• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Spirulina untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Spirulina untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Manfaat Spirulina untuk Kesehatan

“Spirulina menjadi salah satu tanaman yang diyakini baik untuk kesehatan tubuh. Meski begitu, kamu tetap harus mengetahui berbagai hal sebelum mengonsumsinya agar tidak berdampak negatif pada tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Tanaman yang termasuk dalam kelompok ganggang ini memiliki habitat di air tawar dan laut dengan warna hijau kebiruan. Saat dipanen, spirulina akan melalui serangkaian proses hingga menjadi minuman atau obat herbal yang bisa dikonsumsi.

Spirulina termasuk tanaman yang dianggap sebagai superfood karena kandungan nutrisinya yang lengkap dengan protein yang terbilang tinggi. Kandungan inilah yang membuat spirulina memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berbagai manfaat Spirulina untuk Kesehatan

Lalu, apa saja manfaat spirulina ini? Berikut ini beberapa di antaranya: 

  • Mengurangi Gejala Alergi

Spirulina dapat membantu mengurangi gejala alergi, seperti gatal dan bentol pada kulit, hidung berair atau tersumbat, dan bersin. Ini disebabkan karena kandungan zat antiperadangan pada tanaman tersebut. Meski begitu, efektivitasnya masih perlu dilakukan pengamatan lanjutan. Pun, sebagian pengidap alergi juga bisa saja memiliki alergi terhadap tanaman ini sehingga tidak cocok mengonsumsinya.

Baca juga: Ini 6 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah

  • Menjaga Jantung Tetap Sehat

Selain membantu mengurangi gejala alergi, Spirulina juga diduga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

Dampak positif ini membuat spirulina sangat baik dikonsumsi guna membantu menjaga kesehatan jantung serta menurunkan risiko munculnya masalah kardiovaskular, termasuk penyakit jantung.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ada beberapa jenis antioksidan yang terdapat dalam spirulina, begitu juga mineral dan vitamin termasuk zat besi, zinc, vitamin C, B6, dan E yang penting untuk menjaga imunitas tubuh. Tanaman ini juga disinyalir mampu menunjang terbentuknya dan kinerja dari sel darah putih, serta membantu pembuatan antibodi yang membuat tubuh lebih kuat dalam melawan kuman dan penyakit. 

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Prosedur Uji Klinik Obat Herbal

  • Membantu Meringankan Hipertensi

Hipertensi menjadi penyebab dari banyak penyakit berbahaya, termasuk stroke, penyakit jantung, dan masalah ginjal. Meski begitu, kondisi ini kabarnya bisa diatasi dengan mengonsumsi spirulina karena membantu meningkatkan produksi senyawa nitrit oksida. Senyawa ini akan membuat pembuluh darah melebar sehingga tekanan darah akan lebih stabil.

  • Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Spirulina bisa dibilang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kabarnya, tanaman ini mempunyai efek probiotik yang bisa menunjang jumlah dan kinerja dari bakteri baik yang ada di dalam saluran cerna. Tidak hanya itu, spirulina juga disinyalir dapat membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan sehingga semua nutrisi bisa terserap dengan baik.

  • Mengurangi Risiko Terserang Kanker

Kandungan antioksidan yang terbilang tinggi pada spirulina membuat tanaman ini diyakini mampu mencegah terjadinya kerusakan pada sel tubuh. Selain itu, ini juga bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi risiko terserang penyakit kanker

Baca juga: Dikenal Sebagai Jamu, Ini 4 Manfaat Temulawak bagi Kesehatan

Akan tetapi, kamu harus memastikan bahwa kondisi tubuh bisa menerima dan tidak ada reaksi serius saat mengonsumsi spirulina. Lebih baik kamu tanyakan terlebih dahulu pada dokter apakah memang masalah yang kamu alami bisa ditangani lewat obat atau suplemen tersebut.

Tidak sulit, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di ponselmu. Aplikasi ini akan memudahkan kamu dalam tanya jawab dengan dokter, berobat ke rumah sakit terdekat, atau membeli obat tanpa perlu keluar rumah. Jadi, pastikan kamu sudah punya aplikasi Halodoc, ya!


Referensi:

Drugs. Diakses pada 2021. Spirulina.

Healthline. Diakses pada 2021. 10 Health Benefits of Spirulina. 

WebMD. Diakses pada 2021. Spirulina: Are There Health Benefits?