30 November 2018

Ketahui Cara Pencegahan Tinea Cruris

Ketahui Cara Pencegahan Tinea Cruris

Halodoc, Jakarta – Tinea cruris adalah infeksi jamur di daerah selangkangan yang disebabkan oleh sejenis jamur yang disebut dermatofita. Sebagian orang mengira infeksi itu tampak seperti ada cacing di bawah kulit, padahal sebenarnya tidak ada cacing yang benar-benar terlibat.

Jamur umumnya ditemukan di permukaan kulit dan kuku yang biasanya cukup berbahaya. Dalam kondisi tertentu, jamur ini dapat berkembang biak secara dramatis sehingga menyebabkan iritasi dan kerusakan jaringan di permukaan.

Dermatofita suka tumbuh di kulit yang lembap dan hangat serta berkembang di area di mana kulit bersentuhan dengan kulit lain, seperti selangkangan atau di antara jari-jari kaki. Pria yang kelebihan berat badan lebih cenderung mengembangkan tinea cruris jika mereka banyak berkeringat atau memiliki lipatan kulit yang saling menyentuh. Pakaian ketat dan panas juga cuaca lembap adalah faktor risiko lainnya.

Infeksi akibat tinea cruris bisa menyebabkan bintik-bintik bersisik, gatal, merah atau merah muda di daerah selangkangan yang biasanya di sekitar lipatan paha atas. Penyebarannya bahkan bisa sampai ke anus dan menyebabkan gatal dan ketidaknyamanan.

Berikut adalah cara pencegahan tinea cruris yang perlu diketahui seperti:

  1. Menjaga area selangkangan tetap kering

Pastikan kamu benar-benar mengeringkan kemaluan dan area paha bagian dalam dengan handuk bersih setelah mandi, berenang, atau berolahraga.

  1. Kenakan pakaian yang pas

Pakaian yang ketat bisa menyebabkan lecet dan dapat mengiritasi kulit sehingga membuat kamu lebih rentan terhadap gatal-gatal tinea cruris.

  1. Hindari penyebarannya

Jika saat ini kamu mengalami tinea cruris di kaki, pastikan untuk mengenakan kaus kaki sebelum pakaian dalam untuk mencegah penyebaran jamur ke area selangkanganmu.

  1. Jangan berbagi perangkat pribadi

Pastikan kamu untuk tidak menggunakan pakaian, handuk, atau barang pribadi orang lain demikian sebaliknya. Perpindahan jamur dapat dengan cepat terjadi terutama kalau saling berbagi barang pribadi.

  1. Kenakan pakaian bersih

Sangat penting untuk mengganti celana dalammu setidaknya satu kali sehari, atau lebih sering jika kamu intens berolahraga atau sering berkeringat.

Faktor Makanan

Selain dari lingkungan, faktor makanan juga dapat mengembangkan pertumbuhan  tinea cruris. Diet yang bermanfaat dapat membantu mengurangi sensasi gatal dan penyebaran jamur. Beberapa manfaat yang disarankan buat pengidap tinea cruris adalah diet rendah karbohidrat, meningkatkan konsumsi protein melalui daging unggas, konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian, telur, yoghurt hidup, sayuran terutama bawang putih yang merupakan anti-jamur.

Ada baiknya kamu juga mengurangi jenis makanan tertentu, seperti cokelat, permen, jamur, keju tua, gandum dan biji-bijian glutinous lainnya, buah-buahan kering, cuka dan makanan yang difermentasi, alkohol, serta makanan yang dipanggang dan yang mengandung ragi.

Menerapkan pola makan sehat dapat mengurangi pertumbuhan jamur serta sensasi gatalnya. Walaupun begitu, tidak ada salahnya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang terarah dan penyembuhan yang cepat.

Sebenarnya selain penggunaan obat yang disarankan dokter, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan lebih natural. Cuka sari apel dapat bertindak sebagai agen antibakteri dan bisa menjadi pilihan bagus untuk penyembuhan gatal karena tinea cruris.

Campurkan cuka sari apel dan air ke dalam botol semprot. Kamu dapat menyimpannya di dalam lemari es untuk memberikan efek pendinginan yang lebih menyamankan ketika disemprotkan ke kulit yang meradang.

Kamu juga bisa menggunakan campuran oatmeal dan garam sebagai salah satu alternatif penyembuhan. Penggunaannya adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut ke dalam bak mandi yang diisi air hangat.

Lalu, rendam tubuh ke bak mandi selama sekitar 20 menit. Pastikan airnya tidak terlalu panas karena air panas dapat menyebabkan kulit gatal dan iritasi lebih lanjut. Sebagai sensasi aroma, kamu bisa menambahkan 10—20 tetes minyak lavender.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai tinea cruris serta pencegahan lebih lanjut, kamu bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk ibu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: