• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Pengaruh Diabetes pada Ibu Hamil

Ketahui Pengaruh Diabetes pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Diabetes pada ibu hamil atau diabetes gestasional adalah diabetes yang pertama kali didiagnosis selama masa kehamilan. Jenis diabetes ini memengaruhi cara sel tubuh menggunakan glukosa. Diabetes gestasional dapat menyebabkan gula darah tinggi yang dapat memengaruhi kehamilan dan kesehatan bayi dalam kandungan. 

Diabetes gestasional dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu dan bayinya. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko bayi cacat lahir, lahir mati, dan lahir prematur. Sementara risiko yang dapat dialami ibu dengan diabetes gestasional yaitu melahirkan secara caesar dan risiko bayi lahir terlalu besar atau obesitas atau memiliki diabetes tipe 2 di masa mendatang. 

Baca juga: Waspada, Ibu Hamil Pengidap Diabetes Dapat Alami Keguguran

Pengaruh Diabetes pada Ibu Hamil

Diabetes pada ibu hamil yang tidak dikelola dengan baik dan hati-hati dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi. Gula darah tinggi bisa menyebabkan masalah bagi ibu dan bayi, termasuk kemungkinan besar membutuhkan operasi caesar untuk melahirkan.

Komplikasi yang Dapat Memengaruhi Bayi

Jika ibu mengalami diabetes gestasional, bayi mungkin berisiko tinggi:

  • Berat lahir berlebihan. Gula darah ibu yang lebih tinggi dari biasanya dapat menyebabkan bayi tumbuh terlalu besar. Bayi yang sangat besar lebih mungkin terjepit di jalan lahir, mengalami cedera lahir, atau membutuhkan persalinan caesar. 
  • Kelahiran dini (prematur). Gula darah tinggi meningkatkan risiko ibu melahirkan lebih awal dari tanggal perkiraan. Atau persalinan dini mungkin disarankan karena bayinya besar.
  • Kesulitan bernapas. Bayi yang lahir lebih awal dari ibu dengan diabetes gestasional mungkin mengalami gula darah rendah (hipoglikemia) setelah lahir. Kondisi ini dapat menyebabkan bayi kejang. 
  • Obesitas dan diabetes tipe 2 di kemudian hari. Bayi dari ibu yang mengidap diabetes gestasional memiliki risiko lebih tinggi mengalami obesitas dan diabetes tipe 2 di kemudian hari. 
  • Lahir mati (stillbirth). Diabetes gestasional yang tidak diobati dapat menyebabkan kematian bayi sebelum atau setelah lahir. 

Baca juga: Ibu Hamil Pengidap Diabetes Rentan Alami Polihidramnion

Komplikasi yang Memengaruhi Ibu

Diabetes gestasional juga dapat meningkatkan risiko yang terjadi pada ibunya, yaitu:

  • Tekanan darah tinggi dan preeklamsia. Ini adalah komplikasi serius selama kehamilan yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan gejala lain yang dapat mengancam kehidupan ibu dan bayi. 
  • Menjalani persalinan caesar. Ibu lebih mungkin menjalani operasi caesar jika ibu mengalami diabetes gestasional.
  • Memiliki diabetes di kemudian hari. Jika ibu mengalami diabetes gestasional, kemungkinan besar ibu akan mengalaminya lagi selama kehamilan berikutnya Ibu juga memiliki risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi seiring bertambahnya usia. 

Baca juga: Diabetes Gestasional Dapat Terkena Eklampsia?

Belum diketahui secara pasti penyebab beberapa ibu hamil mengalami diabetes gestasional. Kemungkinan berat badan berlebih sebelum kehamilan menjadi salah satu faktor.

Biasanya, berbagai hormon di tubuh bekerja untuk menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali. Tetapi selama kehamilan kadar hormon berubah, membuat tubuh lebih sulit memproses gula darah secara efisien. Inilah yang membuat gula darah ibu hamil naik.

Jika ibu ingin mengetahui bagaimana mencegah atau mengelola diabetes selama kehamilan, diskusikanlah pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gestational Diabetes.
WebMD. Diakses pada 2020. Gestational Diabetes.