu tujuan utamanya adalah mengecilkan perut buncit yang mereka miliki. Lagi pula, siapa yang tidak ingin bisa mengenakan pakaian tanpa harus menahan perut? Sebagai tambahan, menghilangkan lemak perut adalah cara yang pasti untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Banyak penelitian yang telah menghubungkan ukuran pinggang yang lebih besar dengan penyakit jantung, diabetes, dan bahkan beberapa jenis kanker. Oleh karena itu, jika kamu ingin mengecilkan perut buncit, berikut ini ada beberapa gerakan yang bisa kamu coba di rumah! 

Baca juga: Bahaya Perut Buncit untuk Kesehatan

Gerakan untuk Mengecilkan Perut Buncit

Berikut ini adalah beberapa gerakan yang bisa membantu kamu melunturkan lemak untuk mengecilkan perut buncit:

Burpee

burpee

Untuk melakukannya, berdirilah dengan kaki selebar bahu dan dorong pinggul ke belakang saat menurunkan tubuh ke lantai dalam posisi jongkok rendah. Kemudian, letakkan tangan tepat di luar kaki dan lompatkan kaki ke belakang, biarkan dada menyentuh lantai. Dorong tangan ke lantai untuk mengangkat tubuh ke atas plank, dan kemudian lompatkan kaki tepat di luar tangan. Dengan menopang berat badan di tumit, lompatlah dengan eksplosif ke udara dengan tangan di atas kepala.

Mountain Climber 

mountain climber

Gerakan selanjutnya untuk mengecilkan perut buncit adalah mountain climber. Masuk ke posisi plank tinggi dengan pergelangan tangan tepat di bawah bahu. Jaga agar area inti tetap kencang, tarik area sekitar pusar ke arah tulang belakang. Dorong lutut kanan ke arah dada dan kemudian bawa kembali ke posisi plank. Kemudian, gerakkan lutut kiri ke arah dada dan tarik kembali. Lanjutkan ke sisi lainnya.

Russian Twists

russian twist

Coba duduk tegak di lantai dengan lutut ditekuk dan kaki terangkat dari lantai. Pegang bola dengan tangan setinggi dada. Condongkan tubuh ke belakang dengan tulang belakang yang panjang dan tinggi, pegang tubuh pada sudut 45 derajat, dan jauhkan lengan beberapa inci dari dada. Dari sini, putar badan ke kanan, jeda, lalu putar badan ke kiri dan jeda. Gerakan harus berpusat dari tulang rusuk dan bukan lengan.

Baca juga: Cara Mudah Mengecilkan Perut dengan Berjalan Kaki 

Joging dan Lari Cepat Bergantian

jogging dan lari cepat

Kamu bisa menggunakan treadmill untuk melakukan gerakan mengecilkan perut buncit ini. Gerakan ini dilakukan selama lima hingga 10 menit. Pertahankan joging selama lima hingga 10 menit lagi, lalu tingkatkan kecepatan lagi dan mulailah berlari. Kamu tidak harus melakukan sprint, tetapi harus cukup kencang sehingga kamu tidak dapat berbicara saat berlari. Luangkan waktu lima menit untuk berlari, lalu turunkan langkah dan kembali ke joging. Lanjutkan bergantian dengan lima hingga 10 menit joging, dan lima hingga 10 menit berlari selama 30 hingga 45 menit.

HIIT (High Intensity Interval Training) 

HIIT

Setelah 10 menit pemanasan, coba habiskan 30 detik untuk melakukan repetisi sebanyak mungkin seperti squat, push-up, mengayun kettlebell, atau baris lengan tunggal. Kemudian, istirahatlah selama 30 detik dan lakukan latihan yang berbeda selama 30 detik lagi. Lanjutkan selama 10 kali. Pilih salah satu latihan favorit dan pastikan kamu bergantian di antara latihan yang melatih kelompok otot yang berbeda, yang akan membantu otot tertentu pulih saat kamu melatih yang lain.

Baca juga: 6 Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori 

itulah lima latihan untuk mengecilkan perut buncit yang bisa dicoba. Namun, jika kamu ingin tahu tips lain untuk mengecilkan perut buncit, kamu bisa tanyakan pada dokter di Halodoc. Dokter mungkin punya saran khusus yang bisa kamu lakukan. Ambil smartphone-mu sekarang dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter kapan dan di mana saja!

Referensi:
Men’s Health. Diakses pada 2021. 16 Exercises to Help You Lose Belly Fat.
NDTV. Diakses pada 2021. These Simple And Effective Exercises Can Help Melt Belly Fat Within No Time!.
Prevention. Diakses pada 2021. 15 Best Exercises to Burn Belly Fat, According to Personal Trainers.