• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Berbagai Manfaat yang Ada dalam Buah Rambutan

Ketahui Berbagai Manfaat yang Ada dalam Buah Rambutan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Berbagai Manfaat yang Ada dalam Buah Rambutan

“Dengan rasa yang manis dan lembut, tidak sulit bagi buah rambutan untuk disukai banyak orang. Namun, di balik rasanya yang enak, buah ini kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin C, magnesium, potasium, dan antioksidan. Ini membuat buah rambutan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Di balik kulit yang keras dan tampilan yang mirip bulu babi, buah rambutan memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Tak hanya itu, buah ini juga kaya akan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan.

Rambutan adalah buah kaya akan karbohidrat yang menyediakan mangan, tembaga, vitamin C, magnesium, dan potasium. Seperti kebanyakan buah dan sayuran lain, rambutan juga hampir bebas lemak dan natrium. Jadi, buah ini bisa dibilang merupakan salah satu pilihan camilan yang sehat.

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Selain vitamin dan mineral, buah rambutan menyediakan beberapa polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Secara umum, berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi buah rambutan untuk kesehatan:

1. Menurunkan Risiko Diabetes

Seringkali, pengidap diabetes percaya bahwa buah-buahan terlalu manis untuk dimasukkan ke dalam pola makan sehari-hari. Namun, buah rambutan menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan jumlah gula yang relatif rendah.

Hal ini jika dibandingkan dengan makanan manis atau makanan olahan lainnya. Namun, perlu diingat bahwa penderita diabetes harus menghindari buah yang dikemas dalam sirup atau dengan pemanis tambahan.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal PLOS Medicine pada 2017 meneliti kaitan antara konsumsi buah dan risiko diabetes. Selama 7 tahun, para peneliti mengamati 500.000 orang dewasa di Cina, dan menemukan bahwa konsumsi buah yang lebih tinggi dapat menurunkan risiko diabetes.

2. Mendukung Pencegahan Kanker

Rambutan mengandung beberapa antioksidan, yaitu antosianin, senyawa fenolik, dan senyawa metanol. Meskipun tidak ada penelitian jangka panjang pada manusia yang mengkonfirmasi efek anti-kanker rambutan, antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran telah lama dikaitkan dengan pencegahan kanker.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Pengeroposan tulang seringkali tidak dapat dihindari seiring bertambahnya usia. Namun, makan sehat dan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi risiko dan tingkat keparahan masalah ini.

Asupan buah yang lebih tinggi, seperti buah rambutan, juga dapat bantu jaga kepadatan mineral tulang. Hal ini kemungkinan karena efek potasium yang terkandung dalam buah ini.

4. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Pola makan tinggi buah-buahan dapat mendukung retensi tulang, serta mencegah batu ginjal. Bentuk paling umum dari batu ginjal mengandung kalsium. Lebih besar konsumsi potasium melalui buah-buahan seperti buah rambutan meningkatkan resorpsi kalsium dalam ginjal.

5. Memelihara Kesehatan Jantung

Seperti banyak buah-buahan lain, buah rambutan juga memiliki profil nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Rambutan menyediakan potasium (yang menurunkan tekanan darah) bersama dengan serat penurun kolesterol. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah ini juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang merusak arteri dari waktu ke waktu.

Itulah pembahasan mengenai manfaat buah rambutan untuk kesehatan tubuh. Dapat diketahui bahwa buah ini tak kalah menyehatkan jika dibandingkan buah-buahan lainnya. Jadi, jangan lupa untuk menjadikannya camilan sehat dalam pola makan sehari-hari, ya.

Tentu saja, diimbangi juga dengan variasi makanan sehat lainnya juga. Bila perlu, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin dan suplemen untuk jaga daya tahan tubuh. Agar mudah, download aplikasi Halodoc saja untuk cek kebutuhan vitamin dan suplemen kamu tanpa keluar rumah.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
PLOS Medicine. Diakses pada 2021. Fresh Fruit Consumption In Relation To Incident Diabetes And Diabetic Vascular Complications: A 7-y Prospective Study Of 0.5 Million Chinese Adults.
Healthline. Diakses pada 2021. Rambutan: A Tasty Fruit With Health Benefits.
Very Well Fit. Diakses pada 2021. Rambutan Nutrition Facts and Health Benefits.