• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Khasiat Buah Matoa yang Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Khasiat Buah Matoa yang Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Khasiat Buah Matoa yang Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh

“Buah matoa mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, buah yang banyak ditemui di Papua Barat, Indonesia, ini ternyata menyimpan sederet khasiat dan manfaat sehat. Rutin mengonsumsi buah ini disebut bisa membantu menjaga imunitas tubuh, melawan radikal bebas, hingga menjaga kesehatan jantung.

Halodoc, Jakarta – Matoa adalah jenis buah asli Indonesia yang banyak ditemukan di Papua Barat. Sebagian besar orang mungkin masih merasa asing dengan buah ini. Namun tahukah kamu, buah yang memiliki aroma dan tekstur mirip rambutan ini ternyata menyimpan banyak nutrisi penting. Maka dari itu, mengonsumsi buah matoa disebut bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Buah matoa atau Pometia Pinnata berada dalam satu keluarga dengan buah leci dan kelengkeng. Ternyata, buah ini sudah lama dikenal dan digunakan sebagai pengobatan tradisional oleh masyarakat Papua. Ada banyak kandungan nutrisi dalam buah ini, termasuk vitamin C dan E. Karena itu, mengonsumsi buah matoa disebut bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. 

Baca juga: Pentingnya Konsumsi Makanan Sehat agar Kulit Glowing

Beragam Manfaat Sehat dari Buah Matoa 

Oleh karena belum dikenal secara umum, sejumlah penelitian masih dibutuhkan untuk mengetahui kandungan dan manfaat sehat dari buah ini. Namun, sejauh ini buah matoa disebut kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin E. Keduanya merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk mencegah risiko kerusakan akibat serangan radikal bebas. 

Selain itu, jenis buah ini ternyata ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sebab, hampir semua buah yang memiliki kandungan vitamin C merupakan “sumber makanan” yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang terjaga, risiko terjadinya penyakit akan lebih rendah. Selain sumber antioksidan dan ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh, ada manfaat sehat lain dari buah matoa, yaitu: 

  1. Melawan Infeksi Virus 

Kandungan nutrisi dalam buah matoa juga disebut bisa membantu melawan infeksi virus pada tubuh. Ada banyak jenis virus yang bisa menyerang tubuh dan meningkatkan risiko penyakit. Nah, mengonsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan, seperti matoa, nyatanya bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi virus penyebab penyakit. 

  1. Meredakan Stres 

Selain memiliki rasa yang enak, buah yang satu ini ternyata bisa membantu menurunkan stres. Hal itu berkat kandungan vitamin E yang diketahui bisa berperan sebagai pereda stres. Saat sedang merasa tertekan, cobalah untuk mengonsumsi beberapa buah matoa dan rasakan manfaatnya.

Baca juga: 7 Cara Atasi Kulit Kusam

  1. Menambah Energi 

Ada kandungan gula dalam buah ini. Karena itu, mengonsumsi matoa disebut bisa membantu menambah energi, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat harus melakukan banyak aktivitas fisik atau saat akan berolahraga. Meski begitu, kandungan gula dalam buah cenderung sehat dan jarang memicu terjadinya kenaikan kadar gula darah secara berlebih. 

  1. Kesehatan Jantung Terjaga 

Lagi-lagi, manfaat sehat ini didapat dari kandungan vitamin C dan vitamin E dalam buah matoa. Makanan yang kaya akan vitamin E disebut bisa membantu menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh. Ditambah kandungan vitamin C yang bisa membantu melancarkan peredaran darah. 

  1. Kulit yang Lebih Sehat 

Bukan lagi rahasia bahwa mengonsumsi buah-buahan bisa membuat kulit tampak lebih cantik dan sehat. Nah, hal ini juga bisa didapat dari mengonsumsi buah matoa. Seperti diketahui, baik vitamin E maupun vitamin C sama-sama bisa membantu menjaga kesehatan kulit. 

Itulah tadi beragam khasiat dari buah matoa. Penasaran untuk mencobanya? Namun, pastikan untuk tidak berlebihan dan imbangi dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya, ya! Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh secara menyeluruh. 

Baca juga: 7 Manfaat dan Khasiat Alpukat Pada Tubuh

Kalau sakit dan butuh saran ahli, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kini, lebih mudah untuk menyampaikan keluhan kesehatan yang dialami melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan hal yang ingin ditanyakan dan dapatkan rekomendasi pengobatan terbaik. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
DrHealthBenefits. Diakses pada 2021. 10 Health Benefits of Matoa Fruit (#1 Exotic Fruit from Papua).
Window of World. Diakses pada 2021. 4 Benefits of Matoa Fruit You Need To Know.