30 May 2018

Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Minyak kelapa adalah kepala yang disarikan dengan beragam kandungan manfaatnya. Penggunaan minyak kelapa sendiri telah dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu untuk beragam keperluan kesehatan.

Manfaat minyak kelapa diantaranya adalah untuk perawatan kecantikan seperti melembabkan dan mencerahkan kulit, serta menghilangkan jerawat. Minyak kelapa juga dapat membantu menyehatkan jantung serta mendengalikan kadar gula dalam darah.

Selain manfaat tersebut, masih ada lima manfaat minyak kelapa yang sebaiknya kamu tahu. Apa saja? Yuk, simak ulasannya.

  1. Menurunkan Tingkat Stres

Dengan sifatnya yang menyejukkan, minyak kelapa mampu menurunkan tingkat stres yang dialami oleh seseorang. Bagaimana caranya? Kamu cukup mengusapkan minyak tersebut ke kepala dan lakukan pijatan dengan lembut.

  1. Membantu Proses Penyembuhan

Jika kamu mengalami infeksi (baik terhadap udara, bakteri, atau virus), proses penyembuhan bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak kelapa pada daerah yang mengalami infeksi luka. Sebab, minyak kelapa telah terbukti efektif untuk mempercepat proses perbaikan jaringan yang mengalami kerusakan.

  1. Meningkatkan Energi

Kandungan kalori yang dimiliki minyak kelapa sangat cocok untuk meningkatkan energi. Itu sebabnya beberapa atlet, binaragawan, serta orang yang menjalani diet menggunakan minyak kelapa untuk meningkatkan energi. Selain itu, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk meningkatan sistem kekebalan tubuh.

  1. Membantu Pengobatan HIV dan Kanker

Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menurunkan tingkat kerentanan terhadap Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan kanker. Pasalnya, minyak kelapa memiliki kemampuan untuk mengurangi jumlah HIV dalam darah (viral load) bagi pengidapnya.

  1. Mengobati Infeksi Candidiasis

Salah satu jenis jamur yang bisa menyebabkan infeksi adalah Candida albicans. Infeksi dari jamur ini dikenal sebagai Candidiasis, yaitu jenis infeksi jamur yang menyerang daerah mulut, perut, kulit, serta alat kelamin. Untuk mengobatinya, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke daerah yang mengalami infeksi. Sebab, minyak kelapa mengandung asam kaprat, asam kaprilat, asam kaproat, asam miristat, serta asam laurat yang berfungsi untuk menghilangkan Candida albicans. Agar hasilnya maksimal, minyak kelapa harus diberikan secara konsisten dan rutin.

Jika kamu mengalami masalah saat proses pengobatan infeksi, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Baca juga: Miliki Banyak Manfaat, Ini Cara Terbaik Mengolah Minyak Zaitun