• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Golongan Darah dari yang Umum Hingga yang Langka

Ketahui Golongan Darah dari yang Umum Hingga yang Langka

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Golongan Darah dari yang Umum Hingga yang Langka

“Darah ternyata menyimpan banyak keunikan. Salah satunya adalah terdapatnya sel di dalam darah yang mengandung antigen (sejenis protein). Antigen inilah yang membuat darah bisa dikelompokkan menjadi golongan berbeda atau lebih dikenal dengan golongan darah.”

Halodoc, Jakarta - Mungkin, kamu hanya mengenal empat jenis golongan darah, yaitu A, B, AB, dan O. Namun, ternyata, ada pula lho, golongan darah yang paling langka di dunia. Mengapa bisa begitu, ya?

Ternyata, ini karena dari total 33 sistem golongan darah, hanya ada dua yang digunakan secara luas, yaitu sistem ABO dan Rh-positif atau Rh-negatif. Lalu, kedua sistem ini membentuk beberapa golongan darah dasar. Namun, penyebarannya tidak merata sehingga beberapa ada jenis yang masuk ke dalam kategori golongan darah yang langka.

Baca juga: Golongan Darah Bisa Tentukan Jodoh?

Rh-null Jadi Jenis Golongan Darah Paling Langka di Dunia

Ternyata, ada satu jenis golongan darah yang paling langka dari semua jenis yang ada. Jenis golongan darah ini adalah Rh-null yang kerap disebut "Golden Blood". Menurut data yang ada, ternyata hanya ada 43 orang di dunia yang memiliki golongan darah ini. Pertanda dari Rh-null adalah kurangnya antigen dalam sistem Rh yang merupakan sistem golongan darah terbesar.

Lalu, bagaimana dengan golongan darah lainnya? Apakah ada lagi yang termasuk langka selain golongan darah Rh-null? Berikut ini urutan jenis golongan darah dari yang paling umum hingga yang paling langka:

  • Golongan Darah O+

Menurut data American Red Cross, golongan darah O+ adalah yang paling umum di dunia dengan angka 38,67 persen populasi dunia. Orang yang memiliki jenis golongan darah ini dapat melakukan transfusi ke semua golongan darah dengan Rh positif lainnya, seperti A+, B+, dan AB+. Namun, hanya bisa menerima transfusi darah dari O+ dan O-.

  • Golongan Darah A+

Setelah O+, golongan darah A+ adalah jenis yang paling mudah ditemukan, dengan jumlah sekitar 27,42 persen dari populasi dunia. Jenis golongan darah ini hanya dapat memberi transfusi ke A+ dan AB+, serta menerima transfusi dari A+, A-, O+, dan O-. Meski begitu, donor dari seseorang dengan golongan darah ini selalu diterima untuk disimpan saat keadaan darurat terjadi.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Bedanya Golongan Darah dan Rhesus Darah

  • Golongan Darah B+

Urutan ketiga ada golongan darah B+ dengan jumlah sekitar 22 persen dari populasi dunia. Jenis golongan darah ini hanya dapat melakukan transfusi ke golongan darah B+ dan AB+, serta menerima transfusi dari golongan darah B+, B-, O+, dan O-. Meski begitu, golongan darah ini sering digunakan untuk mengobati seseorang yang mengidap penyakit sel sabit dan talasemia saat membutuhkan transfusi secara teratur.

  • Golongan Darah AB+

Cukup langka dibanding B+, jenis golongan darah AB+ memiliki persentase sekitar 5,88 persen dari populasi dunia. Jenis golongan darah ini dapat menerima transfusi dari semua jenis golongan darah, tetapi hanya bisa melakukan transfusi ke pemilik golongan darah yang sama. 

Selain itu, plasma darah dari golongan AB dari Rh negatif maupun positif selalu diterima karena dapat didonorkan ke semua jenis darah. Namun, plasma beku yang segar hanya dapat diproduksi dari donor laki-laki, karena jika berasal dari perempuan dapat mengembangkan antibodi yang berbahaya.

  • Golongan Darah O-

Golongan darah O- dimiliki sekitar 2,55 persen populasi dunia. Meski dapat melakukan transfusi ke semua jenis golongan darah, orang bergolongan darah O- hanya bisa menerima transfusi dari golongan darah yang sama. Golongan darah ini disebut juga sebagai donor universal sehingga menjadi darah yang paling berharga di dunia dan biasanya diberikan saat golongan darah penerima tidak diketahui.

Selain itu, golongan darah O- dengan CMV negatif lebih istimewa lagi karena darahnya aman untuk diberikan pada bayi. CMV adalah virus yang mirip dengan flu dan kebanyakan orang dewasa telah terpapar paling tidak sekali selama hidupnya. Antibodi dari virus tersebut tetap berada di dalam darah selamanya menjadi antivirus.

  • Golongan Darah A-

Golongan darah A- dapat melakukan transfusi ke golongan darah A-, A+, AB-, dan AB+. Namun, golongan darah yang tersebar sekitar 1,99 persen dari populasi dunia ini hanya bisa menerima transfusi dari golongan darah A- dan O-. Memang, seseorang dengan jenis darah ini tidak dapat mendonorkan darah dan plasmanya ke sembarang orang, tetapi darah A sangat berharga sebagai donor trombosit universal dan A- platelet dapat diberikan pada semua golongan darah.

  • Golongan Darah B-

Masuk ke daftar tiga besar jenis golongan darah langka di dunia, ada golongan darah B-, dengan persentase 1,11 persen dari populasi manusia. Jenis golongan darah ini dapat menerima transfusi dari B- dan O-, serta melakukan transfusi ke B-, B+, AB-, dan AB+. Disebutkan jika hanya 1 dari 50 orang pendonor darah B- sehingga pasokan darahnya selalu diminati untuk memastikan pasokan yang ada selalu stabil.

Baca juga: Perlu Tahu, Inilah Hubungannya Infeksi dengan Golongan Darah

  • Golongan Darah AB-

Jika mengacu pada sistem golongan darah ABO, golongan darah AB- bisa dibilang yang paling langka. Ini karena jenis golongan darah ini hanya dimiliki oleh 0,36 persen orang di seluruh dunia. Dalam hal transfusi, golongan darah AB- dapat memberi ke AB- dan AB+, serta menerima transfusi dari AB-, A-, B-, dan O-.

  • Rh-null

Seperti dibahas di awal tadi, jenis golongan darah Rh-null adalah paling langka di dunia. Hingga saat ini, baru ada 43 orang yang dilaporkan memiliki golongan darah ini. Selain kelangkaannya, golongan darah ini dapat ditransfusikan ke semua jenis golongan darah. Namun, orang dengan golongan darah Rh-null hanya bisa menerima transfusi darah dari jenis golongan darah yang sama. 

Jika masih ada yang ingin kamu ketahui soal golongan darah, kamu bisa langsung bertanya pada dokter profesional dari Halodoc. Hanya dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan. Sudah punya aplikasinya?

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. What’s the Rarest Blood Type?
Rarest.org. Diakses pada 2021. 9 Rarest Blood Types in the World.