Ini Dokter Spesialis Onkologi yang Paham Pengobatan Kanker Payudara

6 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   12 Januari 2024

“Kanker payudara nyatanya tidak bisa disepelekan. Jika kamu curiga memilikinya, segera konsultasi dengan dokter spesialis bedah onkologi di Halodoc.”

Ini Dokter Spesialis Onkologi yang Paham Pengobatan Kanker PayudaraIni Dokter Spesialis Onkologi yang Paham Pengobatan Kanker Payudara

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling umum pada wanita, tetapi juga bisa terjadi pada pria. Penting untuk menyadari gejala awal kanker payudara dan segera berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalami tanda-tanda tersebut.

Yuk ketahui tanda awal kanker payudara yang perlu diperiksakan ke dokter spesialis bedah onkologi berikut!

Gejala Kanker Payudara yang Perlu Diperiksakan ke Dokter

Ingat, meski suatu gejala tidak selalu menunjukkan kanker, pemeriksaan lebih lanjut dapat membantu dalam menentukan penyebabnya.

Berikut adalah beberapa gejala awal kanker payudara yang mungkin memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis bedah onkologi:

  1. Benjolan atau massa yang teraba di dalam payudara atau di dekat ketiak adalah salah satu tanda yang paling umum. Benjolan dapat terasa keras dan tidak bergerak saat disentuh. Waspada, Ini 13 Penyebab Payudara Terasa Sakit saat Ditekan.
  2. Perubahan pada bentuk atau ukuran payudara, terutama jika hanya terjadi pada satu sisi, dapat menjadi tanda kanker payudara.
  3. Perubahan kulit seperti kemerahan, pembengkakan, atau penebalan yang terlihat pada kulit payudara.
  4. Retraksi atau pergeseran puting yang tidak biasa.
  5. Kulit payudara yang terlihat seperti kulit jeruk, dengan tonjolan- tonjolan kecil yang terlihat pada permukaan kulit.
  6. Pelebaran vena yang terlihat di permukaan kulit payudara.
  7. Nyeri atau sensasi tak biasa pada payudara atau di sekitarnya.
  8. Pembengkakan pada kelenjar getah bening di ketiak yang terasa atau terlihat.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua benjolan atau perubahan pada payudara menunjukkan kanker.

Namun, jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, segera berkonsultasi dengan dokter, terutama dokter spesialis bedah onkologi untuk evaluasi lebih lanjut dan pemeriksaan yang dibutuhkan.

Deteksi dini kanker payudara dapat meningkatkan peluang kesembuhan dan pengobatan yang efektif.

Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang Bisa Bantu Pengobatan Kanker Payudara

Kamu perlu segera menghubungi dokter spesialis bedah onkologi di Halodoc apabila kondisi psoriasis yang kamu alami tak kunjung membaik. 

Nah, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi dokter spesialis bedah onkologi di Halodoc yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun. 

Mereka juga memiliki penilaian yang baik dari pasien-pasien yang pernah mereka tangani sebelumnya, ini daftarnya:

1. dr. Amir Juliansyah Sp.B(K)Onk

Amir Juliansyah Sp.B(K)Onk berhasil mendapatkan gelar dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada 2007.

Ia pun melanjutkan studi ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan mendapatkan gelar dokter spesialis bedah onkologi pada 2017.  

Ia kini berpraktik di Purworejo, Jawa Tengah  dan masih terdaftar sebagai anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Indonesia (PP IKABI).

Berbekal pengalaman selama 17 tahun, dr. Amir Juliansyah Sp.B(K)Onk dapat memberikan layanan konsultasi terkait kanker payudara di Halodoc.

Chat dr. Amir Juliansyah Sp.B(K)OnK mulai dari Rp 150.000,- di Halodoc. 

2. dr. Arga Patrianagara Sp.B(K)Onk

Arga Patrianagara Sp.B(K)Onk adalah mendapatkan gelar dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran pada 2008.

Ia pun melanjutkan studi ke Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga  dan mendapatkan gelar dokter spesialis bedah pada 2016.

Tak berhenti di sana, ia pun melanjutkan studi sub spesialis dan mendapatkan gelar konsultan di Universitas Indonesia pada 2022. 

Ia kini berpraktik di Kota Surabaya, Jawa Timur dan masih terdaftar sebagai anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Indonesia (PP IKABI).

Berbekal pengalaman selama 16 tahun, dr. Arga Patrianagara Sp.B(K)Onk dapat memberikan layanan konsultasi terkait kanker payudara di Halodoc.

Chat dr. Arga Patrianagara Sp.B(K)Onk mulai dari Rp 180.000,- di Halodoc.

3. dr. Enrico Gahara Sp.B(K)Onk

Enrico Gahara Sp.B(K)Onk berhasil menyelesaikan pendidikan dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya pada 2008.

Ia pun melanjutkan studi ke Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dan mendapatkan gelar dokter spesialis bedah onkologi pada 2015.  

Ia kini berpraktik di Kab, Sorong Selatan, Papua Barat  dan masih terdaftar sebagai anggota aktif IDI dan PP IKABI.

Berbekal pengalaman selama 16 tahun,dr. Enrico Gahara Sp.B(K)Onk dapat memberikan layanan konsultasi terkait kanker payudara di Halodoc.

Chat dr. Enrico Gahara Sp.B(K)Onk mulai dari Rp 100.000,- di Halodoc.

4. dr. Kemas M. Ishak IK Sp.B(K)Onk

Kemas M. Ishak IK Sp.B(K)Onk berhasil mendapatkan gelar dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2011.

Ia pun melanjutkan studi ke kampus yang sama dan mendapatkan gelar dokter spesialis bedah onkologi pada 2018.  

Ia kini berpraktik Palembang, Sumatera Selatan dan masih terdaftar sebagai anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Indonesia (PP IKABI).

Berbekal pengalaman selama 13 tahun, dr. Kemas M. Ishak IK Sp.B(K)Onk dapat memberikan layanan konsultasi terkait kanker payudara di Halodoc.

Chat dr. Kemas M. Ishak IK Sp.B(K)Onk mulai dari Rp 100.000,- di Halodoc.

5. dr. Fachrul Razi Sp.B(K)Onk

Fachrul Razi Sp.B(K)Onk berhasil mendapatkan gelar dokter umum dari Fakultas Kedokteran Unaya pada 2007.

Ia pun melanjutkan studi ke Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran dan mendapatkan gelar dokter spesialis bedah onkologi pada 2020.  

Ia kini berpraktik Kuta Alam, Banda Aceh dan masih terdaftar sebagai anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Indonesia (PP IKABI).

Berbekal pengalaman selama 17 tahun, dr. Fachrul Razi Sp.B(K)Onk dapat memberikan layanan konsultasi terkait kanker payudara di Halodoc.

Chat dr. Fachrul Razi Sp.B(K)Onk mulai dari Rp 150.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa pilihan dokter spesialis bedah onkologi yang bisa kamu hubungi jika kamu ingin berkonsultasi terkait kondisi kanker payudara. 

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir.

Sebab kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc atau berkonsultasi dengan dokter lainnya.

Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada 2024. Breast Cancer.
Healthline. Diakses pada 2024. A Comprehensive Guide to Breast Cancer.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2024. Breast Cancer.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan