Ini 4 Pentingnya Cek Golongan Darah

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Januari 2023

“Ada berbagai alasan pentingnya melakukan cek golongan darah. Salah satunya menghindari risiko komplikasi kehamilan karena rhesus yang berbeda antara ibu dan janin.”

Ini 4 Pentingnya Cek Golongan DarahIni 4 Pentingnya Cek Golongan Darah

Halodoc, Jakarta –   Informasi mengenai golongan darah sangat penting diketahui, jika sesuatu terjadi yang membutuhkan transfusi darah, dapat dengan mudah dilakukan. Transfusi darah yang tidak sesuai dapat membahayakan keselamatan jiwa. 

Jika golongan darah tidak cocok, sistem kekebalan tubuh akan melihat sel darah merah yang disumbangkan sebagai benda asing. Informasi selengkapnya mengenai pentingnya cek golongan darah bisa dibaca di sini!

Pentingnya Cek Golongan Darah

Golongan darah ditentukan oleh jenis gula atau antigen yang terdapat di permukaan sel darah merah. Antigen ditentukan dari kombinasi gen orang tua. 

Penentuan golongan darah, apakah A, B, AB atau O tergantung pada apakah kamu memiliki atau tidak memiliki antigen tertentu. Ketentuannya adalah sebagai berikut:

  • Semua darah memiliki basis antigen O.
  • Golongan darah A memiliki antigen A pada sel darah merah.
  • Golongan darah B memiliki antigen B pada sel darah merah.
  • Golongan darah AB memiliki antigen A dan B pada sel darah merah.
  • Golongan darah O tidak memiliki antigen A atau B pada sel darah merah.

Faktor rhesus (Rh) juga membuat golongan darah seseorang menjadi berbeda dari lainnya. Rhesus adalah kadar protein khusus (antigen D) yang juga berada di permukaan sel darah merah. 

Lantas, apa pentingnya cek golongan darah?

1. Untuk kelengkapan medis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, alasan paling penting untuk mengetahui golongan darah adalah jika terjadi situasi darurat yang membuatmu membutuhkan transfusi darah. 

Kamu memerlukan darah yang kompatibel, soalnya golongan darah yang tidak cocok dapat menyebabkan sel darah menggumpal yang bisa berakibat fatal. Selain itu, cek golongan darah juga dapat membantu memprediksi konsentrasi protein tertentu dalam aliran darah, yang menjadi indikasi penyakit tertentu. 

2. Untuk membantu yang membutuhkan 

Dengan mengetahui golongan darah, kamu bisa membantu orang yang membutuhkan, entah itu saudara, teman, ataupun orang lain yang sedang dalam keadaan mendesak dan membutuhkan darah.  Umumnya semua jenis darah dibutuhkan, bahkan menurut American Red Cross, setiap dua detik ada saja orang membutuhkan donor darah. 

3. Perencanaan kehamilan yang sehat

Mengetahui golongan darah dapat membantu memprediksi beberapa kondisi yang dapat terjadi selama kehamilan, seperti ketidakcocokan Rh antara ibu dan bayi.

Wanita Rh-negatif bisa hamil dari ayah Rh-positif. Bila hal ini terjadi, ibu dapat memiliki reaksi kekebalan terhadap janin. Kehamilan yang demikian membutuhkan pemantauan yang spesifik, supaya anak lahir dengan selamat. 

4. Untuk menurunkan risiko akan kondisi kesehatan tertentu

Pengecekan golongan darah tidak hanya dapat membantu orang lain, melainkan juga menginformasikan diri kemungkinan kamu mengalami kondisi kesehatan tertentu di masa sekarang dan akan datang. Golongan darah tertentu berisiko mengalami risiko pembekuan darah dan pendarahan serta kondisi batu ginjal.

Cara Mengecek Golongan Darah

Untuk mengetahui golongan darah, sampel darah harus diambil dan diuji. Umumnya, seseorang bisa mengetahui golongan darahnya melalui beberapa cara, melalui pemeriksaan langsung ke klinik, rumah sakit, atau lab, dan juga bisa lewat donor darah.

Profesional medis akan memeriksa golongan darah seseorang sebelum mereka:

  • Melakukan transfusi darah.
  • Menjalani operasi.
  • Menyumbangkan organ untuk transplantasi.

Seperti penjelasan sebelumnya, seseorang mewarisi golongan darahnya dari orang tua kandungnya. Orang tua dengan golongan darah A dapat menurunkan antigen A atau tanpa antigen sama sekali. Jika orang tua lainnya memiliki darah tipe B, dia dapat menurunkan antigen B atau tanpa antigen. 

Bergantung pada kombinasinya, anak dengan orang tua golongan darah A dan B dapat memiliki darah A, B, AB, atau O. Jika kedua orang tua bergolongan darah O, maka anaknya hanya akan bergolongan darah O.

Untuk kamu yang ingin tahu informasi lebih lanjut dan Punya Pertanyaan Terkait Cek Darah, Hubungi 5 Dokter Ini.

Kalau kamu ingin mengecek golongan darah, kamu bisa melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
Advent Health. Diakses pada 2023. 5 Reasons Why You Should Know Your Blood Type.
Banner Health. Diakses pada 2023. 4 Reasons You Should Know Your Blood Type.
National Health Service. Diakses pada 2023. How can I find out my blood type (blood group)?
Medical News Today. Diakses pada 2023. How can you find out your blood type?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan