• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Pantangan Makanan bagi Pengidap Kanker Payudara
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Pantangan Makanan bagi Pengidap Kanker Payudara

Ketahui Pantangan Makanan bagi Pengidap Kanker Payudara

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 Oktober 2022

“Pengidap kanker payudara sebaiknya menghindari makanan tertentu. Pasalnya, beberapa makanan ini bisa memperburuk kondisi kesehatan dan memicu penyebaran sel kanker.”

Ketahui Pantangan Makanan bagi Pengidap Kanker PayudaraKetahui Pantangan Makanan bagi Pengidap Kanker Payudara

Halodoc, Jakarta – Kanker payudara terjadi ketika sel-sel di bagian payudara bermutasi hingga tak terkendali. Mutasi ini kemudian membentuk massa atau tumor ganas. Pemicunya beraneka ragam, mulai dari faktor genetik, perubahan hormon, jarang bergerak aktif hingga pola makan yang sehat.

Salah satu upaya penanganannya adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Pengidapnya dianjurkan berolahraga dan tidak mengonsumsi makanan secara sembarangan. Sebab, ada sebagian makanan yang bersifat merusak dan mampu memperparah sel kanker yang telah ada.

Pantangan Makanan untuk Pengidap Kanker Payudara

Melansir dari Medical News Today, berikut pantangan makanan untuk pengidap kanker payudara:

1. Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara rutin dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Pasalnya, minuman ini dapat meningkatkan kadar estrogen dan merusak DNA. Menurut penelitian, wanita yang minum tiga minuman beralkohol per minggu berisiko tinggi terkena kanker payudara hingga 15 persen. 

Menurut penelitian, wanita yang minum minuman beralkohol per minggu berisiko tinggi terkena kanker payudara hingga 15 persen. Risikonya meningkat 10 persen setiap menambah satu gelas minuman per harinya. 

4. Gula

Penelitian dari tahun 2016, tikus yang mengonsumsi makanan yang tinggi gula mengalami perkembangan tumor di kelenjar susu yang mirip dengan kanker payudara pada manusia. Tumor ini juga berisiko menyebar atau bermetastasis. 

5. Lemak

Orang yang banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans lebih berisiko terkena kanker. Jika tidak dibarengi dengan berolahraga, maka risiko kanker akan semakin meningkat. Oleh sebab itu, sebisa mungkin perbanyak konsumsi buah dan sayur dan berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

4. Daging Merah

Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi daging merah mampu meningkatkan risiko kanker payudara, terutama jika daging dimasak pada suhu tinggi. Sebab, suhu panas yang terlampau tinggi dapat memicu pelepasan racun. Selain itu, daging olahan cenderung tinggi lemak, garam, dan pengawet.

Tanda-Tanda Awal Kanker 

Kanker payudara cenderung sulit dideteksi pada awalnya. Meski begitu, ada beberapa tanda yang bisa diidentifikasi, seperti:

  • Benjolan baru di payudara atau ketiak.
  • Penebalan atau pembengkakan pada bagian payudara.
  • Iritasi atau adanya lesung pipit pada kulit payudara.
  • Kemerahan atau kulit terkelupas di area puting atau payudara.
  • Rasa sakit di area puting.
  • Keluarnya cairan dari puting selain ASI, termasuk darah.
  • Setiap perubahan ukuran atau bentuk payudara.
  • Nyeri di setiap area payudara.

Cara Mendiagnosis Kanker Payudara

Pemeriksaan yang mampu mendiagnosis kanker payudara, meliputi:

1. Mammogram

Mammogram atau mammografi adalah prosedur rontgen pada payudara. Pemeriksaan ini menggunakan alat skrining yang dilengkapi sinar-X untuk mengambil gambar bagian dalam payudara.

2. Ultrasonografi 

USG atau ultrasonografi adalah tes yang menggunakan gelombang suara untuk melihat bagian payudara. Prosedur ini umumnya dilakukan setelah pemeriksaan mammogram. Jika hasil mammogram terlihat adanya massa, dokter akan memastikannya dengan USG. 

3. Biopsi

Biopsi dilakukan dengan mengambil sampel sel payudara untuk diuji di laboratorium. Selama pemeriksaan ini, dokter akan menggunakan alat jarum khusus dengan menggunakan sinar-X agar dapat mendeteksi jaringan yang mencurigakan. Melalui sampel tersebut juga dokter bisa memastikan stadium kanker. 

4. MRI

Magnetic resonance imaging (MRI) dilakukan menggunakan magnet dan gelombang radio untuk melihat bagian dalam payudara. Sebelum dilakukan, kamu akan menerima suntikan pewarna. Kemudian, radiasi akan dipancarkan untuk menghasilkan gambar.

Jika kamu butuh vitamin dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh, segera cek kebutuhan vitamin dan suplemen di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunggu sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Dietary choices to help prevent breast cancer.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. What Is Breast Cancer?
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Breast cancer.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. The Best Foods To Eat When You Have Breast Cancer.