10 May 2018

Kisah Cinta Tak Indah Karena Anosmia, Bisakah?

Kisah Cinta Tak Indah Karena Anosmia, Bisakah?

Halodoc, Jakarta – Anosmia adalah gangguan pada indra penciuman yang membuat si pengidap tidak bisa mengenal atau mencium bau. Gangguan ini terjadi pada saluran hidung. Berdasarkan pengertian anosmia ini, kita ketahui bahwa si pengidap bisa menjadi sama sekali tidak mengenali bau. Dengan ketidakmampuan ini, seberapa besarkah pengaruh anosmia terhadap hubungan asmara atau kisah percintaan para pengidapnya?

Sebuah temuan yang dipublikasikan di jurnal Biologycal Psychology menemukan bahwa pria dengan gangguan indra penciuman memiliki kekasih lebih sedikit dibanding pria lain. Begitupun para wanita dengan gangguan penciuman sering merasa tidak nyaman dengan hubungan percintaan yang sedang mereka jalin. Ini bisa terjadi karena gangguan indra penciuman membuat mereka menjadi melewatkan banyak sinyal emosi yang disampaikan lewat bau. Seperti dikatakan Ilona Croy, seorang psikolog di Universitas Gothenburg, Swedia, yang mengatakan ada banyak sinyal sosial yang disampaikan lewat bau. Akibatnya, mereka yang tidak bisa mengenal bau bisa mengalami depresi lalu menarik diri dari lingkungan pergaulan.

Anosmia membuat para pengidap merasa canggung secara sosial atau malah cenderung menjadi tidak percaya diri, begitupun saat mencari pasangan. Para pengidap anosmia tidak mengetahui apakah mereka memiliki bau mulut, bau ketiak, bau badan, atau tinggal di sebuah tempat yang berbau tidak menyenangkan. Ketidaktahuan ini bisa membuat pengidap anosmia menjadi merasa tidak aman, yang bisa meluas kepada persoalan asmara.

Mengatasi kekhawatiran ini, para pengidap anosmia bisa membangun kebiasaan atau rutinitas tertentu, seperti mandi rutin dua kali sehari, sikat gigi tiga kali sehari, dan berbagai kebiasaan baik lainnya agar terhindar dari bau badan. Jika kamu mengidap anosmia, jangan langsung berkecil hati ya. Berdiskusi dengan dokter bisa membantu kamu menjalani hidup dengan anosmia sebaik mungkin. Kamu bisa menghubungi para dokter melalui layanan video/voice call atau chat di aplikasi Halodoc lho.

Aplikasi ini akan membantu kamu mengatasi masalah kesehatan sehari-hari, termasuk untuk memahami pengertian anosmia dan perawatannya. Selain bisa berdiskusi dengan dokter ahli, di aplikasi Halodoc juga tersedia layanan Apotek Antar. Jadi, kamu bisa memesan obat dan vitamin tanpa harus keluar rumah. Cek lab juga bisa dilakukan di aplikasi ini. Yuk, download Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.